7 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terbaik 2023

Kristenly.com – Alat seperti aplikasi gempa berfungsi sekali untuk menjadi pendeteksi kapanpun. Di mana seluruh pengguna bisa melakukan pelacakan terjadinya bencana alam agar lebih waspada. Lalu apakah cara kombinasi dari apk tersebut?.

Pertama merupakan aplikasi magma Indonesia yang berasal dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi. APK seperti ini rasanya pantas sekali menyandang sebagai predikat terbaik karena punya keakuratan dalam melacak bencana alam.

Kedua adalah aplikasi wrs-bmkg yang mampu memberikan informasi sangat lengkap terhadap gempa bumi maupun tsunami di negara Indonesia ini. Bahkan fiturnya pun juga terdapat panduan keselamatan resmi dari BMKG. Ketika adalah EQ info, mampu melacak gempa-gempa di dunia.

Berikutnya merupakan aplikasi bernama my earthquake alerts, di mana untuk tipe seperti ini ternyata desainnya sangat sederhana untuk antarmuka. Alhasil seluruh pemula tidak akan merasa kebingungan.

Aplikasi Gempa

daftar aplikasi gempa
daftar aplikasi gempa

Bagi siapapun yang memakai aplikasi gempa, pastinya akan terbantu sekali dan punya kesiapan bagus untuk segera menyelamatkan diri atau pun mengungsi. Terlebih lagi, Kamu merupakan penduduk pada suatu kawasan cukup rawan.

Dengan bantuannya, secara otomatis tidak akan menimbulkan banyak korban dari gempa tersebut. Apalagi negara Indonesia ini dikelilingi oleh laut dan juga pegunungan aktif. Alhasil tingkat dari terjadinya bencana alam tersebut cukup tinggi.

1. Info BMKG

Info BMKG adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan informasi cuaca dan iklim di Indonesia secara akurat dan terbaru.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai potensi bencana seperti gempa bumi, tsunami, dan lain-lain. Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Info BMKG antara lain:

  • Prakiraan cuaca harian, mingguan, dan bulanan di seluruh wilayah Indonesia.
  • Prakiraan cuaca khusus untuk wilayah yang terdampak bencana alam.
  • Informasi tentang potensi bencana seperti gempa bumi, tsunami, hujan lebat, dan lain-lain.
  • Pengingat cuaca dan bencana yang dapat disesuaikan dengan lokasi pengguna.
  • Informasi kondisi cuaca di beberapa bandara dan pelabuhan di Indonesia.

2. Info Gempa Indonesia (BMKG)

Info Gempa Indonesia (BMKG) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BMKG untuk memberikan informasi tentang gempa bumi di seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang berguna bagi pengguna, seperti:

  • Informasi tentang gempa bumi terbaru di Indonesia secara real-time.
  • Informasi mengenai pusat gempa, kedalaman, dan magnitude gempa.
  • Notifikasi gempa bumi terbaru yang dapat disesuaikan dengan lokasi pengguna.
  • Informasi tentang tsunami dan peringatan dini tsunami.
  • Grafik dan statistik tentang aktivitas gempa bumi di Indonesia.

3. EQ Info – Global Earthquakes

EQ Info – Global Earthquakes adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang gempa bumi di seluruh dunia. Aplikasi ini menyajikan informasi yang dapat membantu pengguna untuk memantau aktivitas gempa bumi di seluruh dunia.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi EQ Info – Global Earthquakes antara lain:

  • Informasi tentang gempa bumi terbaru di seluruh dunia secara real-time.
  • Informasi mengenai pusat gempa, kedalaman, dan magnitude gempa.
  • Notifikasi gempa bumi terbaru yang dapat disesuaikan dengan magnitudo dan jarak dari lokasi pengguna.
  • Grafik dan statistik tentang aktivitas gempa bumi di seluruh dunia.
  • Informasi tentang potensi tsunami dan peringatan dini tsunami.

4. Info Gempa Bumi Terkini

Info Gempa Bumi Terkini adalah aplikasi yang menyediakan informasi terkait gempa bumi terkini di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim IT Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Aplikasi ini menampilkan daftar gempa terbaru dan dapat menampilkan informasi detail seperti waktu, magnitudo, kedalaman, serta lokasi gempa pada peta.

5. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca adalah aplikasi yang menyediakan informasi terkait gempa bumi terkini dan kondisi cuaca di Indonesia. Aplikasi ini juga dikembangkan oleh tim IT Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Selain menampilkan daftar gempa terbaru, aplikasi ini juga menampilkan informasi terkait kondisi cuaca seperti suhu, kelembaban, arah angin, dan lain sebagainya.

6. Earthquake Network – Realtime Alerts

Earthquake Network – Realtime Alerts adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menerima pemberitahuan langsung tentang gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia.

Aplikasi ini memiliki fitur deteksi otomatis gempa bumi dan juga menampilkan informasi terkait gempa seperti waktu, magnitudo, kedalaman, serta lokasi pada peta. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi terkait gempa melalui media sosial.

7. Vibration Meter

Vibration Meter adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur getaran pada perangkat smartphone. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk memeriksa apakah ada kerusakan pada perangkat atau tidak, seperti ketika perangkat sering jatuh atau terkena benturan.

Aplikasi ini dapat memberikan hasil pengukuran dalam satuan g atau m/s2, serta menampilkan grafik hasil pengukuran untuk memudahkan analisis.


Itulah sekilas informasi mengenai beberapa rekomendasi aplikasi gempa terbaik yang cukup akurat pada tahun 2023 ini. Karena memiliki fitur peringatan secara real time lalu adanya paduan keselamatan resmi mampu mengantisipasi dampak buruknya.

Bagi siapapun jika mau menggunakan aplikasi demikian. Maka secara otomatis juga berfungsi dalam menggunakan sebagai alat pemantau. Terlebih untuk sanak keluarga maupun sahabat yang memang tinggal pada daerah lain.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Kristenly, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada seni dan digital marketing.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!