20 Ayat Alkitab Ketika Tidak Dihargai Oleh Orang Lain

Kristenly.com – Manusia mempunyai akal dan hati untuk bisa mencerna serta menerima berbagai perlakuan, jika tidak diberikan penghargaan atau penghormatan akan suatu hal, tentu saja bisa menimbulkan rasa sakit. Untuk itu, ketahui ayat Alkitab ketika tidak dihargai orang lain.

Sebagai orang yang mempunyai hati, tentu akan muncul perasaan menghargai lainnya dalam berbagai hal. Contohnya adalah kehadiran, kerja kerasnya, hasil pekerjaan, cara pemikiran, hasil keputusan, dan masih banyak lagi.

Ketika apa yang sudah kita lakukan sepenuh hati tidak dihargai, tentu saja membuat rasa kecewa dan sakit hati. Tidak jarang, hal tersebut justru membawa ke dalam tindakan tidak terkendali sehingga harus menjaga emosi.

Saat sudah mengetahui rasanya tidak dihargai, sebaiknya kita tidak melakukannya kepada orang lain. Memberikan penghormatan atas hasil kerja atau apa pun itu, justru akan memberikan dampak positif. Sehingga bila ada kritik, dapat menyampaikan secara baik-baik.

Baca juga: 46 Ayat Alkitab Ketika Dikhianati (Menghadapi Pengkhianatan)

Daftar Ayat Alkitab Ketika Tidak Dihargai

ilustrasi orang sudah tidak dihargai
ilustrasi orang sudah tidak dihargai, sumber gambar: pexels.com

Dalam kehidupan, ada banyak sekali jenis atau karakter manusia. Itu semua membawa kita kepada berbagai hadapan permasalahan. Salah satunya ialah tentang menghargai, ada rasa kecewa dan sakit hati ketika tidak dihargai. Untuk menemukan pelajaran berharga, simak ayat Alkitab ketika tidak dihargai orang lain berikut ini.

1. 1 Petrus 2:23

“Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.”

2. Mazmur 138:6

“Tuhan itu tinggi, namun Ia melihat orang yang hina, dan mengenal orang yang sombong dari jauh.”

3. Kolose 3:13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

4. Lukas 6:28

“… mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.”

5. Lukas 6:22

“Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.”

Baca juga: 7 Ayat Alkitab Tentang Pengkhianatan yang Wajib Diketahui

6. Yosua 1:9

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”

7. Matius 11:28

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

8. Galatia 2:20

“… namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

9. Mazmur 113:7

“Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur,”

10. Filipi 2:3

“… dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;”

11. 2 Korintus 12:9

“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.”

12. Yakobus 4:6

“Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

13. Mazmur 42:5

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

14. Mazmur 31:19

“Alangkah limpahnya kebaikan-Mu yang telah Kausimpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah kau lakukan bagi orang yang berlindung pada-Mu, di hadapan manusia!”

15. Matius 5:11

“Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.”

16. Ulangan 31:8

Baca juga: 21 Ayat Alkitab Untuk Menghadapi Bullying dan Penindasan

“Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

17. Mazmur 34:17

“Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.”

18. 1 Samuel 2:3

“Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena Tuhan itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.”

19. 2 korintus 12:10

“Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”

20. 1 Petrus 3:9-10

“dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:”Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.”

Baca juga: 24 Ayat Alkitab Tentang Melawan Kecanduan Game, Pornografi, dll

Dalam ayat Alkitab ketika tidak dihargai orang lain, kita bisa melihat bahwa perilaku tidak menghargai orang lain adalah hal yang sangat buruk. Hal tersebut bisa mengantarkan kepada sebuah dosa, timbulnya rasa sakit hati dari para korban dapat menjerumuskan ke dalam hukuman dari Tuhan.

Dengan adanya ayat Alkitab ini, semoga kita semua dapat menghindari perilaku tidak terpuji tersebut. Sifat tidak menghargai orang lain sangatlah buruk dan dapat membuat mereka merasakan rasa sakit hati dan kecewa.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!