15 Ayat Alkitab Tentang Bahagia & Mencari Kebahagiaan Dunia

Kristenly.com – Dalam hidup, setiap orang tentu mempunyai masalah, sumber bahagia, semangat, dan impiannya masing-masing. Karena berkat dari Tuhan Yesus yang melimpah, maka memberikan diri sebuah rasa penuh kedamaian. Untuk itu, bacalah ayat Alkitab tentang bahagia karena kebaikan Tuhan.

Sudah tidak terkira seberapa besar karunia dari Tuhan. Sebagai manusia, kita sudah mendapatkan limpahan kenikmatan dan kebahagiaan. Ini semua merupakan sebuah tanda dari kasih sayang serta kebaikan Allah.

Sebagai umat percaya yang baik tentu akan selalu mensyukuri segala limpahan kebaikan dari Tuhan. Hal tersebut membawa kita semua kepada jalan kemudahan dalam menjalankan kehidupan lengkap beserta ujian atau cobaan nya.

Apapun masalah yang sedang kita alami, Tuhan tidak pernah lupa untuk memberikan karunia-Nya berupa kebahagiaan. Dengan demikian, seseorang bisa sejenak melupakan stress, kesedihan, kegundahan, dan lainnya.

Baca juga: 50 Kata-kata Rohani Kristen Tentang Cinta Sejati dan Kasih

Daftar Ayat Alkitab Tentang Bahagia

ilustrasi anak-anak sedang bahagia
ilustrasi anak-anak sedang bahagia, sumber gambar: pexels.com

Kebaikan Tuhan tidaklah terbatas. Sebagai manusia, kita hanya bisa berharap mendapatkan karunia serta pertolongan dalam menjalankan segala aktivitas kehidupan. Supaya selalu berdoa dan berprasangka baik kepada-Nya, simak ayat Alkitab tentang kebahagiaan karena kebaikan Tuhan berikut ini.

1. Mazmur 119:2

“Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati.”

Dalam ayat di atas dikatakan bahwa bahagia bisa didapatkan jika mencari Allah terlebih dahulu. Karena itu jika ingin mencari kebahagiaan yang sejati, maka cari Allah terlebih dahulu. Lebih banyak dekatkan diri pada Allah melalui cara berdoa yang benar dan ucapan syukur.

2. Mazmur 119:50

“Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku.”

Ayat di atas juga menegaskan bahwa penghiburan hanya datang dari janji Allah. Oleh sebab itu jika sedang mengalami masa kelam dan sulit untuk memperoleh kebahagiaan, maka ingatlah akan janji Tuhan. Terutama bagian terbaik yaitu janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan oleh Allah bagi yang percaya kepadaNya.

3. 1 Petrus 4:14

“Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.”

Bila melihat pada ayat di atas, maka kebahagiaan bisa berarti berupa masalah yang kita hadapi. Sebaiknya kita patut merasa bahagia di tengah penderitaan kita, karena itu artinya ada penyertaan Allah di dalam hidup kita. Inilah mengapa sangat penting bertekun hidup di dalam iman Kristen, yaitu untuk mengalami penyertaan Allah dalam hidup kita yang mampu membuat kita kuat dan berakhir pada kebahagiaan sejati.

4. Yohanes 20:29

“Kata Yesus kepadanya: Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Ayat Alkitab tentang mencari kebahagiaan di atas tentunya ditujukan pada mereka yang memiliki iman yang besar. Oleh karena itu tidak perlu bingung mencari bagaimana supaya bisa bahagia. Miliki iman percaya dan yakini akan pekerjaan keselamatan Allah bagi kita melalui penyaliban Yesus. Imani dan percaya maka kebahagiaan sejati akan selalu meliputi hidup kita.

5. Yesaya 30:18

“Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!”

Jelas sekali bahwa mencari kebahagiaan sejati hanya dapat ditemukan melalui penantian akan Allah. Oleh sebab itu orang Kristen harus mengucap syukur, karena Allah memberikan kebahagiaan yang tak terkira bagi umat yang dikasihiNya.

Baca juga: 100 Kata-kata Cinta Beda Agama yang Bijak, Tegar dan Sedih Terbaru 2022

Ayat Alkitab Tentang Mencari Kebahagiaan Dunia

ilustrasi anak kecil yang bahagia
ilustrasi anak kecil yang bahagia, sumber gambar: pexels.com

Siapa yang tidak menginginkan kebahagiaan? Semua orang sedang berusaha keras agar mencapai keinginan dan impian sehingga memperoleh rasa bahagia. Namun, sesungguhnya bahagianya dunia hanyalah sebuah tipuan.

Untuk dapat memperoleh kebaikan dan kebahagiaan dari Tuhan secara mutlak, maka yang perlu kita perbaiki adalah keimanan. Allah mempermudah jalan hamba-Nya jika memiliki kepercayaan kuat serta selalu memanjatkan doa.

Janji Tuhan akan kebahagiaan yang sejati kelak adalah nyata adanya. Maka, dengan demikian sebagai hamba percaya harus mampu mengendalikan keimanan supaya selalu berprasangka baik akan segala takdir Allah.

Kehidupan manusia tidak pernah lepas akan adanya masalah dan cobaan. Maka, sebagai hamba dengan keimanan kokoh harus mampu menghadapinya secara baik supaya dapat memperoleh kebahagiaan hakiki. Hal ini terdapat dalam ayat Alkitab tentang mencari kebahagiaan berikut ini.

  • Ezra 15:12 “Jadi sekarang janganlah kamu memberikan anak-anak perempuanmu kepada anak lelaki mereka, ataupun mengambil anak-anak perempuan mereka untuk anak-anak lelakimu. Janganlah kamu mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka untuk selama-lamanya, supaya kamu menjadi kuat, mengecap hasil tanah yang baik, dan mewariskan tanah itu kepada anak-anakmu untuk selama-lamanya.”
  • Mazmur 19:5 “Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu,”
  • Mazmur 119:2 “Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati.”
  • 1 Petrus 4:14 “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.”
  • Mazmur 119:50 “Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku.”
  • Amsal 20:21 “Orang berdosa dikejar oleh malapetaka, tetapi Ia membalas orang benar dengan kebahagiaan.”
  • Yohanes 20:29 “Kata Yesus kepadanya: Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” 
  • Ulangan 5:6 “Selama engkau hidup, janganlah engkau mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka sampai selama-lamanya.”
  • Mazmur 19:13 “Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.”
  • Yesaya 30:18 “Sebab itu Tuhan menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab Tuhan adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!”

Baca juga:


Allah tiada henti-hentinya memberikan siraman kasih sayang dan pertolongan untuk umatNya. Tidak lupa selalu dilimpahkan kebahagiaan di dada setiap hamba sehingga dapat merasakan ketenangan dan lebih mensyukuri nikmat dari Tuhan.

Tuhan tidak pernah ingkar janji akan memberikan kebahagiaan sejati kepada umatnya yang memiliki kepercayaan kokoh. Selain itu, sebagai hamba percaya, kita harus selalu menjalankan segala perintah secara baik dan penuh pengharapan.

Dengan membaca ayat Alkitab tentang bahagia dan mencari kebahagiaan dunia ini, semoga kita semua menjadi golongan hamba yang akan mendapatkan kebahagiaan sejati di dunia dan kerajaan Allah. Melalui keimanan yang kokoh, maka dapat menjalankan berbagai rintangan hidup secara baik serta penuh keberkatan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!