21 Ayat Alkitab Tentang Berpakaian yang Sopan dan Baik

Kristenly.com – Cara mengenakan pakaian menjadi pertimbangan utama bagi Anda ketika hendak pergi ke suatu tempat, pasalnya penampilan dianggap sebagai kesan pertama ketika bertemu seseorang pertama kali. Sama halnya yang sudah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang berpakaian.

Dalam Alkitab, terutama pada Perjanjian Lama, ada beberapa ayat yang menjelaskan bagaimana cara berpakaian wanita ketika hendak bepergian. Sebagai perempuan, tentunya Anda bisa menjadikannya sebagai pedoman pada saat mengenakan pakaian.

Sayangnya perkembangan yang saat ini begitu pesat membuat pesan Tuhan tersebut semakin diinginkan, banyak fakta di kehidupan nyata kini menunjukkan bahwa cara berpakaian justru mengutamakan tubuh terlihat seksi dan menggoda perhatian orang lain.

Tentu saja cara berpakaian tersebut tidak bisa dibenarkan, beberapa orang memang menyukainya namun justru akan meningkatkan resiko kejahatan seperti pemerkosaan dan pencabulan. Jadi alangkah lebih baik apabila dihindari.

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Tindik di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru

Daftar Ayat Alkitab Tentang Berpakaian

ilustrasi seseorang memilih pakaian
ilustrasi seseorang memilih pakaian, sumber gambar: pexels.com

Dengan mengamalkan apa yang ada di dalam ayat Alkitab tentang berpakaian, Anda akan lebih terjaga dan terhormat. Pesan dalam kutipan di bawah ini jangan lupa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ulangan 22:5

“Seorang perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki dan seorang laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan, sebab setiap orang yang melakukan hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.”

Kejadian 1:27

“Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.”

Amsal 11:22

“Seperti anting-anting emas di jungur babi, demikianlah perempuan cantik yang tidak susila.”

Amsal 31:25

“Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.”

1 Timotius 2:9-10

“Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah”

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Warna Rambut yang Harus Dipahami

Amsal 31:30

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.”

1 Korintus 6:12

“Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.”

1 Korintus 6:19-20

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Roma 12:2

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Galatia 5:13

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

1 Petrus 3:3-5

“Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. Sebab demikianlah caranya perempuan-perempuan kudus dahulu berdandan, yaitu perempuan-perempuan yang menaruh pengharapannya kepada Allah; mereka tunduk kepada suaminya,”

Galatia 2:20

“Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Yakobus 2:1-5

“Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka. Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk, dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: “Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!”, sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: “Berdirilah di sana!” atau: “Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!”, bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat? Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Belanja yang Perlu Kamu Ketahui

Ayat Alkitab Tentang Pakaian

ayat alkitab tentang pakaian
ayat alkitab tentang pakaian, sumber gambar: pexels.com

Cara mengenakan baju memang sudah diatur dalam ayat alkitab tentang pakaian, untuk itu penting bagi Anda mengamalkan dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.

Pasalnya dengan mengenakan pakaian yang baik akan membuat Anda menjadi lebih dihargai dan dihormati oleh orang sekitar, jadi pastikan untuk selalu berpakaian sopan dan baik.

Yesaya 61:10

“Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.”

Matius 7:15

“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.”

Matius 3:4

“Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.”

Kolose 3:12

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

Kejadian 3:7

“Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.”

Kejadian 3:21

“Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.”

Galatia 3:26-27

“Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.”

1 Timotius 6:7-8

“Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.”

Baca juga: 24 Ayat Alkitab Tentang Kecantikan Sejati Secara Fisik dan Batin

daftar ayat Alkitab tentang berpakaian bisa Anda jadikan sebagai alasan mengapa orang-orang harus memperhatikan lebih bagaimana cara mengenakan pakaiannya. Tidak hanya mengutamakan penampilan, namun juga menunjukkan aura dalam diri.

Cara berpakaian yang baik dan hati-hati memang lebih ditujukan kepada perempuan. Sebagai wanita, dianjurkan untuk selalu mengenakan baju secara sopan dan terjaga.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!