39 Ayat Alkitab Tentang Berserah Kepada Tuhan dan RencanaNya

Kristenly.com – Ada beberapa ayat Alkitab tentang berserah kepada Tuhan yang perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya memang menganjur kan bagi umat Kristiani untuk selalu menyerahkan segala takdir pada Allah.

Semua usaha memang murni dilakukan oleh setiap orang, sementara hasil akhirnya hanya didasarkan atas keputusan Tuhan. Hal ini artinya mengharuskan Anda untuk selalu berserah kepadaNya sebagai penentunya.

Bukan berarti jika berserah kepada Tuhan Anda menjadi seorang yang pemalas dan tidak lagi berusaha untuk mendapatkan apa keinginannya, tentu anggapan ini salah besar jika dilakukan karena sudah semestinya tetap rajin melakukannya.

Berserah kepada Tuhan lebih diartikan sebagai menyerahkan hasil apapun kepadaNya, meskipun sudah berjuang dan berusaha sekuat mungkin, maka seharusnya tinggal di serahkan pada Allah sebagai penentu keputusan. Anda pun harus selalu berpikir positif akan hal tersebut.

Baca juga: 4 Renungan Harian Kristen Tentang Berserah Kepada Tuhan

Daftar Ayat Alkitab Tentang Berserah dan Penyerahan Diri

ilustrasi orang berdoa dan berserah
ilustrasi orang berdoa dan berserah, sumber gambar: pixabay.com

Anda bisa membaca beberapa ayat Alkitab tentang berserah kepada Tuhan melalui artikel di bawah ini, sebagian diantaranya mengharuskan untuk berusaha terlebih dahulu sehingga tidak hanya menunggu hasil akhirnya saja.

1. Mazmur 31:6

“Kuserahkan nyawaku hanya ke dalam tanganmu lah, Engkau yang membebaskan aku. Ya Tuhan, Allah yang penuh kesetiaan.”

Status kita sebagai pengikut kristus adalah anak Tuhan serta bisa disebut orang percaya kepadanya, sungguh kepercayaan ini bukan hanya berarti percaya semata saja tetapi sepenuhnya hidup kita serahkan kepadanya.

Itu karena Tuhan yang maha kuasa atas hidup dan mati kita, hanya dia mengetahui proses kehidupan umatnya.

2. Mazmur 37:5

“Dikatakan untuk menyerahkan hidupmu kepada Tuhan dan percayakan semua padanya. Sungguh ia yang akan bertindak atas hidupmu itu.”

Dalam ayat ini terdapat gambaran tentang penyerahan hidup Daud kepada Tuhannya, Ia juga meyakini sepenuhnya bahwa perlindungan yang aman hanya dapat ditemukan di dalamnya.

Sesungguhnya Tuhan itu yang mengatur kehidupan kita, sehingga tau akan proses kita menjalaninya. Tuhan juga akan memberikan yang terbaik untuk kehidupan kita.

3. Mazmur 31:4-5

“Engkau adalah bukit batu dan pertahananku, sebab oleh karena namamu lah aku mendapat bimbingan dan tuntunan. Sehingga engkau mengeluarkanku dari sebuah jaring yang dipasang orang-orang terhadap aku. Engkau juga tempat berlindung bagiku.”

Berserah artinya kitas menyerahkan seluruh hidup kepada tuhan dengan mempercayai sepenuh hati, dalam keadaan suka maupun duka. Ini yang disebut sebagai tindakan iman terhadap tuhan, dimana kita yang mempercayai dan mempersilahkan Tuhan berkarya atas hidup kami. Inilah iman yang utuh, bukan setengah-setengah ataupun musiman.

4. Filipi 4:8

“Akhirnya, saudara-saudara dan semua yang benar, mulia, adil, suci dan manis. Serta semua yang sedap untuk didengar, semua disebut sebagai kebajikan dan patut dipuji tentunya. Maka pikirkanlah semua itu.”

Banyak dari orang kristen yang tidak bisa bersukacita lagi, ketika terhimpit oleh beban atau sebuah masalah berat. Sesungguhnya orang-orang seperti itu akan dikalahkan oleh situasi dan keadaan.

Mahatma Gandhi pernah berkata bahwa tak ada yang akan menguras tubuh bagi orang beriman pada tuhan. Sehingga janganlah kamu merasakan kekhawatiran, melainkan harusnya malu.

5. Mazmur 55:23

“Diperintahkan atasmu untuk menyerahkan kekuatiran kepada Tuhan. Maka ia yang akan memelihara engkau. Tidak akan selamanya membiarkan orang-orang benar itu goyah ataupun digoyahkan.”

Sehingga seburuk apapun keadaanmu, yang penting memiliki penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan agar mampu terus bersukacita. Itu karena ketika kita memiliki penyerahan diri yang penuh kepada Tuhan, akan berpotensi memperoleh kekuatan adikodrati sehingga dapat berkata seperti perkataan Paulus.

6. Filipi 4:13

“Dikatakan pada ayat ini segala perkara dapat kutanggung di dalam dia sebagai pemberi kekuatan kepadaku.”

Berserah kepada Tuhan itu artinya bukan kamu menjadi bersikap pasif ataupun menjadi pemalas. Melainkan berserah itu artinya membawa segala pergumulan yang dikatakan hanya kepada Tuhan dengan penyerahan penuh dalam permohonan, doa serta ucapan syukur. Ingat bahwa iman yang tidak disertai dengan suatu perbuatan itu hakekatnya adalah mati.

7. 2 Tawarikh 7:14

“Umatku, atasnya namaku disebut. Aku akan mendengar dari surga dan juga mengampuni dosa mereka serta dapat memulihkannya bagi dia yang merendahkan diri, mencari wajahku, berdoa, lalu berbalik dari jalan jahat.”

Sebagai umatmu kami akan menyerahkan hidup dan mati hanya kepadamu, kami juga mempercayaimu sepenuhnya dengan doa dan puji syukur yang selalu ditujukan kepadamu.

Berserah kepada Tuhan juga diartikan bahwa kita mempercayainya sebagai pribadi yang maha kuasa, maha sanggup dan itu lebih besar dari masalah-masalah pengikutnya.

8. Roma 4:18

“Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

9. Ayub 5:8

“Tetapi aku, tentu aku akan mencari Allah, dan kepada Allah aku akan mengadukan perkaraku.”

10. Roma 5:3-5

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”

Baca juga: 3 Doa Kristen Untuk Pembangunan Gereja dan Pelayanan

11. Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

12. Nahum 1:7-8

“Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.”

13. Yesaya 2:22

“Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?”

14. Mazmur 62:6

“Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.”

15. Mazmur 62:11

“Janganlah percaya kepada pemerasan, janganlah menaruh harap yang sia-sia kepada perampasan; apabila harta makin bertambah, janganlah hatimu melekat padanya.”

16. Mazmur 146:5

“Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada Tuhan, Allahnya:”

17. Mazmur 147:11

“Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.”

18. Ratapan 3:25

“Tuhan adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.”

19. 1 Petrus 5:7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

20. Yesaya 55:8

“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan.”

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Tentang Memberitakan Injil Bagi Umat Kristen

21. Filipi 4:6-7

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

22. Yohanes 14:27

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

23. Mazmur 33:17-18

“Kuda adalah harapan sia-sia untuk mencapai kemenangan, yang sekalipun besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan. Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya.”

24. Mazmur 9:19

“Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara.”

25. 2 Korintus 12:10

“Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”

26. Mazmur 118:5

“Dalam kesesakan aku telah berseru kepada Tuhan. Tuhan telah menjawab aku dengan memberi kelegaan.”

27. Mazmur 119:143

“Maka berseru-serulah mereka kepada Tuhan dalam kesesakan mereka, dan dilepaskan-Nya mereka dari kecemasan mereka.”

28. Yesaya 26:16

“Ya Tuhan, dalam kesesakan mereka mencari Engkau; ketika hajaran-Mu menimpa mereka, mereka mengeluh dalam doa.”

29. Mazmur 9:9

“Demikianlah Tuhan adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.”

30. Efesus 3:13

“Sebab itu aku minta kepadamu, supaya kamu jangan tawar hati melihat kesesakanku karena kamu, karena kesesakanku itu adalah kemuliaanmu.”

Baca juga: 35 Kata-Kata Bijak Tentang Pelayanan Kristen yang Menguatkan

31. Ibrani 11:37

“Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku.”

32. Mazmur 107:6

“Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.”

33. 1 Tesalonika 3:7

“Maka kami juga, saudara-saudara, dalam segala kesesakan dan kesukaran kami menjadi terhibur oleh kamu dan oleh imanmu.”

34. Roma 8:35

“Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?”

35. Mazmur 31:25

“Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada Tuhan!”

36. Lukas 12:22

“Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.”

37. Mazmur 42:6

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

38. Amsal 10:28

“Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.”

39. 1 Timotius 4:10

“Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.”

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Tujuan Hidup Orang Kristen

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab yang menjelaskan berserah kepada Tuhan. Sikap ini memang cukup sulit untuk diamalkan, pasalnya beberapa orang seringkali memaksakan kehendaknya agar mewujudkan keinginannya.

Berserah diri memang sudah dianjurkan untuk tiap umat Kristiani agar tetap berusaha dan berfikir positif pada Tuhannya. Bukan hanya mewujudkan apa keinginannya, melainkan juga mendekatkan diri kepadaNya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!