4 Ayat Alkitab Tentang Demokrasi Menurut Iman Kristen

Kristenly.com – Membahas mengenai kebebasan dalam berpendapat, memang cukup menarik untuk dibahas. Sayangnya hak setiap orang akan hal ini seringkali diremehkan bahkan dianggap tidak ada, Anda bisa memaknai situasi satu ini dengan memahami ayat Alkitab tentang demokrasi.

Sejak berada di bangku sekolah dasar, tentunya setiap anak sudah dikenalkan bagaimana sikap mereka ketika hendak menyampaikan pendapat. Kebiasaan seperti ini seharusnya diteruskan sampai dewasa karena aspirasi penting untuk disampaikan.

Demokrasi sendiri merupakan bentuk pemerintahan politik dimana kekuasaannya telah diatur oleh rakyat sendiri baik langsung maupun melalui perwakilan, sistem seperti ini akan terlihat lebih jelas apabila kekuasaan tertinggi memang dipegang masyarakat.

Suatu demokrasi hanya akan berjalan apabila terlibat adanya keterlibatan setiap rakyat dalam semua pengambilan keputusan, tujuannya agar tidak menimbulkan adanya making decision namun hanya oleh satu pihak saja sehingga membuat salah satu sisi kurang menerimanya.

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Daftar Ayat Alkitab Tentang Demokrasi

ilustrasi tentang demokrasi
ilustrasi tentang demokrasi, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah ayat Alkitab yang berbicara tentang demokrasi yang perlu dipahami oleh rakyat Indonesia, mengingat bahwa negara ini memang menganut sistem pemerintahan tersebut sehingga harus diterapkan secara maksimal.

1. Galatia 5:13-15

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.”

2. Nehemia 2:17

“Berkatalah aku kepada mereka: “Kamu lihat kemalangan yang kita alami, yakni Yerusalem telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar. Mari, kita bangun kembali tembok Yerusalem, supaya kita tidak lagi dicela.”

3. Markus 12:13-17

“Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan. Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: “Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?” Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah kemari suatu dinar supaya Kulihat!” Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah! ” Mereka sangat heran mendengar Dia.”

4. Mazmur 146:5-9

“Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya: Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya, yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar. TUHAN membebaskan orang-orang yang terkurung, TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar. TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.”

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia Terbaru 2022

Dengan memahami ayat Alkitab tentang demokrasi, Anda bisa mengetahui bagaimana negara Indonesia menerapkannya. Beberapa diantaranya memang sudah sesuai namun tidak sedikit juga masih belum dilaksanakan.

Anda bisa menjadikan ayat-ayat di atas sebagai pedoman apabila memang menganut agama Kristen, setidaknya sistem pemerintahan tersebut memang sudah dijelaskan di dalam Alkitab.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!