5 Ayat Alkitab Tentang Euthanasia Wajib Diketahui Umat Kristen

Kristenly.com – Ada beberapa ayat Alkitab tentang euthanasia yang wajib diketahui umat Kristen termasuk Anda, banyak dari pemeluk Kristiani memang masih merasa bingung dengan kisah di dalam kitab suci Injil tersebut.

Pasalnya hal ini tidak disampaikan secara langsung oleh Allah saat menyampaikan firmanNya melainkan hanya menyebut keputusan dengan sederhana, beberapa diantaranya justru menerangkan cara berdo’a agar cepat dikabulkan.

Jadi tidak bisa mengambil keputusan tanpa mengerti apa sebenarnya makna di balik firman Tuhan tersebut, penting halnya untuk mengetahui arti dari ayat Alkitab mengenai Euthanasia terutama dikatakan wajib diketahui.

Beberapa ayat tentang Euthanasia memang dijelaskan secara detail dalam Alkitab. Anda hanya perlu memahami saja apa artinya sehingga bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, misalnya di dalam ayat terkait 1 Korintus 10:23.

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Tentang Larangan Membunuh yang Dibenci Allah

Daftar Ayat Alkitab Tentang Euthanasia

ilustrasi Alkitab membahas euthanasia
ilustrasi Alkitab membahas euthanasia, sumber gambar: pexels.com

Dalam Alkitab, ada beberapa ayat yang menjelaskan mengenai Euthanasia, pasalnya masih banyak dari pemeluk agama Kristiani masih kebingungan dengan kisah tersebut. Penting agar selalu mempelajari ayat Alkitab tentang Euthanasia wajib diketahui umat Kristen di bawah ini

1. Keluaran 20:13

“Jangan membunuh.”

Dalam ayat Alkitab ini dengan tegas memberikan larangan kepada umat Kristiani untuk tidak membunuh, tentu hal ini sesuai dengan norma masyarakat agar tetap saling menjaga satu sama lain. Terlebih sesama pemeluk agama Kristen untuk mendapat kasih penuh dari Allah.

Allah dengan tegas mengatakan bahwa semua umat tidak boleh untuk membunuh orang lain, pasalnya tindakan ini sama halnya seperti euthanasia sehingga harus menghindarinya. Cobalah tetap tekun dan meminta prinsip kasih kepada Alkitab agar Allah selalu memberikan perlindungan.

2. 1 Korintus 10:23

“Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Sebenarnya tidak ada larangan yang perlu dilakukan Euthanasia secara spesifik dijelaskan di dalam Alkitab, namun jangan sampai memikirkannya karena seluruh hal sudah seharusnya diserahkan kepada Tuhan sekalipun dokter masih memiliki andil kuat dalam berbagai penyakit.

Namun Tuhan selalu pembawa jawaban yang terbaik karena selalu mengutamakan tujuan karunia Roh Kudus agar tidak salah ketika hendak mengambil keputusan. Dengan begitu, seorang umat Kristiani akan mengetahui penting tidaknya saat ingin melakukan Euthanasia.

3. Amsal 16:3

“Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”

Sudah seharusnya sebagai umat Kristiani selalu menyerahkan segala urusan kepada Tuhan, sama seperti ayat Amsal 16:13 agar berserah diri pada Allah untuk seluruh perbuatan maka rencana pun akan terlaksana dengan sendirinya. Ditambah rasa yakin dan taat terhadapNya.

Perbuatan yang paling baik untuk menghadapi situasi kebingungan, gelisah, sedih dan lainnya hanyalah berserah diri kepada Allah. Dengan begitu, Anda memberikan jalan pasaNya agar melakukan kehendakNya. Jadi jangan hanya mengedepankan perasaan emosi ketika meminta denganNya.

Baca juga: 9 Ayat Alkitab Tentang Pencuri Milik Orang Lain

4. Roma 14:8

“Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.”

Sebagai umat Kristiani yang taat kepada Tuhan, sudah semestinya Anda menyerahkan segala hal baik hidup atau mati. Pasalnya seluruh jiwa rasa ini hanyalah milikNya, penting sekali prinsip seperti ini ditanamkan bagi setiap manusia agar selalu ingat dan tidak sombong di dunia.

Pemahaman seperti ini sebenarnya menjadi hal yang paling dasar dari ayat Alkitab mengenai euthanasia, pasalnya hidup setiap orang memang milik Tuhan. Sebagai umat Kristiani, Anda hanya perlu berdoa agar diriNya lah penentunya baik diberikan kesembuhan atau keputusan lainnya.

5. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Allah sudah semestinya mengetahui apa saja yang diinginkan oleh umatNya sekalipun tidak mengatakannya, baik berupa keinginan baik maupun buruk di dalam hati. Sebagai hambaNya, Anda hanya perlu mendoakan namun tetap berserah diri apa saja keputusanNya.

Yakinlah bahwa Allah senantiasa memberikan keputusan yang terbaik, mengingat jika diriNya selalu menciptakan damai sejahtera bagi seluruh umatNya sehingga tidak pernah memutuskan perkara jika hanya membuatnya bertambah runyam dan tanpa solusi.

Baca juga: 7 Ayat Alkitab Tentang Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia)

Demikian beberapa ayat Alkitab tentang Euthanasia wajib diketahui umat Kristen, sebaiknya hal ini memang ditujukan dan didoakan secara maksimal. Anda pun bisa melakukannya ketika hari sedang teduh dan tenang.

Beberapa orang diantaranya juga menjalankannya sekaligus bersamaan dengan puasa seperti halnya orang Katolik. Besar harapannya, Anda pun bisa mengambil keputusan terbaik sesuai kehendak Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!