75 Ayat Alkitab Tentang Firman Tuhan / Allah yang Baik

Kristenly.com – Ketika seorang Kristen sudah menetapkan diri untuk lahir baru, maka pada saat yang sama dia juga harus mau untuk diberi tugas sebagai pelaku Firman. Ayat Alkitab tentang Firman Tuhan sudah memberikan aturan yang jelas tentang hal ini.

Setiap orang percaya bukan hanya hidup untuk menikmati anugerah keselamatan saja, melainkan juga untuk menjadi saksi bagi banyak orang tentang anugerah tersebut. Seperti sebuah pepatah mengatakan bahwa perbuatan dapat berbicara lebih banyak daripada sekadar perkataan, maka cara untuk bisa mengabarkan berita keselamatan itu tentu adalah dengan menghidupinya dalam keseharian.

Menjadi orang Kristen berarti harus mau untuk hidup seperti Kristus. Dengan cara ini, tanpa harus membaca Alkitab pun orang bisa paham tentang kasih Kristus. Walaupun terdengar mudah, namun seringkali banyak orang kristen gagal dalam menjadi pelaku Firman karena masih hidup dalam kedagingan.

Padahal dosa dan kekudusan adalah dua hal yang berbeda, seseorang tidak akan mungkin bisa menjadi pelaku Firman dan melakukan dosa sekaligus.

Setiap orang yang bersungguh-sungguh mau melakukan Firman Tuhan pasti secara otomatis akan menjauhi dosa. Jikapun dalam suatu waktu, dia jatuh ke dalam pencobaan, maka dengan segenap hati dia akan bertobat dan tidak akan mengulanginya lagi.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pengakuan Iman Rasuli

Daftar Ayat Alkitab Tentang Firman Tuhan

ilustrasi firman tuhan
ilustrasi firman tuhan, sumber gambar: pexels.com

Sebelum naik ke surga, salah satu amanat yang diutarakan Tuhan Yesus adalah murid-muridNya memberitakan Firman sampai ke ujung bumi. Sebagai perintah yang diucapkan langsung, maka tentu Amanat Agung ini termasuk perintah yang paling penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah ayat Alkitab tentang firman Tuhan yang bisa Anda pahami lebih dalam lagi, tujuannya untuk mengetahui dan mengenal siapa sebenarnya pemilik alam semesta dan isinya ini.

Matius 24:35

“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

Mazmur 119:105

“Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku.”

Yakobus 1:22

“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.”

Yesaya 40:8

“Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.”

Matius 7:24

“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.”

2 Timotius 3:16-17

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Matius 4:4

“Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Yohanes 1:1

“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Mazmur 33:4

“Sebab firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.”

Ibrani 4:12

“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kita Akan Dibangkitkan

Ayat Alkitab Tentang Firman Allah

ayat alkitab tentang firman Allah
ayat Alkitab tentang firman Allah, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang firman Allah yang penting untuk dijadikan sebagai makanan rohani hidup. Anda perlu membacanya secara rutin dan menjadikannya santapan harian agar senantiasa mengingatNya.

Dengan membaca firman Allah, maka Anda juga bisa memahami bagaimana kehendak Tuhan bagi seluruh umatNya di dunia ini.

Yohanes 7:38

“Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Yohanes 7:16

“Jawab Yesus kepada mereka: ”Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.”

Yohanes 15:3

“Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.”

Yohanes 1:3

“Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.”

Yohanes 1:14

“Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Yesaya 55:11

“demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.”

Yesaya 43:1

“Beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.”

Yehezkiel 12:28

“Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak satu pun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

Yakobus 1:21

“Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.”

Ulangan 8:3

“Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.”

Roma 10:11

“Karena Kitab Suci berkata: ”Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”

Mazmur 56:4

“Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu”

Mazmur 19:7

“Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.”

Mazmur 18:35-36

“yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melenturkan busur tembaga. Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, tangan kanan-Mu menyokong aku, kemurahan-Mu membuat aku besar.”

Mazmur 18:30

“Karena dengan Engkau aku berani menghadapi gerombolan, dan dengan Allahku aku berani melompati tembok.”

Mazmur 130:5

“Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya.”

Mazmur 119:9

“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”

Mazmur 119:160

“Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.”

Mazmur 119:130

“Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.”

Mazmur 119:114

“Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.”

Mazmur 119:11

“Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.”

Mazmur 107:20

“disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.”

Matius 5:18

“Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.”

Matius 13:22

“Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.”

Kolose 3:16

“Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.”

Kisah Para Rasul 2:41

“Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.”

Keluaran 34:28

“Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.”

Ibrani 1:3

“Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi”

Ayub 23:12

“Perintah dari bibir-Nya tidak kulanggar, dalam sanubariku kusimpan ucapan mulut-Nya.”

Amsal 4:5

“Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian, jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku.”

Amsal 4:20-21

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu.”

Amsal 4:10

“Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.”

Amsal 30:5

“Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.”

Amsal 2:6

“Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.”

2 Timotius 2:11

“Benarlah perkataan ini: ”Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia”

2 Samuel 22:31

“Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; sabda TUHAN itu murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.”

1 Tesalonika 5:24

“Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya.”

1 Petrus 2:2

“Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan”

1 Petrus 1:23

“Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kepercayaan

Ayat Alkitab Tentang Melakukan Firman Tuhan/Allah

ilustrasi Alkitab membahas melakukan firman tuhan
ilustrasi Alkitab membahas melakukan firman tuhan, sumber gambar: pexels.com

Firman Tuhan merupakan makanan rohani hidup setiap umat Kristiani. Artinya, jika Anda sering membacanya, maka akan mendapatkan rohani tiap harinya. Tentu saja memberikan dampak positif kedepannya agar senantiasa dekat dengan Yesus.

Dengan membaca firman Tuhan sesering mungkin, Anda bisa memahami apa saja sebenarnya kehendaknya. Tidak lupa juga untuk menemukan bagaimana cara sebenarnya dalam mendapatkan keberkahan dan belas kasihannya.

Banyak umat Kristiani menganggap bahwa firman Tuhan merupakan pelita dan petunjuk bagi mereka, tentu saja tidak salah apabila Anda merasakan hal yang serupa sehingga jangan pernah ragu untuk mengakui kebesaranNya.

Ayat Alkitab tentang firman Tuhan memang penting untuk dipahami, setidaknya Anda harus mengenal siapa yang memberi keputusan dalam hidup dan penyelamat utama ketika sedang mendapati sebuah permasalahan.

Ibrani 13:20-21

“Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.”

Mazmur 103:17-18

“Tetapi kasih setia Tuhan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu, bagi orang-orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan yang ingat untuk melakukan titah-Nya.”

Keluaran 23:22

“Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu.”

Lukas 8:21

“Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”

Keluaran 19:5

“Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.”

Lukas 8:15

“Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.”

Kisah Para Rasul 13:22

“Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.”

Lukas 11:28

“Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Ulangan 28:1

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka Tuhan, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.”

Ulangan 28:13

“Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kau lakukan dengan setia,”

Yohanes 9:31

“Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.”

Yohanes 8:31

“Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku”

Yohanes 15:7-8

“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Yohanes 15:10

“Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.”

Yohanes 15:14

“Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.”

Matius 7:26-27

“Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya diatas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Mazmur 40:9

“aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku.”

Mazmur 143:10

“Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!”

Matius 7:21

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.”

Matius 12:50

“Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mengandalkan Tuhan

Markus 3:35

“Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Lukas 12:47-48

“Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, daripadanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Yohanes 4:34

“Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”

Ibrani 10:36

“Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.”

1 Yohanes 2:17

“Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.”

Keluaran 15:26

“Firman-Nya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Perlindungan Tuhan

Ada banyak manfaat ketika kita mau melakukan Firman Tuhan. Bukan hanya hati Tuhan disenangkan dengan hal yang kita kerjakan, namun orang lain juga dapat merasakan kasih Kristus yang mendamaikan dan memberikan kekuatan. Jika semua anak Tuhan benar-benar menjadi pelaku Firman, maka surga bisa dirasakan di bumi karena semua orang berlomba untuk berbuat benar dan baik.

Melakukan Firman Tuhan bukan hanya tugas dari pelayan Tuhan di mimbar saja, tetapi bagi siapapun yang sudah menetapkan diri untuk percaya kepada Yesus. Dengan membaca dan melakukan Firman, maka kita juga dapat lebih dekat dan mengenal pribadi Allah.

Dengan membaca ayat Alkitab tentang firman Tuhan, Anda pun akan mendapatkan banyak sekali keuntungannya. Jangan pernah lupa bahwa Yesus selalu memberikan keberkahan dan pertolongan kepada umatNya.

Tentu saja ketika Anda benar-benar melakukan anjurannya sekaligus menjauhi larangannya, hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kebaikan dari Yesus.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!