4 Ayat Alkitab Tentang Gaya Hidup Modern Untuk Umat Kristiani

Kristenly.com – Pada masa serba canggih dan mudah sekarang ini, membuat masyarakat menjadi berubah tentang gaya kehidupannya. Banyak orang menunjukkan kekayaannya, suka foya-foya, bermewah-mewahan, pamer, dan lainnya. Agar bisa mengendalikan diri, simak ayat Alkitab tentang gaya hidup modern.

Gaya hidup orang zaman dulu dan sekarang sangat tampak jelas berbeda. Hal ini meliputi banyak sisi, seperti makanan, cara berpakaian atau fashion, dan lain sebagainya. Kini, semua orang lebih menunjukkan dirinya sendiri atau ekspresif.

Terjadinya perbedaan gaya hidup ini, tidak lain dan bukan karena adanya perkembangan zaman dan teknologi. Oleh sebab itu, semuanya tampak berubah begitu pesat. Dengan demikian, orang sekarang semakin individualis.

Dalam pandangan Kristen, orang yang hidup secara modern bisa mempunyai sejumlah dampak dalam keyakinan atau imannya. Hal tersebut, dapat kita temukan langsung penjelasannya melalui ayat Alkitab serta memahami maknanya.

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Materialisme dalam Ajaran Kristen

Daftar Ayat Alkitab Tentang Gaya Hidup Modern

ilustrasi rumah bergaya hidup modern
ilustrasi rumah bergaya hidup modern, sumber gambar: unsplash.com

Di masa serba canggih saat ini, membuat masyarakat mengalami banyak perubahan terutama gaya kehidupannya, hal ini bisa Anda lihat dari berbagai perbedaan pola hidup manusia di zaman sekarang.

Kita perlu mengendalikan diri supaya tidak terkena efek negatif dari berbagai perubahan yang ada, lakukan cara-cara menurut ayat Alkitab tentang gaya hidup modern berikut ini.

Menjaga kekudusan & kesehatan fisik

Dalam masa yang serba canggih dengan perkembangan teknologi seperti ini akan membuat banyak masyarakat merubah gaya kehidupannya, lantas bagaimana sudut pandang agama agar manusia tetap menjaga kekudusan dan kesehatan fisik? Berikut ini ayat Alkitab telah menjelaskannya.

1. 1 Korintus 6:19

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”

Pada zaman modern seperti ini, tren untuk menjaga kesehatan terutama dengan cara diet pun banyak dilakukan. Namun disisi lain, juga banyak ditemukan penggunaan narkoba sehingga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Nyatanya kebiasaan ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup modern.

Di dalam Korintus 16:9 juga dijelaskan tentang nasihat dari Rasul Paulus agar tetap percaya kepadanya untuk menjauhi pencabulan, pasalnya sebagai umat manusia sudah ditebus oleh Roh Kudus dan Tuhan Yesus yang ada di dalam diri masing-masing.

2. 3 Yohanes 1:2

“Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.”

Rasul Yohanes dalam ayat Yohanes 1:2 pun mendoakan agar orang percaya untuk berada di keadaan sehat maupun tidak pada berbagai kondisi, sebagai umat Kristiani dianjurkan mendahulukan keinginan jiwa dan roh baru memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh mereka.

Dengan demikian, bisa Anda pahami bahwa setiap umat Kristiani sebenarnya bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada, namun jangan sampai lupa mementingkan kesehatan jiwa dan roh. Pasalnya banyak orang melakukannya sehingga diremehkan dan berakhir kurang baik kedepannya.

Baca juga: 27 Ayat Alkitab Tentang Mengalahkan Kebiasaan Buruk

Menjadi berkat

Dalam hal materiil, gaya hidup dapat dibagi ke dalam dua kategori: mewah dan sederhana. Keduanya diperbolehkan dalam hidup umat Kristen. Walau demikian, kita harus selalu kembali mengacu pada firman Tuhan dalam menjalani gaya hidup kita.

1. 2 Korintus 9:7

“Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.”

Baik dalam gaya hidup mewah ataupun sederhana, Anda pun tetap mempunyai pilihan untuk bisa berbagi dengan orang lain. Terutama jika sedang menemui seseorang dalam keadaan kesulitan finansial, maka dapat dijadikan sasaran memberikan bantuan dan membagikan rezeki antar sesama.

Bagi orang yang memiliki finansial dalam jumlah cukup ataupun lebih, maka dianjurkan untuk saling berbagi rezeki satu sama lain. Namun masih ada juga beberapa diantaranya merasa kesulitan ketika ingin memberikan sedikit hartanya, mereka hanya berkeinginan mengumpulkan sebanyak-banyaknya.

2. 2 Korintus 8:12

“Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.”

Perintah untuk saling berbagi dengan orang lain memang terdengar berat bagi banyak orang terutama jika Anda sedang merasa kekurangan, namun di dalam Korintus 8:12 pun dijelaskan bahwa perbuatan memberi seperti ini sudah seharusnya dilakukan dan bukan menjadi paksaan untuk dijalankan.

Anda bisa memberikan kepada orang lain tidak hanya dalam bentuk uang namun juga apapun yang sedang dimiliki seperti makanan dan pakaian. Ketika berbagi, pastikan agar tetap merasa ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan setelahnya.

Baca juga: 7 Ayat Alkitab Tentang Hedonisme dalam Kristen

Sebagai umat Kristen sejati, kita tentu saja tidak akan terbawa oleh arus perkembangan buruk zaman. Dengan demikian, senantiasa mengendalikan diri dari berbagai hal, seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Maka dari itu, bisa mengambil hal positif atau manfaatnya.

Setelah mengetahui ayat Alkitab tentang gaya hidup modern, semoga membuat kita semua senantiasa terlindungi dari dampak buruknya. Salah satu cara pentingnya ialah senantiasa menguatkan keimanan kepada Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!