15 Ayat Alkitab Tentang Hukum Tabur Tuai / Karma dalam Kristen

Kristenly.com – Masyarakat kita meyakini bahwa setiap perbuatan kita baik maupun buruk pasti akan mendapatkan balasannya, ini seperti hukum tabur tua. agar lebih memahaminya, simaklah pembahasan ayat Alkitab tentang hukum tabur tuai Kristen.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti melakukan berbagai tindakan. Sebelum bertindak kita akan memikirkan dampaknya terlebih dahulu, karena apabila tindakan keliru akan membawa kerugian bagi kita.

Bahkan aktivitas sekecil apapun akan berdampak pada diri, oleh karena itu dalam agama kita diajarkan untuk bertingkah laku sopan serta berhati-hati dalam mengambil tindakan agar tidak menjauhkan diri dari Tuhan yang paling utama.

Begitu juga manusia dalam berhubungan dengan orang lain, mereka sering mengedepankan sifat egonya dengan berbohong untuk menutupi kelemahannya dan dari tindakan ini pasti akan menerima akibat kebohongan tersebut yang disebut hukum tabur tuai.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Aborsi

Daftar Ayat Alkitab Tentang Hukum Tabur Tuai (Karma)

ilustrasi Alkitab membahas hukum tabur tuai
ilustrasi Alkitab membahas hukum tabur tuai, sumber gambar: unsplash.com

Hukum tabur tuai sudah banyak dirasakan pada masyarakat sekitar bahkan sudah menjadi keyakinan. Karena hukum ini sudah banyak terbukti, hingga dalam agama pun juga dibahas mengenai ini. Untuk itu simaklah pembahasan ayat Alkitab tentang hukum tabur tuai berikut.

1. Matius 16:25

“Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.”

2. Amsal 28:10

“Siapa menyesatkan orang jujur ke jalan yang jahat akan jatuh ke dalam lobangnya sendiri, tetapi orang-orang yang tak bercela akan mewarisi kebahagiaan.”

3. Amsal 22:8

“Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana.”

4. Matius 7:12

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

5. Galatia 6:8

“Barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.”

6. Yohanes 12:24

“Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.”

7. Pengkhotbah 11:4

“Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.”

8. Galatia 5:22-26

“Hidup dalam keinginan Roh bukan keinginan daging.”

9. 2 Korintus 9:6

“Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.”

10. Amsal 28:13

“Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Zina

11. Amsal 28:18

“Siapa berlaku tidak bercela akan diselamatkan, tetapi siapa berliku-liku jalannya akan jatuh ke dalam lobang.”

12. Matius 10:41

“Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.”

13. Markus 10:29-30

“Sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.”

14. Matius 23:12

“Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

15. Galatia 6:7

“Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Jangan tertipu. Allah tidak bisa dipermainkan karena orang akan menuai apa yang ia tabur. Janganlah kamu tersesat: Allah tiada boleh diolok-olokkan; karena barang yang ditabur orang, itu juga akan dituainya. Janganlah tertipu. Allah tidak bisa dipermainkan! Apa yang ditanam, itulah yang dituai. Janganlah kamu disesatkan! Allah tidak dapat diolok-olok, karena apa saja yang seseorang taburkan, juga akan dia tuai. Jangan sesat! Allah tidak dapat diperolok-olokkan. Apa yang ditabur oleh seseorang, itu pulalah yang akan dituainya. Janganlah tertipu: Allah tidak dapat dipermainkan, kerana apa yang disemai oleh seseorang, itulah yang akan dituainya.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Hamil di Luar Nikah

Hukum tabur tuai di masyarakat juga dikenal dengan karma, dengan karma ini seseorang dapat belajar untuk lebih berhati-hati dalam bertindak. Selain belajar tabur tuai dari kesalahan, kita juga bisa belajar lewat alam.

Dengan penjelasan ayat Alkitab tentang hukum tabur tuai, semoga dapat dijadikan sebagai pemahaman agar lebih berhati-hati bertindak baik kepada sesama manusia, Tuhan, maupun alam. Karena selama hidup kita pasti akan merasakan hukum tabur tuai ini.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!