23 Ayat Alkitab Tentang Hukuman Dalam Kristen

Kristenly.com – Setiap orang yang bersalah sudah pasti akan mendapatkan hukuman. Beberapa diantaranya seperti mencuri, merampok, menyakiti orang lain dan masih banyak lagi. Saat ini sudah cukup banyak jenis kejahatan bisa dilakukan oleh manusia sehingga mereka pun pantas untuk dihukum semestinya.

Salah satu pertimbangan yang bisa digunakan adalah ayat Alkitab tentang hukuman untuk memutuskan balasan dari setiap kesalahan seseorang. Meskipun telah dijelaskan secara jelas melalui firman Tuhan di Alkitab, namun masih saja harus dirundingkan agar sesuai dengan norma masyarakat.

Tentu saat ini Anda sudah sering melihat banyak kasus pencurian yang terjadi di masyarakat. Mereka pun harus mendapatkan hukuman sepadan, hal ini biasanya diputuskan oleh pihak pengadilan sesuai dengan tingkat kejahatan tersebut.

Kasus kejahatan yang dilakukan pun beragam bukan hanya pencurian saja, tidak hanya mendapatkan hukuman di dunia saja namun juga memperolehnya dari Tuhan setelah di akhir nanti. Maka dari itu, penting sekali untuk menjauhi dan jangan berbuat kejahatan karena hanya akan mendekati kerugian.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Hukum

Ayat Alkitab Tentang Hukuman

ilustrasi alkitab membahas hukuman
ilustrasi alkitab membahas hukuman, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa contoh ayat Alkitab tentang hukuman yang penting untuk dipahami sebelum seseorang memutuskan suatu hukuman kepada orang lain.

Tentu dengan adanya penjelasan melalui ayat Alkitab ini akan meminimalisir terjadinya resiko main hakim sendiri ketika seseorang hanya mengandalkan rasa emosional mereka untuk menghukum orang lain.

Yakobus 5:12

Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Wahyu 3:19

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Ulangan 8:5

Maka haruslah engkau insaf, bahwa TUHAN, Allahmu, mengajari engkau seperti seseorang mengajari anaknya.

Ulangan 5:11

Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

Roma 8:1-2

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Roma 5:15

Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu yesus Kristus.

Roma 2:12

Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.

Mazmur 68:6

Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus

Mazmur 146:9

TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.

Matius 12:31

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.

Markus 16:16

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pertimbangan

Lukas 13:3

Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.

Lukas 12:48

Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Imamat 5:17

Jikalau seseorang berbuat dosa dengan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN tanpa mengetahuinya, maka ia bersalah dan harus menanggung kesalahannya sendiri.

Ibrani 12:11

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Ayub 5:17

Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.

Amsal 3:11-12

Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.

Amsal 27:12

Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

Amsal 13:20

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Amsal 11:4

Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.

2 Timotius 4:2

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

2 Petrus 2:9

maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman

1 Yohanes 4:18

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kuasa Perkataan

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang hukuman yang penting untuk dijadikan sebagai landasan dalam memutuskan suatu hukuman bagi seseorang. Seberat apapun kesalahannya, maka harus dilakukan banyak pertimbangan dalam menghukumnya.

Termasuk juga manusia telah melanggar berbagai macam dosa yang menurut Alkitab merupakan kesalahan besar, tidak hanya berlaku pada kejahatan fatal saja namun hukuman ini juga harus diberikan bagi orang jika sudah melakukan kejahatan ringan seperti mencuri meski jumlahnya sedikit.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!