11 Ayat Alkitab Tentang Insecure yang Harus Anda Ketahui

Kristenly.com – Tidak ada hidup yang selalu terasa bahagia dan tanpa adanya masalah sama sekali. Perasaan insecure sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan ketika seseorang sedang berada dalam keadaan gelisah, malu, takut dan tidak percaya diri karena kondisi mental dan fisik mereka sendiri.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan orang-orang mengalami insecure. Umumnya terdiri dari dalam dan luar diri, misalnya karena mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain seperti diremehkan dan dipandang sebelah mata akibat kondisi fisik tertentu.

Sementara dari dalam diri biasanya ketika seseorang merasa kesepian terlalu berlebihan hingga terlalu perfeksionis sehingga mengganggu mental mereka. Namun sebenarnya Anda bisa menghadapi maupun menghindarinya lewat ayat Alkitab tentang insecure dalam artikel ini.

Perasaan insecure sebenarnya wajar dirasakan oleh seseorang, akan terasa kurang normal apabila hal ini sudah mengganggu kehidupan hingga timbulnya gangguan depresi karena tidak mampu meluapkan emosi tersebut dengan benar. Jadi dalam kasus ini, sebenarnya dapat dihadapi sebaik mungkin.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Percaya Diri

Ayat Alkitab Tentang Insecure

ilustrasi alkitab membahas insecure
ilustrasi alkitab membahas insecure, sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda yang sedang merasakan insecure, maka sebaiknya baca dan pahami ayat Alkitab tentang insecure untuk merasa lebih percaya diri meskipun perasaan seperti ini wajar dirasakan oleh setiap orang.

Namun bagi Anda yang sedang merasakannya namun tidak tahu bagaimana cara menghadapinya, cobalah untuk menerima keadaan terlebih dahulu. Pastikan mengetahui apa sebenarnya penyebab utama ketika merasa insecure.

Yesaya 49:15-16

Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau. Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

Yesaya 43:4

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Yesaya 40:29

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yeremia 31:3

Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

Roma 12:6

“Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita”

Mazmur 27:10

Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. 

Matius 11:28

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Matius 10:30-31

Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Kejadian 1:26

Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Ibrani 13:5

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: ”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Amsal 31:30

Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang insecure yang dapat Anda baca dan pahami apabila sedang merasakan perasaan tersebut, hal ini sebenarnya wajar dirasakan terlebih ketika memandang kelebihan dari orang lain.

Perasaan tidak percaya diri yang berimbas pada rasa insecure sebenarnya bisa Anda kendalikan dengan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, pastikan untuk berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu agar lebih mudah melakukan self love daripada harus mengutamakan pendapat orang lain.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!