18 Ayat Alkitab Tentang Jangan Kecewa Terhadap Apapun

Kristenly.com – Hidup tidak pernah lepas dari berbagai permasalahan. Maka dari itu, sering sekali membuat manusia menggantungkan harapan kepada orang lain. Hingga pada akhirnya merasa kecewa karena tidak sesuai harapan, cobalah merenungkan ayat Alkitab tentang jangan kecewa terhadap apapun.

Mempunyai perasaan kecewa mempunyai penyebab yang sangat beragam. Terkadang karena terlalu berharap tinggi kepada manusia dan lupa akan Tuhan, menyebabkan rasa kekecewaan muncul sehingga menimbulkan tindakan lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, seharusnya kita tidak perlu mengkhawatirkan apa pun, selalu fokus kepada tujuan dan tidak pernah kecewa akan memberikan dampak baik. Dengan demikian, hidup terasa lebih tenang.

Tuhan Yesus memberikan kita peringatan untuk tidak menggantungkan harapan kepada orang lain terlalu dalam, hal itulah menjadi sumber rasa kekecewaan. Namun, semua yang terjadi pada hidup adalah kehendak dari-Nya, maka jangan sampai kecewa berlebihan.

Baca juga: 15 Ayat Alkitab Tentang Kecewa Pada Seseorang

Kumpulan Ayat Alkitab Untuk Mengatasi Kekecewaan

ilustrasi orang sedang kecewa
ilustrasi orang sedang kecewa, sumber gambar: pexels.com

Keinginan manusia untuk memiliki suatu hal, membuat mereka akan melakukan apapun dalam menggapainya. Namun, tanpa disadari akan ada sebuah risiko berupa kegagalan. Sebagai hamba Kristen sejati, sebaiknya tidak pernah kecewa karena apapun, seperti pada ayat Alkitab tentang jangan kecewa berikut ini.

1. Mazmur 127:1

“Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.” (Mazmur 127:1)

2. Amsal 21:23

“Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri daripada kesukaran.” (Amsal 21:23)

3. Yosua 1:9b

“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.” (Yosua 1:9b)

4. Yesaya 26:3

“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.” (Yesaya 26:3)

5. Ulangan 31:6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Ulangan 31:6)

6. Yesaya 41:10

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41:10)

7. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

8. Matius 16:26

“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Matius 16:26)

9. Yohanes 3:16

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)

10. Yesaya 40:29-31

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:29-31)

Baca juga: 48 Ayat Alkitab Tentang Jangan Khawatir, Cemas dan Ketakutan

11. Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13)

12. Yakobus 1:13

“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: Pencobaan ini datang dari Allah!; Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.” (Yakobus 1:13)

13. Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3:5-6)

14. Amsal 17:22

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” (Amsal 17:22)

15. Amsal 18:10

“Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.” (Amsal 18:10)

16. 1 Korintus 10:13

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13)

17. Amsal 19:21

“Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.” (Amsal 19:21)

18. Mazmur 37:4

“Carilah kebahagiaanmu pada TUHAN, Ia akan memuaskan keinginan hatimu.” (Mazmur 37:4)

Baca juga: 10+ Doa Kristen Menghilangkan Ketakutan

Segala yang terjadi dalam hidup ini merupakan kehendak dari Tuhan. Jika ternyata menghadapi kegagalan, barangkali itu semua adalah rencana terbaik bagi-Nya. Dengan demikian, jangan pernah kecewa terhadap apa pun.

Dengan merenungkan makna dari ayat Alkitab tentang jangan kecewa akan suatu hal apapun, semoga bisa memberikan pedoman hidup. Memanjatkan segala harapan paling baik dan tidak pernah mengecewakan adalah hanya kepada Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!