15 Ayat Alkitab tentang Jangan Menyerah dan Putus Asa

Kristenly.com – Hidup adalah tentang terus berjuang supaya bisa bertahan. Namun, tidak bisa memungkirinya jika sering menghadapi berbagai permasalahan. Pada saat momen penuh rintangan, pastikan selalu semangat. Untuk itu, renungkan ayat Alkitab tentang jangan menyerah dan putus asa.

Manusia bekerja dan selalu berusaha setiap harinya. Waktu terus berjalan, sehingga tidak ada alasan untuk berhenti. Jika memutuskan menyerah menghadapi suatu keadaan, maka tentu mereka masuk ke golongan umat merugi.

Tuhan Yesus memberikan kesempatan hidup kepada manusia yang merupakan keberkatan luar biasa. Dengan begitu, sebagai umat Kristen percaya harus memanfaatkannya secara maksimal. Maka, ketika sedang terpuruk, kembalilah bangun dan ingat segala kenikmatan dari Allah.

Menyerah dalam hidup sama saja mengingkari takdir baik dari Tuhan Yesus. Maka, dengan demikian selalu carilah dorongan kuat dalam diri atau motivasi. Hal tersebut, dapat umat temukan dari berbagai hal, seperti dalam Alkitab.

Baca juga: Ayat Alkitab yang Menginspirasi Hidup

Daftar Ayat Alkitab Tentang Jangan Menyerah

ilustrasi orang tidak menyerah dengan keadaan
ilustrasi orang tidak menyerah dengan keadaan, sumber gambar: pexels.com

Hidup merupakan sebuah berkat besar dari Allah. Berbagai rintangan di dalamnya, seharusnya mampu membuat diri semakin bijaksana dan dewasa. Supaya tidak mudah menyerah menghadapi masalah, renungkan ayat Alkitab motivasi untuk jangan menyerah berikut ini.

1. Pengkhotbah 8:17

“maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah, yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia mengetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya.”

2. Yohanes 6:6

“Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya.”

3. Yohanes 8:40

“Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham.”

4. 2 Tawarikh 15:7

Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

5. Yesaya 2:19

“Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.”

Baca juga: Ayat Alkitab yang Menguatkan

6. Yesaya 28:9

“Dan orang berkata:”Kepada siapakah dia ini mau mengajarkan pengetahuannya dan kepada siapakah ia mau menjelaskan nubuat-nubuatnya? Seolah-olah kepada anak yang baru disapih, dan yang baru cerai susu! “

7. 1 Yohanes 2:26

“Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.”

8. 1 Korintus 7:28

“Tetapi, kalau engkau kawin, engkau tidak berdosa. Dan kalau seorang gadis kawin, ia tidak berbuat dosa. Tetapi orang-orang yang demikian akan ditimpa kesusahan badani dan aku mau menghindarkan kamu dari kesusahan itu.”

9. 1 Yohanes 4:1

“Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.”

10. 1 Petrus 1:7

“Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.”

11. Ayub 7:18

“dan Kau datangi setiap pagi, dan Kau uji setiap saat? “

12. 1 Tesalonika 2:18

“Sebab kami telah berniat untuk datang kepada kamu — aku, Paulus, malahan lebih dari sekali, tetapi Iblis telah mencegah kami.”

13. Roma 7:19

“Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.”

14. Lukas 19:3

“Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.”

15. Yesaya 41:10

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Baca juga: Kata-kata Rohani Kristen yang Menguatkan

Seberat apapun masalah yang Anda hadapi, Tuhan Yesus selalu ada di hati untuk menemani. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk putus asa sehingga melewatkan berbagai kesempatan baik dalam hidup. Alkitab mampu menjadi pedoman serta penyejuk hati.

Setelah merenungkan makna dari ayat Alkitab tentang jangan menyerah dan putus asa, semoga sebagai umat Kristen sejati bisa menerapkannya Dengan demikian, ketika cobaan datang, menjadi pribadi kuat karena percaya Allah memiliki rencana indah kedepannya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!