5 Ayat Alkitab Tentang Jumat Agung yang Perlu Dipahami

Kristenly.com – Peristiwa kematian Tuhan Yesus di atas kayu salib ribuan tahun yang lalu masih dirayakan hingga sekarang. Ayat Alkitab tentang Jumat Agung juga menerangkan bahwasanya memang Yesus benar-benar mati di bukit Golgota, namun Dia bisa bangkit di hari ketiga dan naik ke surga.

Kematian Yesus ini dinamakan dengan Jumat Agung, karena ketika diurutkan dengan penanggalan seperti yang kita ketahui hari ini, maka peristiwa tersebut memang jatuh pada hari Jumat. Namun, seringkali karena beberapa kerancuan, banyak orang yang salah mengerti bahwa Paskah adalah hari kematian Yesus, padahal Paskah adalah hari kebangkitan Yesus. Hal ini dikarenakan momen perayaan Paskah yang selalu disertai dengan prosesi jalan salib atau mengenang penyaliban Yesus.

Selain itu, hari Jumat Agung juga adalah hari libur nasional di negara kita, dan seringkali diadakan ibadah di beberapa gereja. Hal-hal inilah yang kerap membuat orang menyamakan Paskah dan Jumat Agung. Namun dengan melihat kembali arti Jumat Agung maka kita bisa memahami bahwa keduanya adalah peristiwa yang berbeda. Walau demikian, keduanya saling terkait dan merupakan peristiwa penting di dalam sejarah kekristenan.

Tanpa kematian Tuhan maka tentu tidak ada kebangkitan, dan tanpa keduanya tentu kelahiran Yesus di dunia ini menjadi sia-sia. Maka Yesus memang harus lahir, mati dan kemudian bangkit agar janji penebusan dosa manusia bisa tergenapi. Peristiwa ini sekaligus menjadi bukti bahwa Tuhan begitu mengasihi umatNya dan tidak ingin terpisah hanya karena dosa.

Baca juga: Doa Jumat Agung Kristen, Menyelami Pengorbanan Kristus di Kayu Salib

Daftar Ayat Alkitab Tentang Jumat Agung

ilustrasi hari jumat agung
ilustrasi hari jumat agung, sumber gambar: gbirayon3.org

Dalam Perjanjian Baru disebutkan di beberapa kitab mengenai kisah penyaliban Yesus, di sana juga digambarkan peristiwa kematian dan juga kebangkitanNya. Ini menunjukkan bahwa sejarah mencatat kematian Yesus di atas Bukit Golgota dan semuanya didukung dengan bukti sejarah yang valid. Baca dan pahami ayat Alkitab tentang jumat agung berikut ini.

  1. Markus 15:33 : “Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga.”
  2. Markus 15:34 : “Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”
  3. Markus 15:35 : “Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Lihat, Ia memanggil Elia.”
  4. Markus 15:36 : “Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.”
  5. Markus 15:37 : “Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.”
Baca juga: Ucapan Hari Jumat Agung Kristen, Berkesan & Menyentuh

Karya penebusan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus dilalui dengan penuh perjuangan. Meskipun Dia adalah Allah itu sendiri, namun dirinya juga adalah manusia sejati ketika ada di dalam wujud Yesus. Setiap penderitaan dan siksaan yang diterima Yesus dipikul dengan penuh kerelaan karena cintaNya kepada umat manusia.

Hari Jumat Agung adalah hari ketika semua tanggung jawab Yesus telah selesai, hari tersebut juga merupakan hari penebusan untuk semua manusia.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!