9 Ayat Alkitab Tentang Kasih Ibu kepada Anaknya

Kristenly.com – Ibu merupakan sosok hebat yang telah berjasa mengandung dan melahirkan serta merawat anaknya hingga dewasa. Karena jasa seorang ibu yang besar, dijelaskan ayat Alkitab tentang kasih ibu kepada anak sebagai bentuk besarnya pengorbanan seorang ibu.

Bagi seorang perempuan, kelahiran sang anak akan mengubah hidupnya untuk selamanya. Tidak hanya statusnya yang berganti menjadi ibu, namun fisik dan mentalnya pun akan berubah seiring berjalannya waktu mengurus anaknya.

Meskipun begitu, kasih sayang ibu kepada anak tidak ada yang bisa menandingi. Dia rela bertaruh dengan nyawanya demi menyelamatkan sang buah hati. Melawat rasa sakit dan mengalah agar anaknya mendapatkan kebahagiaan.

Sosok ibu akan menjadi cinta pertama bagi anak laki-laki serta figure pahlawan yang harus dicontoh oleh anak perempuan, kasih sayang ibu kepada anaknya bagaikan sang surya menyinari dunia yang hangat dan menyejukkan.

Baca juga: 6 Renungan Kristen Tentang Kasih Ibu Sepanjang Masa Terbaru 2022

Ayat Alkitab Tentang Kasih Ibu Kepada Anak

ilustrasi kasih ibu pada anaknya
ilustrasi kasih ibu pada anaknya, sumber gambar: pexels.com

Dalam agama Kristen jasa-jasa seorang ibu juga diabadikan. Agama mengajarkan kita sebagai anak untuk selalu menghormati ibu dan memberikan kasih sayang kepadanya, agar lebih memahaminya simaklah penjelasan ayat Alkitab tentang kasih ibu kepada anak berikut ini.

1. Yohanes 13:34-35

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

2. Ulangan 6:7

“haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

3. Imamat 19:17

“Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.”

4. Efesus 5:22-34

“Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.”

5. Amsal 12:4

“Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.”

Baca juga: 6 Renungan Rohani Kristen Untuk Ibu Rumah Tangga

6. Efesus 5:25

“Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah  menyerahkan diri-Nya baginya.”

7. Amsal 22:6

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

8. 1 Korintus 11:3

“Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

9. 2 Korintus 6:14

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

Baca juga: 75+ Contoh Puisi Ibu Terbaik Dalam Berbagai Tema (Terbaru)

Kasih ibu kepada anaknya sangat besar dan perannya tidak bisa digantikan oleh siapapun, karena kasih sayangnya membentuk ketelatenan dan lemah lembut kepada anak serta beliau banyak melawan rasa sakit demi anaknya.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang kasih ibu kepada anaknya diatas, semoga pembaca dapat mengambil hikmahnya. Sehingga dapat menyayangi ibu mereka selagi ada. Maka, jika tidak ada maka doakanlah dia sebagai bakti anak kepada orang tua.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!