17 Ayat Alkitab Tentang Katekisasi yang Wajib Dipahami

Kristenly.com – Tentu masih banyak orang yang merasa asing dengan istilah tersebut, Anda pun bisa memahaminya lewat ayat Alkitab tentang katekisasi berikut ini guna mengetahuinya lebih dalam lagi agar tidak ada kekeliruan pemahaman.

Beberapa ayat tersebut memang perlu dipahami khususnya bagi umat Kristiani, pasalnya mereka akan tahu bagaimana cara mendapatkan Ilmu yang baik dari Injil karena memahami apa saja di dalamnya sekaligus menerapkannya.

Sementara katekisasi sendiri diartikan sebagai masa sebelum seseorang umat Kristen menerima baptisan, orang tersebut pun akan mendapatkan bimbingan secara mendasar mengenai Kristenisasi oleh pemimpinnya.

Harapannya, beberapa ayat Alkitab tersebut akan memudahkan mereka dalam memahami apa itu katekisasi. Secara tidak langsung juga membuat pemahaman diperoleh langsung dari injil sehingga lebih terpercaya.

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Baptisan dan Hidup Baru

Daftar Ayat Alkitab Tentang Katekisasi

ilustrasi Alkitab membahas katekisasi
ilustrasi Alkitab membahas katekisasi, sumber gambar: pexels.com

Anda bisa membaca beberapa ayat Alkitab tentang katekisasi sesuai dengan penjelasan di bawah ini, pengajaran mengenai hal tersebut sebenarnya tidak hanya berfokus pada intelektualitas saja melainkan pada praktiknya.

1. Matius 28:19-20

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

2. Roma 15:4

“Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.”

3. Yohanes 1:1

“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

4. Lukas 16:10

“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

5. 1 Korintus 14:19

“Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh.”

6. Lukas 1:4

“Supaya engkau dapat mengetahui bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.”

7. Yohanes 14:6

“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

8. Galatia 6:6

“Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.”

9. Roma 2:18

“Dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak.”

10. Yohanes 3:16

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Baca juga: 3 Doa untuk Pembaptisan (Cowok dan cewek)

11. Kolose 3:23

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

12. Roma 2:17

“Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah pada Allah,”

12. Galatia 6:5

“Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.”

13. Efesus 4:12-13

“Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.”

14. 1 Petrus 2:9

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.”

15. Kisah Para Rasul 21:24

“Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat.”

16. Kisah Para Rasul 18:25

“Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.”

17. Kisah Para Rasul 21:21

“Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.”

Baca juga: 30 Ayat Alkitab Untuk Baptisan Anak Kecil

Demikianlah ulasan mengenai ayat Alkitab tentang katekisasi, istilah ini memang erat kaitanya bagi setiap umat Kristen karena bisa menjadi alasan bagi mereka dalam memperkuat keyakinan beragama.

Sebelum akhirnya mempelajari ilmu yang lebih kuat lagi, tentu mereka diharuskan untuk belajar dari tingkatan rendah terlebih dahulu. Harapannya agar pembelajaran dilakukan secara bertingkat dan lebih mudah.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!