25 Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan Yesus yang Paling Sejati

Kristenly.com – Sebagai umat Kristen kita percaya bahwa Allah menyelamatkan Yesus dari penyaliban. Untuk mengetahui dan memaknai kebangkitan yesus, bisa dibaca pada ayat Alkitab tentang kebangkitan yesus yang paling sejati.

Pada hari raya paskah diperingati sebagai hari kabngkitan Yesus atas peristiwa penyaliban dalam penebusan dosa umat manusia, Allah menurunkan pertolongan dengan menyelamatkan melalui kebangkitan Yesus.

Peristiwa tentang kebangkitan yesus telah diabadikan dalam ayat Alkitab. Meskipun dalam Alkitab tidak banyak membahas tentang peristiwa ini, namun bisa memahaminya dengan sering membaca firman-Nya.

Sedikit pesan atas peristiwa kebangkitan Yesus merupakan bukti janji keselamatan yang telah Allah ditepati di masa lalu dan melalui penyelamatan merupakan bukti besarnya cinta kasih Allah kepada umat manusia.

Baca juga: 5+ Khotbah Kebangkitan Yesus Terbaik: Judul, Ayat, dan Poin-poinnya

Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan Yesus

ilustrasi kebangkitan yesus
ilustrasi kebangkitan yesus, sumber gambar: pixabay.com

peristiwa kebangkitan yesus memiliki makna mendalam bagi Kristen, sehingga sangat penting umat Kristen mengetahui dan memahami maknanya. Oleh karena itu, pahamilah penjelasan ayat Alkitab tentang kebangkitan yesus berikut.

Markus 16:9

“Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.”

Matius 27:53

“Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.”

2 Korintus 4:14

“Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.”

Kisah Para Rasul 2:32

“Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi.”

Yohanes 21:14

“Itulah ketiga kalinya Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya sesudah Ia bangkit dari antara orang mati.”

Kisah Para Rasul 13:30

“Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati.”

Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan

Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan
Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan

Peristiwa bangkitnya Yesus menjadi salah satu bukti bahwa keteguhan komitmen Yesus bagi seluruh umat manusia. Yesus pun tidak rela jika masa depan umatNya suram karena dipenuhi oleh dosa sehingga Ia rela mati di kayu salib. Oleh karena itu, baca ayat Alkitab tentang kebangkitan berikut ini.

Yohanes 20:8-9

Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Yohanes 11:25-26

Jawab Yesus: ”Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”

Wahyu 20:6

Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Wahyu 20:12-13

Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Roma 6:5-6

Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Matius 28:5-6

Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: ”Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

Matius 20:18-19

”Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

Markus 16:6

tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: ”Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.

Lukas 24:6-7

Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”

Kisah Para Rasul 3:26

Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.”

Kisah Para Rasul 26:22-23

Tetapi oleh pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan memberi kesaksian kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Dan apa yang kuberitakan itu tidak lain dari pada yang sebelumnya telah diberitahukan oleh para nabi dan juga oleh Musa, yaitu, bahwa Mesias harus menderita sengsara dan bahwa Ia adalah yang pertama yang akan bangkit dari antara orang mati, dan bahwa Ia akan memberitakan terang kepada bangsa ini dan kepada bangsa-bangsa lain.”

Ibrani 13:20-21

Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Filipi 3:10

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya

2 Korintus 5:14-15

Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

1 Tesalonika 4:14

Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

1 Petrus 3:21

Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan – maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah – oleh kebangkitan Yesus Kristus

1 Petrus 1:3

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan

1 Korintus 15:3-4

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci

1 Korintus 15:21

Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.

Baca juga: 4 Renungan Paskah Kuasa Kebangkitan Yesus Kristus Singkat 2022

Tanpa peristiwa penyaliban dan tanpa kebangkitan Tuhan Yesus maka manusia akan tetap berdosa serta tidak sanggup untuk diselamatkan, atas karunia Allah kita selamat atas dosa sehingga bisa menuju ke surga-Nya.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang kebangkitan Yesus yang paling sejati ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan pemaknaan atas kebangkitan yesus. Sehingga dengan ini dapat meningkatkan iman dan kebaktian kita kepada Tuhan Yesus.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!