25 Ayat Alkitab Tentang Keberanian dan Menjadi Berani

Kristenly.com – Seringkali kita dalam bertindak memiliki perasaan ragu-ragu atau bahkan takut, kekhawatiran tentang sesuatu yang belum terjadi membuat diri menjadi tidak berani bertindak. Agar menjadi pribadi yang tangguh, pelajarilah penjelasan ayat Alkitab tentang berani dan menjadi berani.

Setiap manusia memiliki kekhawatiran akan sesuatu, rasa ini pasti menghampiri ketika pikiran dirundung dengan keraguan, padahal ini merupakan asumsi kita saja terhadap sebuah hal yang belum pasti akan terjadi.

Ketakutan akan gagal atau sesuatu yang tidak ingin terjadi pada kita memunculkan keraguan dan mengalahkan keberanian dalam diri, apabila ketakutan ini terus dipupuk bisa menimbulkan sikap over thinking sehingga menggagalkan langkah untuk maju.

Dalam menjalani kehidupan ini memerlukan keberanian, karena setiap keberanian yang dilakukan akan memberikan pelajaran hidup untuk menghadapi setiap masalah yang datang. Ketakutan hanya membuat diri menjadi pecundang.

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Visi dan Misi Hidup Umat Kristen

Daftar Ayat Alkitab Tentang Menjadi Berani

ilustrasi orang berani panjat tebing
ilustrasi orang berani panjat tebing, sumber gambar: pexels.com

Ketika ingin melangkah pasti memerlukan pegangan untuk memupuk keberanian diri melangkah, sebagai umat kristiani terdapat ayat Alkitab yang mampu dijadikan pegangan agar menjadi pribadi berani. Maka, pahamilah ayat Alkitab tentang keberanian dan menjadi berani berikut ini.

1. Mazmur 112:1‭-‬2

“Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan , yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.”

2. Efesus 6:10

“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.”

3. Yosua 1:9

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan , Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”

4. Yesaya 54:4

“Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu.”

5. Mazmur 27:1

“Dari Daud. Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?”

6. Markus 5:36

“Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: “Jangan takut, percaya saja!”

7. Yosua 1:6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.”

8. 1 Korintus 15:58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

9. Mazmur 56:4‭-‬5

“Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”

10. Yesaya 41:10

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Baca juga: 27 Ayat Alkitab Tentang Kebebasan dalam Kristen

11. Ulangan 31:6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan , Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

12. Mazmur 27:13‭-‬14

“Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan Tuhan di negeri orang-orang yang hidup! Nantikanlah Tuhan ! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah Tuhan !”

13. Amsal 3:5‭-‬6

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

14. Mazmur 23:1‭-‬4

“Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

15. Mazmur 31:24

“Kasihilah Tuhan , hai semua orang yang dikasihi-Nya! Tuhan menjaga orang-orang yang setiawan, tetapi orang-orang yang berbuat congkak diganjar-Nya dengan tidak tanggung-tanggung.”

16. Yesaya 41:13

“Sebab Aku ini, Tuhan , Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”

17. Yohanes 14:16‭-‬17

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

18. Yohanes 14:27

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

19. Yohanes 14:27

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

20. 1 Korintus 16:13

“Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!”

Baca juga: 52 Ayat Alkitab Tentang Damai Sejahtera dan Hati

21. Yohanes 14:18

“Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.”

22. Yohanes 14:26

“tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

23. 2 Timotius 1:7

“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

24. 1 Tawarikh 28:20

“Lalu berkatalah Daud kepada Salomo, anaknya: “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, dan lakukanlah itu; janganlah takut dan janganlah tawar hati, sebab Tuhan Allah, Allahku, menyertai engkau. Ia tidak akan membiarkan dan meninggalkan engkau sampai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah Allah selesai.”

25. Filipi 1:27‭-‬29

“Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil, dengan tiada digentarkan sedikit pun oleh lawanmu. Bagi mereka semuanya itu adalah tanda kebinasaan, tetapi bagi kamu tanda keselamatan, dan itu datangnya dari Allah. Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mimpi

Sikap berani merupakan kemantapan hati dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi setiap masalah yang datang, sebagai makhluk hidup sangat membutuhkan sikap ini untuk bertahan hidup di zaman yang keras.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang keberanian dan menjadi berani, pembaca dapat menjadikannya sebagai pandangan untuk memupuk rasa berani dengan memiliki rasa percaya diri yang besar. Sehingga dia mampu melakukan langkah untuk maju.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!