24 Ayat Alkitab Tentang Kecurangan, Jangan Ditiru Ya !

Kristenly.com – Ada banyak sekali sifat dan sikap manusia dalam kehidupan, kemudian menerapkannya dalam menghadapi berbagai cobaan. Dalam ayat Alkitab tentang kecurangan mengandung pelajaran sangat berharga.

Dalam hidup, tentu ada saja karakter jahat yang sangat licik. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan orang lain, perbuatan kelicikan seperti ini tentu memberikan ketidaknyamanan sehingga membuat Anda dijauhi banyak orang.

Tuhan Yesus memberikan banyak gambaran tentang betapa bahayanya sifat licik dalam diri manusia. Kecurangan bisa menjadi cikal bakal kejahatan lebih besar lainnya, inilah hasil dari perbuatan roh jahat yang berhasil masuk ke dalam jiwa seseorang.

Dalam firman-Nya, Allah mengungkapkan peristiwa tentang kelicikan dan dampaknya. Ketika manusia dicurangi, sebaiknya kembali ke dalam pelukan Tuhan sehingga berdoa mengharapkan balasan paling tepat untuk mereka yang telah berbuat jahat.

Baca juga: 23 Ayat Alkitab Tentang Egois yang Perlu Disingkirkan

Daftar Ayat Alkitab Tentang Kecurangan

ilustrasi orang mencontek saat ujian
ilustrasi orang mencontek saat ujian, sumber gambar: pexels.com

Setiap manusia mempunyai keinginan menang yang besar dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan begitu, melakukan berbagai cara supaya impiannya terwujud. Baca kumpulan ayat Alkitab tentang kecurangan berikut ini sebagai pedoman serta pencerahan.

  1. 1 Korintus 6: 8-10 : “Tetapi kamu sendiri melakukan ketidakadilan dan kamu sendiri mendatangkan kerugian, dan hal itu kamu buat terhadap saudara-saudaramu. Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”
  2. 1 Petrus 3:10 : “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.”
  3. Imamat 19:35 : “Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan, mengenai ukuran, timbangan dan sukatan.”
  4. Matius 23:14 : “Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.”
  5. Ulangan 25:16 : “Sebab setiap orang yang melakukan hal yang demikian, setiap orang yang berbuat curang, adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.”
  6. Ulangan 32:4 : “Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.”
  7. 2 Tawarikh 19:7 : “Sebab itu, kiranya kamu diliputi oleh rasa takut kepada TUHAN. Bertindaklah dengan seksama, karena berlaku curang, memihak ataupun menerima suap tidak ada pada TUHAN, Allah kita.”
  8. Titus 2:10 : “Jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.”
  9. Ayub 34:12 : “Sungguh, Allah tidak berlaku curang, yang Mahakuasa tidak membengkokkan keadilan.”
  10. Imamat 19:15 : “Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan; janganlah engkau membela orang kecil dengan tidak sewajarnya dan janganlah engkau terpengaruh oleh orang-orang besar, tetapi engkau harus mengadili orang sesamamu dengan kebenaran.”
  11. Mazmur 89:34 : “Tetapi kasih setia-Ku tidak akan Kujauhkan dari padanya dan Aku tidak akan berlaku curang dalam hal kesetiaan-Ku.”
  12. Mazmur 92:16 : “Untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.”
  13. Yohanes 5:30 : “Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.”
  14. Amsal 11:3 : “Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.”
  15. Amsal 22:8 : “Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa.”
  16. Amsal 15:4 : “Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.”
  17. Amsal 16:28 : “Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.”
  18. Yehezkiel 3:20 : “Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan-perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat-ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya dari padamu.”
  19. Yesaya 61:8 : “Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu.”
  20. Yehezkiel 18:24 : “Jikalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan seperti segala kekejian yang dilakukan oleh orang fasik–apakah ia akan hidup? Segala kebenaran yang dilakukannya tidak akan diingat-ingat lagi. Ia harus mati karena ia berubah setia dan karena dosa yang dilakukannya.”
  21. Yehezkiel 18:26 : “Kalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan sehingga ia mati, ia harus mati karena kecurangan yang dilakukannya.”
  22. Kisah Para Rasul 5:8-10 : “Kata Petrus kepadanya: “Katakanlah kepadaku, dengan harga sekian kah tanah itu kamu jual?” Jawab perempuan itu: “Betul sekian.” Kata Petrus: “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.” Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.”
  23. Yehezkiel 28:18 : “Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.”
  24. Markus 7:21-23 : “Sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”
Baca juga: 22 Ayat Alkitab Tentang Jangan Bersikap Iri Hati

Dunia tidak ubahnya sebuah permainan tipu daya, jangan sampai terperdaya sehingga melakukan kejahatan berupa kecurangan demi menggapai nafsu belaka. Sebagai umat Kristen percaya penting menanamkan kejujuran dalam diri.

Merenungkan kembali makna dari ayat Alkitab tentang kecurangan, semoga mampu membawa diri ke dalam jalan penuh kejujuran. Melihat balasan Tuhan akan orang yang bersifat licik, akan menjadi pelajaran agar tidak menjauhinya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!