32 Ayat Alkitab Tentang Keinginan yang Harus Anda Ketahui

Kristenly.com – Keinginan yang dimiliki oleh manusia tentu tidak jauh dengan nafsu duniawi dari hati mereka masing-masing. Ada banyak Alkitab telah membahasnya sehingga penting untuk diketahui oleh orang Kristen. Hal ini dikarenakan nafsu berlebihan bukan kehendak dari Tuhan dan bertentangan dengan Roh Kudus

Oleh sebab itu, sebagai umat Kristiani harus mampu mengelola keinginan yang sedang mereka rasakan dalam berbagai hal apapun. Usahakan untuk selalu berdoa dan sebaiknya mengambil waktu teduh dan berpuasa, tujuannya agar tidak mudah tergoda mewujudkan nafsu duniawi tersebut.

Beberapa ulasan mengenai ayat Alkitab tentang keinginan sebenarnya juga banyak dibahas sehingga Anda bisa melawan nafsu duniawi melalui penjelasan tersebut. Namun sebenarnya, hal ini muncul atas kesadaran diri masing-masing sehingga bukan paksaan dari siapapun untuk melakukannya.

Dalam sebuah firman juga dikatakan bahwa bentuk keinginan memang sangat beragam mulai dari keinginan menjadi lebih baik, keinginan terhadap hal baik, kenajisan, pencabulan hingga keserakahan. Sebagian besar diantaranya lebih condong ke sifat-sifat negatif sehingga lebih baik untuk menghindarinya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mimpi dan Harapan

Ayat Alkitab Tentang Keinginan

ilustrasi alkitab membahas keinginan
ilustrasi alkitab membahas keinginan, sumber gambar: pixabay.com

Sebagai manusia memang selalu menginginkan berbagai hal tanpa bisa menghindarinya, namun alangkah lebih baik jika Anda berhasil menahan nafsu duniawi tersebut jika sebenarnya belum benar-benar membutuhkan.

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang keinginan yang penting dipahami agar sebagai umat Kristiani tidak dengan mudah menuruti apa nafsu duniawi tersebut.

Yohanes 8:44

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Yesaya 26:8

Ya TUHAN, kami juga menanti-nantikan saatnya Engkau menjalankan penghakiman; kesukaan kami ialah menyebut nama-Mu dan mengingat Engkau.

Yakobus 4:2

Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.

Yakobus 1:13

Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: ”Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.

Roma 7:7

Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: ”Jangan mengingini!”

Pengkhotbah 5:11

Enak tidurnya orang yang bekerja, baik ia makan sedikit maupun banyak; tetapi kekenyangan orang kaya sekali-kali tidak membiarkan dia tidur.

Pengkhotbah 4:4

Dan aku melihat bahwa segala jerih payah dan segala kecakapan dalam pekerjaan adalah iri hati seseorang terhadap yang lain. Ini pun kesia-siaan dan usaha menjaring angin.

Mazmur 42:1

Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran bani Korah.

Matius 6:21

Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Matius 6:13

dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]

Matius 5:29

Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

Matius 5:27-28

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Matius 26:41

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Kolose 3:5

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Galatia 6:1

Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

Galatia 5:16

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Galatia 5:13

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Bilangan 15:39

Maka jumbai itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah TUHAN, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap TUHAN.

Ayub 31:1

”Aku telah menetapkan syarat bagi mataku, masakan aku memperhatikan anak dara?

Amsal 6:28

Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya?

Amsal 25:28

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Amsal 23:5

Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.

Amsal 21:26

Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar memberi tanpa batas.

2 Petrus 1:4

Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

1 Yohanes 2:17

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

1 Yohanes 2:16

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

1 Timotius 6:10

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

1 Petrus 5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

1 Korintus 7:2

tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

1 Korintus 6:12

Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ulasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang keinginan yang bisa menggambarkan betapa besarnya niat seseorang ketika sudah mempunyai cita-cita dan impian tertentu, hal ini memang wajar terjadi dalam diri manusia namun lebih baik untuk bisa mengontrolnya.

Jadi tidak semua keinginan harus diwujudkan saat itu juga, mengingat bahwa setiap manusia pasti memiliki hawa nafsu. Mungkin saja terpengaruh oleh keadaan sekitar dan perasaan hatinya yang sangat menggebu-gebu dalam mewujudkannya walau sebenarnya masih belum menjadi kebutuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!