26 Ayat Alkitab Tentang Kekudusan yang Wajib Kristiani Ketahui

Kristenly.com – Kekudusan pada hakikatnya merupakan karakter dari Allah itu sendiri. Sifat kudus ini menunjukkan keterpisahan dan perbedaan Allah dengan seluruh ciptaanNya. Demikian juga, Ia pun juga berbeda dari segala konsepsi pribadi dalam benak manusia sepanjang sejarah peradaban sampai saat ini.

Sifat kekudusan atau keterpisahan ini mempunyai konsekuensi jika Ia juga terpisah dari segala sesuatu yang bertentangan dengan semua karakter Allah. Ketika manusia pertama kali melakukan dosa, maka mereka harus keluar dari Taman Eden dan tentu akan terpisah dari tempat kediamanNya.

Akan tetapi kekudusan Tuhan bukan hanya mengenai yang memisahkan dan menghakimi segala sesuatu yang tidak kudus, namun juga erat kaitannya pada kekudusan untuk menjangkau manusia berdosa dan menyediakan mereka melakukan pengudusan.

Hal ini lebih sering dikenal dengan istilah paradoks kekudusan. Kekudusan Tuhan akan termanifestasikan ke seluruh ciptaanNya di bumi, hal ini pun berulang kali telah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang kekudusan sehingga penting untuk memahaminya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Bapa

Ayat Alkitab Tentang Kekudusan

ilustrasi alkitab membahas kekudusan
ilustrasi alkitab membahas kekudusan, sumber gambar: pixabay.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang kekudusan yang penting untuk dipahami demi memahami apa saja sifat Kudus Tuhan.

Yesaya 57:15

Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: ”Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.

Yesaya 35:8

Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya.

Yehezkiel 38:23

Aku akan menunjukkan kebesaran-Ku dan kekudusan-Ku dan menyatakan diri-Ku di hadapan bangsa-bangsa yang banyak, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Yehezkiel 36:23

Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.

Roma 6:22

Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.

Roma 16:17

Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!

Mazmur 68:4-5

Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita. Bernyanyilah bagi Allah, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah TUHAN; beria-rialah di hadapan-Nya!

Mazmur 139:23-24

Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Mazmur 119:9

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Mazmur 103:1

Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Matius 5:48

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Lukas 8:16

”Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.

Imamat 20:26

Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

Ibrani 12:14

Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Filipi 2:5

Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus yesus

Efesus 5:3

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.

Amsal 9:10

Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Amsal 20:25

Suatu jerat bagi manusia ialah kalau ia tanpa berpikir mengatakan ”Kudus”, dan baru menimbang-nimbang sesudah bernazar.

Amos 5:14

Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan.

2 Timotius 1:9

Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus yesus sebelum permulaan zaman

2 Korintus 7:1

Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

1 Samuel 2:2

Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.

1 Petrus 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib

1 Petrus 1:15-16

tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

1 Korintus 3:17

Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

1 Korintus 3:16

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Baca juga:


Umat kristiani akan melihat bahwa segala hal berasal dari Tuhan. Semuanya bersifat Kudus dan penuh kebaikan, keindahan dan menyenangkan. Pahami apa saja bahasan mengenai Ayat Alkitab tentang kekudusan di atas, penting bagi Anda agar senantiasa menerapkan sifat kudus tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penuhi kewajiban sebagai umat Kristiani dan mendekatkan diri kepadaNya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!