69 Ayat Alkitab Tentang Keluarga Diberkati, Bahagia & Saling Mengasihi

Kristenly.com – Setiap tindakan yang orang lakukan mencerminkan karakter terbentuk ketika dalam keluarga. Pada ayat Alkitab tentang keluarga, Tuhan Yesus memberikan firman-Nya tentang betapa pentingnya menjaga keutuhan serta keharmonisan.

Tuhan Yesus mempunyai pernyataan dalam Alkitab tentang keluarga, setiap manusia selalu berangkat dari pendidikan awal keluarganya. Dengan memperlakukan seluruh anggota secara baik, maka bisa memberikan rasa aman dan nyaman.

Pada kenyataannya, tidak semua orang mampu memuliakan keluarganya, seperti ayah dan ibu. Padahal, mereka adalah anggota paling penting untuk memberikan penghormatan. Tuhan Yesus memberikan kemuliaan serta keberkatan kepada keluarga umat Kristen yang memiliki perlakuan baik.

Melalui Alkitab tersebut, Allah telah menyatakan bahwa kehadiran keluarga mampu menjadi pondasi melakukan kegiatan dalam kehidupan nyata. Maka, sangat penting bagi kita semua untuk selalu memberikan kemuliaan kepada seluruh anggota.

Baca juga: 20+ Doa Kristen Untuk Keluarga Agar Sehat dan Selalu Diberkati

1. Janji Tuhan Bagi Setiap Keluarga

ilustrasi keluarga kecil bahagia
ilustrasi keluarga kecil bahagia, sumber gambar: pexels.com

Semua Tindakan yang manusia lakukan tentu dicerminkan dari terbentuknya karakter tersebut dari keluarganya. Untuk itu, Anda pun bisa memaknai pernyataan tersebut dari ayat Alkitab tentang janji tuhan bagi setiap keluarga diberkati, bahagia & saling mengasihi. Berikut beberapa ulasannya.

Mazmur 128:3

Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!

Kisah Para Rasul 16:31

Jawab mereka: ”Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Matius 18:20

Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.

Kejadian 28:14

Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.

Amsal 3:33

Kutuk Tuhan ada di dalam rumah orang fasik, tetapi tempat kediaman orang benar diberkati-Nya.

Baca juga: 20 Lirik Lagu Rohani Kristen Tentang Keluarga Terbaik 2022

2. Ayat Alkitab tentang Keluarga yang Diberkati

ilustrasi keluarga yang diberkati
ilustrasi keluarga yang diberkati, sumber gambar: pexels.com

Setiap tindakan yang orang-orang lakukan tentunya mencerminkan karakter dari tiap keluarganya, Anda bisa memahaminya melalui beberapa ayat Alkitab tentang rumah tangga kristen yang diberkati. Penting bagi seluruh umat manusia untuk selalu menjaga keharmonisan dan keutuhan dalam rumah tangga. Cek ulasan di bawah ini.

Amsal 20:7

Orang benar yang bersih kelakuannya – berbahagialah keturunannya.

Amsal 23:24

Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia.

Mazmur 112:1-3

Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.

Mazmur 127:3

Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah.

1 Tawarikh 17:27

Kiranya Engkau sekarang berkenan memberkati keluarga hamba-Mu ini, supaya tetap ada di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Sebab apa yang Engkau berkati, ya Tuhan, diberkati untuk selama-lamanya.”

Ulangan 12:28

Dengarkanlah baik-baik segala yang kuperintahkan kepadamu, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian untuk selama-lamanya, apabila engkau melakukan apa yang baik dan benar di mata Tuhan, Allahmu.”

Amsal 29:17

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Habakuk 2:9

Celakalah orang yang mengambil laba yang tidak halal untuk keperluan rumahnya, untuk menempatkan sarangnya di tempat yang tinggi, dengan maksud melepaskan dirinya dari genggaman malapetaka!

Imamat 19:17

Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah enkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.

Imamat 25:35

Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga tidak sanggup bertahan di antaramu, maka engkau harus menyokong dia sebagai orang asing dan pendatang, supaya ia dapat hidup di antaramu.

Efesus 5:33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Amsal 31:10 dan 31

Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. … Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!

Efesus 5:22-23

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

1 Petrus 3:1-2

Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.

1 Timotius 3:11

Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal.

Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Efesus 5:28

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

Pengkhotbah 9:9

Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan Tuhan kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.

1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Baca juga: 40 Ayat Alkitab Tentang Masalah Keluarga dan Rumah Tangga

3. Ayat Alkitab yang Khusus Sebagai Pedoman Anak-anak

ilustrasi orang tua membimbing anaknya
ilustrasi orang tua membimbing anaknya, sumber gambar: pexels.com

Tuhan Yesus memiliki pernyataan di dalam ayat Alkitab tentang rumah tangga kristen. Setiap manusia akan mendapatkan Pendidikan pertamanya dari kedua orang tuanya. Begitupun pada penjelasan ayat Alkitab yang khusus sebagai pedoman anak-anak berikut ini.

Amsal 19:18

Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya.

Efesus 6:2-3

Hormatilah ayahmu dan ibumu – ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Kolose 3:20

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Ulangan 6:7

Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Keluaran 20:12

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Amsal 1:8

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Amsal 1:10

Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut.

Matius 15:4

Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.

Amsal 15:20

Anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya.

Ulangan 5:16

Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Matius 19:19

Hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Amsal 6:20

Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Mazmur 127:4

Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Amsal 20:11

Anak-anak pun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya.

1 Raja-raja 3:14

Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu.

Mazmur 119:9

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Mazmur 144:12 TB

Semoga anak-anak lelaki kita seperti tanam-tanaman yang tumbuh menjadi besar pada waktu mudanya; dan anak-anak perempuan kita seperti tiang-tiang penjuru, yang dipahat untuk bangunan istana!

Amsal 29:15

Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.

Ibrani 12:5

Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: ”Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya.

Baca juga: 19 Ayat Alkitab Tentang Mendidik Anak Dengan Baik

4. Ayat Alkitab Agar Keluarga Hidup dalam Kebenaran

ilustrasi keluarga hidup dalam kebenaran
ilustrasi keluarga hidup dalam kebenaran, sumber gambar: pexels.com

Dalam faktanya, tidak semua orang bisa dengan mudah mampu memuliakan keluarganya, terutama kedua orang tuanya. Padahal mereka juga menjadi anggota penting guna memberikan penghormatan. Begitu pun pada ayat Alkitab agar keluarga hidup dalam kebenaran di bawah ini.

Ulangan 29:18

Sebab itu janganlah di antaramu ada laki-laki atau perempuan, kaum keluarga atau suku yang hatinya pada hari ini berpaling meninggalkan Tuhan, Allah kita, untuk pergi berbakti kepada allah bangsa-bangsa itu; janganlah di antaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh.

Efesus 5:21

Dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Kejadian 35:2

Lalu berkatalah Yakub kepada seisi rumahnya dan kepada semua orang yang bersama-sama dengan dia: ”Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu.

Kejadian 18:19

Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya Tuhan memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.

Yosua 24:15

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada Tuhan, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!

Kisah Para Rasul 10:2

Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.

Roma 12:5

Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

Titus 2:6-7

Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu. 

Baca juga: 12 Renungan Kristen Tentang Keluarga Bahagia dan Sejahtera

5. Ayat Alkitab Tentang Keluarga yang Harus Menjaga dan Mengasihi Satu Sama Lain

ilustrasi keluarga saling menjaga dan mengasihi
ilustrasi keluarga saling menjaga dan mengasihi, sumber gambar: pexels.com

Melalui ayat Alkitab tentang keluarga yang harus menjaga dan mengasihi satu sama lain dimana Allah pun telah menyatakan bahwa kehadiran mereka menjadi pondasi. Maka dari itu, sangat penting bagi semua orang agar selalu memberikan kemuliaan. Berikut ini beberapa ulasannya.

1 Timotius 5:8

Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman. 

1 Petrus 3:8

Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati.

Galatia 6:2

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Efesus 4:25

Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

1 Yohanes 2:10

Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan.

Mazmur 133:1

Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

Roma 14:10

Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.

Amsal 22:6

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Efesus 6:4

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Kolose 3:21

Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Filipi 2:1-2

Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.

Filipi 2:4-5

Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.

Roma 12:10

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Kolose 3:13

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Amsal 11:29

Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.

1 Yohanes 4:20

Jikalau seorang berkata: ”Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

1 Petrus 4:8

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

Baca juga: Bahan Khotbah Kristen Ibadah Rumah Tangga

Sebagai bentuk penyembahan dan peningkatan keimanan, sebagai umat Kristen sejati harus menghayati makna Alkitab secara menyeluruh. Salah satunya ialah tentang keluarga yang menjadi rumah paling baik serta sandaran setiap kali menemukan berbagai rintangan kehidupan.

Menghayati makna ayat Alkitab tentang keluarga dan rumah tangga kristen, semoga memberikan kepercayaan untuk semakin menjaga rasa keutuhan bersama. Selain itu, dapat menjadi bentuk lebih mensyukuri keberkahan Tuhan atas hadirnya pendengar serta tempat pulang dari penatnya kehidupan dunia.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!