19 Ayat Alkitab Tentang Kerinduan dengan Seseorang

Kristenly.com – Semua orang pasti pernah merasakan kerinduan ketika ditinggal pasangannya pergi. Bahkan saking rindunya, menggunakan barang pasangan atau mengingat kenangan bersama sebagai obat rindu. Untuk mencari penawar terbaik, renungkan ayat Alkitab tentang kerinduan dengan seseorang.

Kerinduan akan hadirnya pasangan atau seseorang terdekat dari kita sering menghampiri ketika tidak bisa bertemu, perasaan rindu muncul karena hati dan pikiran sedang implisit serta teringat kenangan ketika bersama sehingga timbul rasa rindu.

Rasa rindu tidak hanya ditujukan kepada pasangan tetapi juga bisa kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan juga teman, kedekatan seseorang membuat jalinan ikatan batin kuat sehingga ketika tidak bersama akan merasakan kehilangan dan kerinduan.

Sebagian dari manusia tidak bisa menyadari perasaan rindu yang muncul, hanya merasakan kegundahan saja apabila tidak bertemu dengan orang yang sebenarnya dirindukan. Sehingga pelampiasan rasa ini bisa salah sasaran seperti menjadi mudah marah.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mimpi

Daftar Ayat Alkitab tentang Kerinduan

ilustrasi wanita merindukan seseorang
ilustrasi wanita merindukan seseorang, sumber gambar: pexels.com

Sebenarnya kerinduan tidak dapat didefinisikan secara detail. Tetapi secara garis besar, rasa ini merupakan perasaan yang wajar muncul karena tidak dapat berjumpa pada orang yang dekat dengan kita.

Untuk lebih mampu mengelola kangen secara baik, baca ayat Alkitab tentang kerinduan dengan seseorang, orang tua, pacar, ayah, ibu, adik, teman, sahabat, kekasih, suami, istri, dan sebagainya berikut ini.

1. 1 Tesalonika 52:17

“Tetapi kami, saudara-saudara, yang seketika terpisah dari kamu, jauh di mata, tetapi tidak jauh di hati, sungguh-sungguh, dengan rindu yang besar, telah berusaha untuk datang menjenguk kamu.”

2. Kejadian 1:30

“Maka sekarang, kalau memang engkau harus pergi, semata-mata karena sangat rindu ke rumah ayahmu, mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?.”

3. Ayub 18:15

“Maka Engkau akan memanggil, dan aku pun akan menyahut; Engkau akan rindu kepada buatan tangan-Mu.”

4. Ayub 18:27

“yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku sendiri menyaksikan-Nya dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.”

5. Mazmur 19:1

“Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair.”

6. Mazmur 19:20

“Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu.”

7. Ulangan 5:32

“Anak-anakmu lelaki dan anak-anakmu perempuan akan diserahkan kepada bangsa lain, sedang engkau melihatnya dengan matamu sendiri, dan sehari-harian engkau rindu kepada mereka, dengan tidak dapat berbuat apa-apa.”

8. Mazmur 19:40

“Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!.”

9. Mazmur 19:174

“Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya Tuhan, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku.”

10. Yoel 29:20

“Juga binatang-binatang di padang menjerit karena rindu kepada-Mu, sebab wadi telah kering, dan api pun telah memakan habis tanah gembalaan di padang gurun.”

Baca juga: 3 Renungan Rohani Kristen Tentang Rendah Hati Terbaik 2022

11. Matius 40:37

“Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.”

12. Lukas 42:34

“Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.”

13. Roma 45:19

“Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.”

14. Ibrani 58:14

“Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.”

15. 2 Korintus 47:2

“Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini.”

16. Ulangan 5:65

“Engkau tidak akan mendapat ketenteraman di antara bangsa-bangsa itu dan tidak akan ada tempat berjejak bagi telapak kakimu; Tuhan akan memberikan disana kepadamu hati yang gelisah, mata yang penuh rindu dan jiwa yang merana.”

17. Filipi 50:26

“Karena ia sangat rindu kepada kamu sekalian dan susah juga hatinya, sebab kamu mendengar bahwa ia sakit.”

18. Yeremia 24:14

“sehingga dari sisa Yehuda, yang telah pergi ke tanah Mesir untuk tinggal sebagai orang asing di sana, tidak ada seorangpun yang terluput atau terlepas untuk kembali ke tanah Yehuda, ke mana hati mereka sangat rindu untuk diam di sana lagi; sungguh, mereka tidak akan kembali, kecuali beberapa orang pengungsi.”

19. Lukas 42:15

“Kata-Nya kepada mereka: “Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.”

Baca juga: 25 Ayat Alkitab Tentang Keberanian dan Menjadi Berani

Kerinduan akan hadirnya seseorang bisa membuat hidup terasa kacau. Oleh karena itu, ketika rindu pasti kita berusaha menghubungi kembali orang tersebut. Akan tetapi apakah Anda pernah rindu kepada Yesus? Kalau pernah, sungguh hal itu adalah nikmat yang luar biasa.

Melalui pembahasan ayat Alkitab tentang rindu seseorang ini, semoga umat kristiani senantiasa sadar akan kerinduan-kerinduannya sehingga tidak salah mengartikannya lagi. Selain itu, rasa rindu dapat mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!