101 Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Hati & Hidup Dalam Masalah

Kristenly.com – Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tidak semua yang diinginkan akan dikabulkan langsung oleh Tuhan, tentunya ada beberapa diantaranya ditunda untuk diterima permohonanNya karena Allah pun tahu mana lebih baik sehingga penting memahami ayat Alkitab tentang kesabaran hati dan hidup dalam masalah.

Oleh karena itu, sebagai umat manusia pun harus memiliki kesabaran yang ekstra, pasalnya dengan banyaknya permasalahan dialami mereka tentu membuatnya sabar untuk menghadapinya semua. Berbagai masalah pun dapat dihadapi seperti cinta, keuangan, keluarga dan masih banyak lagi.

Kesabaran yang dimiliki oleh manusia tentunya memiliki tingkatan berbeda setiap orangnya. Untuk itu, jangan pernah membuat mereka merasa marah atau tersulut emosinya. Begitupun ketika hendak menghadapi berbagai kejadian di bumi ini perlu dihadapi dengan sabar.

Sebenarnya ada banyak ayat Alkitab yang membahas mengenai sifat sabar dari orang-orang ini, artinya tiap manusia pun mampu menjadikannya sebagai pedoman dan alasan untuk selalu mempertahankan kesabaran tersebut.

Baca juga: 55 Kata-Kata Bijak Kristen Tentang Kesabaran Hati yang Menguatkan

Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Hati

ilustrasi Alkitab membahas kesabaran hati dan hidup
ilustrasi Alkitab membahas kesabaran hati dan hidup, sumber gambar: unsplash.com

Berikut ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang kesabaran dalam masalah yang membahas tentang kesabaran ketika menghadapi suatu masalah, tentunya setiap orang-orang pun memiliki berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri.

Kolose 3:13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Dijelaskan kepada semua umat untuk bisa terus bersabar dalam segala macam hal yang dihadapi, ketika merasa disakiti oleh orang lain, maafkanlah mereka bahkan kepada orang yang dendam sekalipun, selayaknya Tuhan yang selalu mengampuni manusia, maka lakukanlah hal yang sama kepada manusia yang lainnya.

Kepada kita semua diberikan pengingat, jika memang ada seseorang yang menaruh dendam kepada kita, harap ampunilah orang tersebut dan kemudian bersabarlah perihal itu, sungguh Tuhan juga melakukan hal yang sama terhadap kita semua, memberikan pengampunan perihal dosa dan kesalahan yang kita lakukan.

1 Korintus 13:4

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

Diberikan penjelasan dalam ayat ini kepada semua manusia bahwa apa yang sabar itu adalah kasih, yang sangat murah hati juga adalah kasih, tidak pernah cemburu dan juga tidak pernah mau menyombongkan dirinya, itulah kiranya gambaran orang atau manusia yang diberikan kasih oleh Tuhan.

Sebagai bagian dari buah rohani, kesabaran harus bisa dimiliki oleh setiap orang tanpa terkecuali, bahkan hal tersebut harus selalu bisa terpancar dari kehidupan yang ada dan dijalani. Bila bahkan kita semua mengaku diri sebagai orang Kristen tetapi malah tidak memiliki sikap sabar tersebut, maka karena itulah kiranya kita mesti bertaubat.

Karena memang hanya dengan kesabaran itulah, seseorang bahkan bisa melihat berbagai macam hal yang bermuatan positif meskipun orang tersebut ada di tengah-tengah kesulitan.

Amsal 15:18

“Jadilah orang yang sabar untuk mencegah pertengkaran dan jangan jadi pemarah untuk memulai pertengkaran.”

Dijelaskan pada ayat ini bahwa siapa saja yang memiliki sifat pemarah maka hanya akan bisa menimbulkan pertengkaran, sementara manusia yang memiliki sifat sabarlah yang baik karena tidak akan menimbulkan hal yang demikian.

Semua orang yang marah nantinya hanya akan bisa menimbulkan sebuah pertengkaran yang tentu saja tidak disukai Tuhan. Maka hendaklah bersabar dalam perkara apapun, sebab orang yang sabar itulah yang kemudian bisa memadamkan perbantahan yang ada.

Pengkhotbah 10:4

“Pengkhotbah bilang bahwa jika kita marah berdiam dirilah dan bersabarlah agar terhindar dari masalah-masalah yang lebih besar lagi.”

Dari ayat ini dijelaskan kepada semua manusia apabila rasa marah yang ada dalam diri kemudian menjadi menguasai, maka cara terbaik untuk bisa dilakukan agar bisa meredamnya adalah dengan tidak beranjak dari tempat yang telah dipijak dari awal, sabar menjadi kunci agar pertengkaran tidak terjadi, maka tetaplah bersabar oleh karena itu.

Jangan sampai kita semua membiarkan perasaan marah atau amarah menguasai diri, hendaklah bisa tetap bersabar karena hal tersebut. Tetaplah juga berada di tempat kamu sekalian, agar memang bisa terkontrol emosi yang dirasakan. Hal tersebut tentunya bisa mencegah segala macam hal yang bisa terjadi karena amarah yang dirasakan.

Amsal 16:32

“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

Dijelaskan untuk semua manusia yang memiliki sifat sabar pada dasarnya ia adalah seseorang yang bisa dikatakan melebihi seorang pahlawan, begitu pula pada orang-orang yang mampu mengontrol dan menguasai dirinya.

Meskipun memang sulit sekali untuk bisa sabar tetapi cobalah untuk bisa melakukannya. Meskipun juga sulit untuk menemukan orang yang sabar pada masa sekarang ini, tetapi kamu harus tetap bisa melakukannya. Bahkan banyak sekali orang yang mendapatkan pekerjaan yang ringan perkara gajinya, tetapi tetap saja tidak mau memberikan effort lebih di dalam pekerjaan yang dilakukannya.

Habakuk 2:3

“Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.”

Pada ayat ini dijelaskan nantikan hal baik apapun yang telah dijanjikan tentunya tetap di dalam ketaatan.

Menantikan segala macam hal dalam hidup ini haruslah menjadi hal yang bisa terus dilakukan, kadang juga memang menjadi sesuatu yang menjenuhkan, dan juga membutuhkan kesabaran yang lebih, tetapi tetaplah berusaha untuk kemudian bisa melakukannya.

Yesaya 46:4

“Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.”

Yesaya 42:5-6

“Allah berjanji untuk datang menjadi penyelamat umat manusia.”

Yesaya 40:31

“tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Yesaya 30:18

“Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!”

Baca juga: 6 Renungan Rohani Kristen Tentang Kesabaran Hati dalam Masalah

Yeremia 32:40

“perjanjian Allah mengenai keselamatan.”

Yehezkiel 25:14

“mengatakan bahwa biarkan urusan balas membalas di tangan Tuhan karena Ia lah yang berhak membalas perbuatan jahat.”

Yakobus 5:9

“menuliskan bahwa janganlah kita bersungut-sungut dan saling menyalahkan satu dengan yang lainnya.”

Yakobus 5:7-8

“mengatakan bahwa kita harusnya bersabar dan berbesar hati untuk menunggu kedatangan Tuhan karena kedatangan hari Tuhan sudah dekat.”

Yakobus 1:19-20

“Kitab Yakobus mengingatkan kita untuk lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara dan jangan mudah marah karena marah tidak menghasilkan apa-apa.”

Wahyu 3:11

“Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.”

Wahyu 14:12

“kesabaran kita berkaitan dengan kualitas hubungan antara kita dengan Allah. Ketekunan orang-orang kudus menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.”

Ulangan 31:8

“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Titus 1:7

“menuliskan bahwa pimpinan haruslah tidak cacat maksudnya adalah cacat rohani, tidak sombong, bukan pemarah, bukan peminum, bukan pemberang, dan tidak serakah.”

Titus 1:1-3

“Tuhan berjanji memberikan perlindungan dari zaman sebelum dibentuk.”

Roma 8:25

“Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun.”

Roma 5:3

“mengatakan jika kesengsaraan akan menimbulkan ketekunan.”

Roma 15:5

“Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus”

Roma 12:12

“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!”

Roma 1:16

“Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.”

Baca juga: 52 Ayat Alkitab Tentang Rendah Hati Dalam Kristen

Pengkhotbah 7:9

“menuliskan bahwa jangan mudah marah karena marah dapat membuatmu terlihat bodoh.”

Pengkhotbah 7:8

“Menjadi seorang penyabar lebih baik dibandingkan dengan tinggi hati.”

Yohanes 3:36

“Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

Mazmur 7:11

“berkata bahwa Allah merupakan Allah yang bisa murka tetapi Ia pun Hakim yang adil. Jadi tenanglah karena kita mempunyai Haim di atas segala hakim.”

Mazmur 5:3

“Perhatikanlah teriakku minta tolong, ya Rajaku dan Allahku, sebab kepada-Mulah aku berdoa.”

Mazmur 4:4

“menurut Mazmur, jika kita marah sebaiknya kita tetap berdiam diri dan jangan menambah dosa lainnya.”

Mazmur 37:7-8

“jangan marah kepada orang yang berhasil karena hasil menipu karena hanya membawa kejahatan tetap berdiam diri dan nantikan Tuhan.”

Mazmur 37:7

“Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya.”

Mazmur 30:5

“Nyanyikanlah mazmur bagi TUHAN, hai orang-orang yang dikasihi-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus!”

Mazmur 27:14

“Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!”

Mazmur 2:12

“menuliskan bahwa jangan sekali-kali kita membuatNya murka karena Ia mudah sekali murka dan kita akan binasa. Tetapi berlindunglah dalamNya.”

Mazmur 103:8

“TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.”

Matius 28:20

“Allah menyertai kita sampai akhir zaman.”

Matius 24:42

“Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.”

Matius 24:13

“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”

Matius 11:28

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Korintus 13:4

“Jika kita mempunyai kasih dalam diri kita maka kita menjadi orang yang sabar, murah hati, tidak cemburuan, tidak memegahkan diri sendiri, dan tidak sombong.”

Kolose 3:8

“kitab kolose mengajarkan kita untuk membuang kebiasaan buruk kita seperti marah, geram, perbuatan kejahatan, fitnah, dan kata-kata kotor yang keluar dari mulut kita.”

Yohanes 1:3-4

“mengatakan ujian iman menghasilkan ketekunan. Karena ketekunan akan menjadikan kita sempurna dan utuh serta tak kekurangan suatu apa pun.”

Kolose 3:12

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

Baca juga: 15 Ayat Alkitab Tentang Kemurahan Hati Tuhan

Keluaran 14:14

“TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

Joel 2:13

“Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.”

Ibrani 6:12

“orang yang percaya kepada Tuhan apa yang dijanjikanNya dengan sabar akan mewarisi kerajaanNya.”

I Korintus 2:5

“bergantunglah pada Tuhan karena Ia sumber kekuatan.”

I Korintus 1:24

“bagi mereka orang yang percaya Kristus adalah kekuatan dan hikmat Allah.”

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Sabar dalam Pencobaan

ayat Alkitab tentang sabar dalam pencobaan
ayat Alkitab tentang sabar dalam pencobaan, sumber gambar: pexels.com

Cobaan dalam hidup manusia memang tidak ada habisnya. Agar lebih sabar dan menerimanya, berikut ini kumpulan ayat alkitab tentang sabar dalam pencobaan. Ingatlah bahwa Tuhan tidak akan menguji hambaNya diluar kemampuannya sehingga yakinlah jika bisa melewatinya atas kehendakNya.

Habakuk 2:15

“Jangan memancing kemarahan temanmu apa lagi jika mengumbar kejelekannya.”

Galatia 5:22

“Galatia menuliskan bahwa kesabaran merupakan buah Roh dari 9 buah roh yang ada yakni kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikkan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.”

Galatia 5:19

“Jangan menuruti daging karena keinginan daging adalah percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, egois, percideraan, dan roh pemecah.”

Filipi 4:7

“damai sejahtera dari Allah akan memelihara kita.”

Filipi 4:19

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Filipi 2:13

“Allah mengerjakan apa pun di dalam kita menurut kerelaanNya.”

Filipi 1:6

“Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”

Efesus 6:4

“Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Efesus 6:10-11

“jadilah kuat di dalam Tuhan dan di dalam kuasaNya sehingga kita bertahan melawan tipu daya iblis.”

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Pengendalian Diri Dalam Kehidupan

Efesus 4:31

“mengingatkan kita bahwa jangan ada kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, fitnah, dan segala kejahatan apa pun berdiam dalam diri kita.”

Efesus 4:26

“Jangan marah sampai berlarut-larut dan membuat dosa.”

Efesus 4:2

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.”

Amsal 30:33

“menurut kitab amsal, kemarahan akan menimbulkan pertengkaran. Jadi berdiamlah dalam kasih.”

Amsal 3:5

“percayalah sepenuhnya kepada Tuhan dan jangan berpegang pada pengertian diri sendiri.”

Amsal 29:11

“Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.”

Amsal 25:15

“Amsal mengatakan dengan kesabaran seorang yang mempunyai kuasa pun dapat diyakinkan dan tutur kata yang lembut dapat menenangkan.”

Amsal 22:24-24

“Perhatikanlah pergaulanmu, jangan bergaul dengan seorang yang mudah gusar dan pemarah karena hal ini akan mempengaruhi kehidupanmu.”

Amsal 21:19-20

“Amsal menyuruh kita untuk tidak marah kepada orang jahat dan iri kepada orang fasik karena tidak ada masa depan bagi penjahat dan pelita orang fasik akan padam.”

Amsal 21:14

“mengatakan “Pemberian dengan sembunyi-sembunyi memadamkan marah, dan hadiah yang dirahasiakan meredakan kegeraman yang hebat.”

Amsal 20:3

“Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.”

Amsal 19:19

“Orang yang cepat marah akan kena batunya dan jangan sekali-kali untuk menolongnya karena akan memperparah kemarahannya.”

Amsal 19:11

“Amsal mengatakan bahwa orang yang mempunyai akal budi akan lebih panjang sabar dan lebih memaafkan.”

Amsal 16:4

“tenanglah, Tuhan menciptakan sesuatu dengan tujuannya masing-masing.”

Yohanes 14:16

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya”

Amsal 15:8

“mengatakan bahwa baiknya kita berdoa dengan jujur kepada Tuhan karena itu yang berkenan di hadapanNya.”

Yohanes 14:20

“Percayalah, Tuhan selalu menyertai kita karena kita di dalamNya dan dia di dalam kita.”

Amsal 15:1

“Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.”

Amsal 14:29

“Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.”

Amsal 14:17

“jadilah orang yang bijaksana dan bersabar jangan menjadi orang yang cepat naik pitam dan berlaku bodoh.”

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Evaluasi Diri dan Introspeksi Diri

Amsal 10:28

“Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.”

2 Timotius 4:2

“Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.”

2 Timotius 4:18

“Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.”

2 Timotius 2:24-25

“Timotius mengatakan bahwa hamba Tuhan tidak boleh bertengkar melainkan harus ramah kepada semua orang. Seorang hamba Tuhan harus cakap mengajar, sabar, dan lemah lembut karena bukan hal yang tidak mungkin bagi Tuhan untuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertobat dan memimpin mereka kembali kepada jalan kebenaran”

2 Timotius 1:8

“janganlah malu bersaksi tentang Tuhan dan ikutlah menderita bagi injil oleh kekuatan Allah.”

2 Tesalonika 3:3

“Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.”

2 Petrus 3:9

“Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.”

2 Petrus 3:8

“Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

1 Yohanes 5:18

“Tuhan melindungi kita dari si jahat.”

1 Timotius 1:16

“Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.”

1 Tesalonika 2:13

“Firman Allah bekerja bagi orang yang percaya padaNya.”

1 Petrus 5:7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

1 Petrus 1:5

“karena iman kita dipelihara Allah dan menantikan keselamatan yang dijanjikan di akhir zaman.”

Yesaya 51:16

“Allah melindungi kita di bawah naunganNya.”

1 Korintus 1:8-9

“Tuhan akan meneguhkan kita sampai pada kesudahan dan memanggil kita ke dalam perjamuanNya.”

1 Korintus 1:18

“Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.”

Yohanes 17:12

“Tuhan memberikan penjagaan agar kita tidak beroleh binasa.”

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Bersikap Tenang dalam Berbagai Hal

Ayat Alkitab tentang kesabaran hati, jiwa, hidup dalam masalah di atas yang membahas mengenai kesabaran untuk menghadapi suatu masalah dapat Anda jadikan sebagai alasan dalam mempertahankan sifat tersebut. Selain itu juga wajib menerapkannya ketika dihadapkan dengan permasalahan.

Permasalahan yang dihadapi oleh setiap orang memang berbeda-beda, tentu Anda pun mengakuinya sehingga harus diselesaikan dengan caranya sendiri-sendiri. Salah satu sifat paling utama untuk menghadapinya adalah selalu sabar dan tidak terburu-buru menentukan suatu solusi.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!