21 Ayat Alkitab Tentang Keserakahan dan Ketamakan dalam Kristen

Kristenly.com – Manusia mempunyai sifat atau karakter yang sangat beragam, di dunia ini mempunyai banyak sekali penghasut sehingga menjerumuskan manusia ke dalam lubang serakah. Itu semua adalah perbuatan setan, maka hilangkan dengan merenungkan ayat Alkitab tentang keserakahan dan ketamakan.

Hal-hal jahat yang ada dalam kehidupan tidak mempunyai sedikitpun sisi kebermanfaatannya. Dengan begitu, dunia beserta isinya hanyalah tipuan belaka. Namun, masih banyak sekali orang terjerumus ke dimensi hampa tersebut.

Rasa serakah akan memiliki semua hal bisa membuat buta mata hati, kerugian bukan hanya bagi orang lain, tetapi untuk diri sendiri. Tuhan yang selalu ada terasa menjauh, ini semua tentu akibat ulah manusia itu. Yesus Kristus tidak pernah pergi ke mana-mana.

Fakta bahwa dunia yang gemerlap ini membutakan manusia, bisa dilihat buktinya dari banyak hal. Ketamakan justru akan menjauhkan diri dari kehidupan kebahagiaan hakiki berupa surga. Maka, ayat Alkitab bisa menjadi petunjuk sekaligus penerang.

Baca juga: 8 Ayat Alkitab Tentang Korupsi dan Suap, Harus di Hindari!

Daftar Ayat Alkitab Tentang Keserakahan

ilustrasi orang serakah
ilustrasi orang serakah, sumber gambar: pexels.com

Uang, jabatan, kekayaan, dan gemerlapnya dunia memang begitu menggiurkan, hal tersebut kemudian membawa manusia menuju jurang ketamakan. Segera tersadarlah dan baca sejumlah ayat Alkitab tentang keserakahan dan ketamakan berikut ini.

1. Efesus 5:3

“Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.”

2. Roma 13:6

“Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah.”

3. 1 Yohanes 2:16

“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.”

4. Pengkhotbah 5:10

“Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya.”

5. Ibrani 13:5

“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Baca juga: 7 Ayat Alkitab tentang Jangan Mengambil Hak Orang Lain

6. Lukas 12:15

“Kata-Nya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.”

7. Matius 6:24

“Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

8. Amsal 11:28

“Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.”

9. 1 Korintus 6:9-10

“Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.”

10. Amsal 13:11

“Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.”

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Tentang Fitnah dan Tokoh Alkitab yang Mengalaminya

11. Amsal 14:31

“Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia.”

12. Amsal 15:27

“Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup.”

13. Amsal 22:1

“Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.”

14. Mazmur 119:36

“Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba.”

15. Matius 6:19-20

”Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”

16. Markus 8:36

“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.”

17. Pengkhotbah 5:15

“Ini pun kemalangan yang menyedihkan. Sebagaimana ia datang, demikian pun ia akan pergi. Dan apakah keuntungan orang tadi yang telah berlelah-lelah menjaring angin?”

18. Kolose 3:5

“Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala”

19. Keluaran 20:17

“Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.”

20. Amsal 23:4

“Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini.”

21. Amsal 21:26

“Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar memberi tanpa batas.”

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Bergosip / Ngrasani (Jawa)

Mencintai dunia dan seisinya tidak akan membawa manusia ke kebahagiaan sesungguhnya, semua adalah titipan serta cobaan supaya mampu melewatinya. Tuhan Yesus selalu berpesan lewat Alkitab agar kita semua terhindar dari sifat serakah.

Menjalankan kehidupan yang seimbang akan membawa ke jalan penuh keberkatan. Dengan merenungkan makna ayat Alkitab tentang keserakahan dan ketamakan, semoga kita semua terhindari dari sikap roh jahat tersebut.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!