8 Ayat Alkitab Tentang Korupsi dan Suap, Harus di Hindari!

Kristenly.com – Saat ini persaingan dalam dunia kerja sangatlah ketat. Dengan begitu, banyak sekali kasus korupsi oleh para pejabat pemimpin negeri. Dengan adanya ayat Alkitab tentang korupsi dan suap memberikan pelajaran hidup sangat berharga.

Mendengar berita korupsi yang semakin banyak sekarang ini sangat disayangkan. Jabatan besar diberikan oleh rakyat kepada para pejabat justru disalahgunakan, kejadian tersebut memberikan dampak kerugian sangat besar.

Korupsi merupakan kejahatan sangat besar sehingga Tuhan Yesus langsung memberikan teguran, harta dan kekayaan yang berlimpah sering membuat manusia kalap sehingga termakan bisikan roh jahat untuk mengambil keuntungan sendiri.

Pengajaran tentang dampak besar kejahatan korupsi telah tertulis dalam Alkitab, perbuatan jahat tersebut harus menjadi pelajaran sejak masih kanak-kanak. Penanaman kejujuran serta rasa syukur dalam diri merupakan pedoman amal yang bagus.

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Membicarakan Keburukan Orang Lain

Daftar Ayat Alkitab Tentang Korupsi

ilustrasi orang korupsi tertangkap
ilustrasi orang korupsi tertangkap, sumber gambar: pixabay.com

Menjalankan berbagai rintangan kehidupan tentu memiliki sebuah pengorbanan, dunia dan seisinya merupakan sebuah tipuan belaka sehingga sering membutakan manusia untuk melakukan kegiatan memperkaya diri. Berikut adalah ayat Alkitab tentang korupsi dan suap sebagai bentuk perenungan.

1. Yehezkiel 22:12,15

“Padamu orang menerima suap untuk mencurahkan darah, engkau memungut bunga uang atau mengambil riba dan merugikan sesamamu dengan pemerasan, tetapi Aku kau lupakan, demikianlah firman Tuhan ALLAH &. Aku akan menyerakkan engkau di antara bangsa-bangsa dan menghamburkan engkau ke semua negeri dan Aku akan mengikis kenajisanmu dari padamu.”

2. Ulangan 27:25

“Terkutuklah orang yang menerima suap untuk membunuh seseorang yang tidak bersalah. Dan seluruh bangsa itu harus berkata: Amin!”

3. Keluaran 23:8

“Suap janganlah kau terima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutar balikkan perkara orang-orang yang benar.”

4. Amsal 15:27

“Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup.”

5. Pengkhotbah 7:7

“Sungguh, pemerasan membodohkan orang berhikmat, dan uang suap merusakkan hati.”

Baca juga: 43 Ayat Alkitab Tentang Marah dan Mengendalikan Diri dari Amarah

6. Yesaya 5:22-24

“Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras; yang membenarkan orang fasik karena suap dan yang memungkiri hak orang benar. Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman yang Mahakudus, Allah Israel.”

7. Yesaya 1:23-24

“Para pemimpinmu adalah pemberontak dan bersekongkol dengan pencuri. Semuanya suka menerima suap dan mengejar sogok. Mereka tidak membela hak anak-anak yatim, dan perkara janda-janda tidak sampai kepada mereka. Sebab itu demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam, yang Maha Kuat pelindung Israel; Ha, Aku akan melampiaskan dendam-Ku kepada para lawan-Ku, dan melakukan pembalasan kepada para musuh-Ku.”

8. Ulangan 16:19

“Janganlah memutarbalikkan keadilan, janganlah memandang bulu dan janganlah menerima suap, sebab suap membuat buta mata orang-orang bijaksana dan memutarbalikkan perkataan orang-orang yang benar.”

Baca juga: 12 Ayat Alkitab Tentang Penghinaan Agama yang Harus Dipahami

Semakin ketatnya persaingan pekerjaan dan kejamnya dunia, membuat pedoman hidup anti korupsi harus ditanamkan sejak dini. Tuhan Yesus Kristus tidak menyukai tindakan penuh keserakahan tersebut sehingga jauh dari keberkatan.

Perilaku korupsi sangat merugikan orang banyak bahkan diri sendiri. Melalui ayat Alkitab tentang korupsi dan suap tersebut, semoga menjadi sebuah pelajaran untuk bisa menghindarinya. Dengan begitu, lebih bersyukur atas keberkahan dari Tuhan Yesus.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!