43 Ayat Alkitab Tentang Makanan Halal dan Haram

Kristenly.com – Seiring berkembangnya zaman, kita bisa dengan mudah menemukan makanan enak serta harganya sangat terjangkau. Namun, masih banyak yang mengabaikan aturan agama dalam memilihnya. Oleh karena itu, ketahui ayat Alkitab tentang makanan halal dan haram.

Seperti yang kita tahu bahwa makanan memegang peranan sangat penting dalam kehidupan. Dengan begitu, harus mampu memilih yang terbaik supaya bisa memberikan kecukupan asupan gizi sehari-harinya.

Tidak hanya tentang kebersihan dan kesehatan makanan, tetapi juga apakah itu halal atau tidak. Pertimbangan ini sangatlah penting karena berkaitan dengan ketaatan kepada perintah dari Tuhan Yesus dan pasti berdampak besar untuk hidup.

Makanan yang banyak sekali jenisnya telah Tuhan tetapkan dan bagi ke dalam kategori halal dan haram. Dengan demikian, telah tertulis jelas mengenai mana yang bisa kita makan dan harus dihindari karena bisa mendapatkan dosa.

Baca juga: Doa Makan Kristen Untuk Anak dan Dewasa yang Penuh Syukur

Daftar Ayat Alkitab Tentang Makanan

ilustrasi Alkitab tentang makanan
ilustrasi Alkitab tentang makanan, sumber gambar: pexels.com

Makan menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup, terlebih manusia. Karena hidup di bawah agama, maka harus mengikuti segala perintah Tuhan. Salah satunya ialah memahami ayat Alkitab tentang makanan halal dan haram berikut ini.

1. Yohanes 7:37

“Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: ”Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!”

2. Yohanes 6:57

“Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.”

3. Yohanes 6:35

“Kata Yesus kepada mereka: ”Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.”

4. Yohanes 6:27

“Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.”

5. Wahyu 3:20

“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.”

6. Ulangan 8:3

“Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan Tuhan.”

7. Ulangan 14:9-10

“Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup di dalam air; segala yang bersirip dan bersisik boleh kamu makan, tetapi segala yang tidak bersirip atau bersisik janganlah kamu makan; haram semuanya itu bagimu.”

8. Roma 14:3

“Siapa yang makan, janganlah menghina orang yang tidak makan, dan siapa yang tidak makan, janganlah menghakimi orang yang makan, sebab Allah telah menerima orang itu.”

9. Pengkhotbah 9:7

“Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.”

10. Pengkhotbah 5:19

“Tidak sering ia mengingat umurnya, karena Allah membiarkan dia sibuk dengan kesenangan hatinya.”

11. Pengkhotbah 5:18

“Setiap orang yang dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya – juga itu pun karunia Allah.”

12. Pengkhotbah 3:12-13

“Aku tahu bahwa untuk mereka tak ada yang lebih baik dari pada bersuka-suka dan menikmati kesenangan dalam hidup mereka. Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.”

13. Nehemia 8:10

“Lalu Nehemia, yakni kepala daerah itu, dan imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yang mengajar orang-orang itu, berkata kepada mereka semuanya: ”Hari ini adalah kudus bagi Tuhan Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!”, karena semua orang itu menangis ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu.”

14. Mazmur 107:9

“sebab dipuaskan-Nya jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan.”

15. Matius 6:33

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

16. Matius 6:25

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?”

17. Matius 5:6

“Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.”

18. Matius 4:4

“Tetapi Yesus menjawab: ”Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

19. Matius 3:4

“Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.”

20. Maleakhi 3:10

“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”

21. Lukas 9:16-17

“Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.”

22. Lukas 12:24

“Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!”

23. Kisah Para Rasul 2:46-47

“Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.”

24. Roma 8:5-8

“Hal ini berarti menjadikan najis, mengotorkan atau mencemarkan. Yesus berkata menajiskan itu termasuk keinginan daging yang bertentangan dengan keinginan Roh Kudus.”

25. Markus 7:19

“Yesus mengatakan semua makanan itu halal”

Ayat Alkitab tentang makanan dalam Markus 7:19 menjelaskan bahwa semua makanan adalah halal untuk dimakan. Sebagai umat Kristiani tidak perlu khawatir jika harus mengkonsumsi berbagai jenis bahan pangan tertentu. Pasalnya di dalam Alkitab khususnya berasal dari firman Tuhan mengatakan jika tidak ada yang haram.

26. Roma 14:17

“Kebenaran, kedamaian dan sukacita adalah hal yang lebih berat. Orang Kristen yang terobsesi dengan makanan akan kehilangan Kerajaan Allah. Hal ayat Alkitab tentang makanan ini bukan ciri-ciri etika Kristen”

Dalam Roma 14:17 menyebut bahwa sukacita, kedamaian dan kebenaran memang menjadi hal yang berat. Mengingat bahwa orang Kristen selalu terobsesi untuk mengonsumsi makanan enak meskipun kurang baik bagi kesehatan. Disebutkan jika mereka tidak akan mendapat Kerajaan Allah setelahnya.

27. 1 Korintus 8:8

“Orang Kristen tidak “lebih baik” jika mereka tidak memperlihatkan rasa syukur pada makanan yang mereka nikmati. Memuliakan Tuhan adalah salah satu tujuan kita ke Gereja”

Korintus 8:8 menyebut jika orang-orang tidak akan lebih baik apabila kurang bersyukur dengan makanan yang sudah diperolehnya. Tindakan ini menjadi salah satu bentuk memuliakan Tuhan termasuk menjalankan tujuan pergi ke gereja.

28. Kolose 2:16

“Tidak ada ayat yang mengatakan, “Janganlah ada yang menilai kamu dalam dusta, kepahitan, atau penyajian.” Ini tidak bermoral. Tetapi Paulus berkata, “Janganlah ada orang yang menghakimi (apa yang kamu makan), karena makanan itu haram”

29. Kisah Para Rasul 10:12-15

“Berbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung termasuk makanan yang haram dan tidak tahir. Tetapi, Tuhan memberitahu Petrus bahwa semua binatang sudah bersih. Perkataan Tuhan merupakan salah satu janji Tuhan bagi orang percaya.”

30. Kejadian 9:3-4

“Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.”

31. Kejadian 1:29

“Berfirmanlah Allah: ”Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.”

32. Joel 1:12

“Pohon anggur sudah kering dan pohon ara sudah merana; pohon delima, juga pohon korma dan pohon apel, segala pohon di padang sudah mengering. Sungguh, kegirangan melayu dari antara anak-anak manusia.”

33. Filipi 4:12

“Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.”

34. Daniel 10:3

“makanan yang sedap tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku dan aku tidak berurap sampai berlalu tiga minggu penuh.”

35. Amsal 30:8

“Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.”

36. Amsal 16:24

“Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”

37. Amsal 11:25

“Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”

38. 2 Korintus 9:10

“Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu”

39. 1 Timotius 6:7-8

“Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.”

40. 1 Petrus 2:2

“Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan”

41. 1 Korintus 10:31

“Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.”

42. 1 Korintus 10:23

”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. ”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

43. Matius 15:11

”Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Dalam Matius 5:11 menjelaskan bahwa tidak ada yang makanan bisa membuat seseorang tak suci. Menajiskan seperti ini berarti menjadikan najis, mencemarkan hingga mengotorkan. Yesus berkata bahwa hal ini juga termasuk ketika keinginan daging bertentangan dengan Roh Kudus.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Roti

Umat Kristen sejati akan melaksanakan segala perintah Tuhan secara sepenuh hati, mengikuti perintah memilih makanan halal dan meninggalkan yang haram merupakan sebuah perwujudan penghambaan serta ketundukan.

Dari adanya ayat Alkitab tentang makanan halal dan haram tersebut, semoga kita selalu bisa mengikuti perintah Tuhan dalam memilih makanan yang halal. Kemudian dapat dijauhkan dari godaan roh jahat dalam memakan makanan haram, hal tersebut karena tidak akan memperoleh keberkatan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!