20 Ayat Alkitab Tentang Malaikat yang Wajib Kristiani Ketahui

Kristenly.com – Istilah malaikat tentu sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang percaya dengan keberadaannya, Alkitab sendiri pun dengan khusus membahasnya. Setiap umat percaya jika mereka merupakan utusan Tuhan guna menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh manusia di bumi ini.

Malaikat merupakan salah satu makhluk surga yang tinggal di surga bersama Allah sekaligus juga melayaniNya. Dia akan datang turun ke bumi hanya ketika mendapatkan tugas dari Tuhan, tugas utamanya yakni menyampaikan firman Tuhan kepada manusia di bumi ini.

Ada banyak firman Tuhan yang bisa disampaikan mulai dari peringatan untuk manusia agar menjauhkan dosa-dosa hingga memberikan hukuman atas kesalahan. Selain itu beberapa diantaranya juga diminta agar memudahkan umat ketika sedang menghadapi suatu masalah.

Sejauh yang ada di dalam penjelasan ayat Alkitab tentang malaikat, sifat mereka adalah abadi dan kekal sekalipun merupakan salah satu bentuk ciptaan Tuhan. Artinya, tidak bisa mengalami kematian jasmani sebagaimana halnya manusia namun bisa melewati kematian rohani.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pemeliharaan Tuhan

Ayat Alkitab Tentang Malaikat

ilustrasi alkitab membahas malaikat
ilustrasi alkitab membahas malaikat, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang malaikat yang membahas salah satu ciptaan Tuhan dimana mereka juga hidup berdampingan dengan manusia. Namun sebenarnya hanya turun ketika mendapat tugas dari Tuhan.

Lukas 20:35-36

[35] tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan.[36] Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.

Matius 22:30

Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

2 Samuel 14:17

Juga hambamu ini berpikir: perkataan tuanku raja tentulah akan menenangkan hati, sebab seperti malaikat Allah, demikianlah tuanku raja, yang dapat membeda-bedakan apa yang baik dan jahat. Dan TUHAN, Allahmu, kiranya menyertai tuanku.”

Lukas 15:10

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Wahyu 14:6

Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,

Ayub 4:15-18

[15] Suatu roh melewati aku, tegaklah bulu romaku.[16] Ia berhenti, tetapi rupanya tidak dapat kukenal. Suatu sosok ada di depan mataku, suara berbisik-bisik kudengar:[17] Mungkinkah seorang manusia benar di hadapan Allah, mungkinkah seseorang tahir di hadapan Penciptanya?[18] Sesungguhnya, hamba-hamba-Nya tidak dipercayai-Nya, malaikat-malaikat-Nyap didapati-Nya tersesat,

Yudas 1:6

Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,

1 Petrus 3:21-22

[21] Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan–maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah–oleh kebangkitan Yesus Kristus,[22] yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

1 Petrus 1:12

Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

Ibrani 12:22

Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

Wahyu 5:11-12

[11] Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,[12] katanya dengan suara nyaring: “Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!”

Mazmur 91:11

sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Mazmur 103:20

Pujilah TUHAN, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya.

Matius 16:27

Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Matius 18:10

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Lukas 4:10

sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau,

Yohanes 20:11-12

[11] Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu,[12] dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.

Kolose 2:18

Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,

Ibrani 13:2

Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

2 Petrus 2:4

Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang malaikat yang penting untuk Anda ketahui sebagai salah satu bentuk mempercayai ciptaan Tuhan di bumi ini.

Di sisi lain, meskipun banyak orang tidak mempercayainya namun sebenarnya jumlah malaikat sangatlah banyak. Bahkan setiap manusia memiliki malaikatnya sendiri bahkan ketika masih berusia anak-anak.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!