6 Ayat Alkitab Tentang Materialisme dalam Ajaran Kristen

Kristenly.com – Kehidupan manusia saat ini mengacu pada gaya hidup yang modern, sehingga membuatnya memandang segala sesuatu dari materi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempelajari ayat Alkitab tentang materialisme dalam ajaran Kristen sehingga anda bisa menghindarinya.

Adanya tuntutan memenuhi kehidupan modern yang memerlukan materi, menjadikan hidup manusia mengacu pada materi. Melihat segala aktivitasnya dari sudut materi yang bisa menghasilkan uang atau keuntungan yang bisa membuatnya senang.

Materialisme sudah tercermin dalam keseharian manusia, mereka menggunakan segala kemampuan untuk menghasilkan materi atau uang. Serta bekerja dengan alasan mencari uang bukan karena panggilan jiwa untuk mengabdikan kemampuan dari Allah.

Kehidupan yang mengejar masalah materi akan merugikan. Mereka akan terus mengejarnya tanpa batas waktu dan ujung, sehingga juga akan melupakan jati dirinya terhadap sang pencipta.

Baca juga: 7 Ayat Alkitab Tentang Hedonisme dalam Kristen

Daftar Ayat Alkitab Tentang Materialisme

ilustrasi orang materialisme
ilustrasi orang materialisme, sumber gambar: unsplash.com

Kehidupan manusia yang selalu serba modern tentu secara tidak langsung berpengaruh pada gaya konsumtif mereka, semua orang akan memandang segala hal dari segi materinya. Fenomena seperti ini pun telah dijelaskan di ayat Alkitab tentang materialisme dalam ajaran Kristen sehingga wajib menjalankannya.

1. Matius 6:19-21

”Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Dalam Matius 6:19 dijelaskan jangan sesekali untuk mengumpulkan harta di bumi hanya karena ingin merusaknya saja, tindakan seperti ini umumnya dilakukan oleh pencuri karena mengambil kekayaan orang lain yang sebenarnya bukan miliknya. Penting hal ini untuk dipahami oleh setiap umat Kristiani.

Sementara dalam Matius 6:20 pun dijelaskan mengenai anjuran untuk mengumpulkan di surga, pasalnya seluruh kekayaan yang ada di tempat abadi ini tidak akan ngengat ataupun rusak sehingga begitu abadi akan dimiliki oleh tiap umat Kristiani. Jadi serahkan seluruhnya kepada Allah terutama masalah rezeki.

2. Matius 6:24

“Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Sementara Matius 6:24 menjelaskan ketika seseorang bisa mengabdi kepada dua tuan secara sekaligus. Pasalnya jika ia membenci lain, maka bisa mengasihi pihak lainnya lagi. Begitupun ketika setia dan memuja pun juga tidak dapat dilakukan bersama-sama dalam satu waktu.

Di dalam Matius 6:24 dijelaskan bahwa Anda tidak bisa mengabdi kepada Allah dan juga Mamon di waktu bersamaan. Sebagai umat Kristiani, sudah seharusnya meminta segala kemudahan harta kepada Tuhan Kristus. Dengan segala pemberian yang penuh kasih tentu akan memberikan kemuliaan.

Baca juga: 27 Ayat Alkitab Tentang Mengalahkan Kebiasaan Buruk

3. Mazmur 23:1

“Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.”

Pemeliharaan hidup dianggap sebagai salah satu janji Tuhan yang pasti ada bagi orang-orang terpercaya, hal ini dapat diibaratkan seperti seorang domba sedang menunggu gembalanya untuk membawa air dan rumput agar memenuhi kebutuhannya seperti halnya ketika mengandalkan Tuhan Kristus.

Yesus akan memimpin kehidupan seluruh umatNya sekalipun sedang mendapati adanya masalah dan merasa kekurangan, bukan berarti Anda bisa mengandalkan kekuatanNya tanpa ada berdoa atau berusaha. Namun usaha tersebut juga harus dibarengi dengan doa kepadaNya agar diberikan terbaik.

4. Matius 6:33

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Ayat berikutnya yakni Matius 6:33 menjelaskan mengenai pengumpulan harta yang selalu dijadikan manusia sebagai alasan bekerja dan beraktivitas lainnya, Yesus menyampaikan jika seluruhnya akan terdengar sia-sia jika hanya mengumpulkan secara duniawi karena melupakan indahnya surga.

Ayat ini juga menjelaskan bahwa sebagai umat Kristiani pun tidak perlu khawatir dalam hal pemenuhan kebutuhan materi, pastikan agar selalu berusaha dan berserah diri agar mendapatkan rezeki cukup. Utamakan untuk mencari kebenaran dan kerajaan Allah menjadi jawaban nantinya.

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Gaya Hidup Modern Untuk Umat Kristiani

5. Matius 13:44-46

“Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

Berikutnya, Matius 13:44-46 menyebutkan jika orang yang bisa menemukan kerajaan sorga ketika mereka mampu menemukan harta terpendam. Begitu berharganya, maka seseorang pun masih memiliki kemungkinan untuk melepaskannya akibat alasan kekayaan lainnya lebih menarik.

Pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengutamakan Yesus untuk mengenalnya melalui firmanNya, sifat materialis seperti ini sebenarnya sadar dan  tidak sadar untuk memilikinya. Tak ada yang perlu diragukan lagi jika berhubungan mengenai kekayaan tiap umatNya.

6. Matius 6:21

“Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Ayat Matius 6:21 pun masih berhubungan dengan poin sebelumnya yakni Matius 6:19 dan 24, di dalamnya menjelaskan tentang kecenderungan hati untuk memilih harta menjadi hal berharga di hidupnya. Pasalnya hal ini juga berhubungan dengan apa saja rezeki yang diperoleh dari Tuhan.

Hal seperti ini bisa Anda ibaratkan ketika sudah berusaha dengan sekuat hati tanpa mengenal lelah, namun jika harta yang diperoleh terasa kurang memuaskan, sebagai umat Kristiani harus ikhlas untuk menerimanya. Mengingat jika seluruh rezeki pun telah diatur oleh Tuhan.

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Pemabuk Beserta Makna dan Pandangannya

Materialisme merupakan suatu sudut pandang bahwa segala sesuatu terukur dari segi materi (harta, uang, dsb), sehingga dia yang berpaham ini akan mengerjakan pekerjaan jika menghasilkan uang yang membuatnya senang.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang materialisme diatas, semoga pembaca dapat memahami tentang kehidupan materialistik, sehingga dapat berhati-hati agar hidup yang sederhana dan dapat membuat ketenangan dirinya serta terjalin ikatan dengan Allah.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!