18 Ayat Alkitab Tentang Membangun Hidup Dalam Kristen

Kristenly.com – Kehidupan semua umat manusia tidak bisa dijauhkan dari segala tantangan, sama halnya seperti ayat Alkitab tentang membangun hidup yang menjelaskan bagaimana seseorang melanjutkan perjuangannya tanpa melibatkan kesalahan masa lalu.

Selama masih hidup, semua manusia akan dihadapkan dengan berbagai persoalan untuk membuatnya menjadi lebih kuat. Sayangnya, tantangan seperti ini bisa saja menurunkan semangat dan motivasinya hingga memilih menyerah dari perjuangannya selama ini.

Meskipun seperti itu, Tuhan Yesus Kristus telah berulang kali mengajar kan pada semua umatNya agar tidak menyerah dengan segala keadaan. Yesus juga meyakinkan bahwa Dia tidak akan memberikan cobaan jika melebihi dari kemampuan manusia.

Karena itu, umat Kristiani tidak perlu khawatir apabila sedang mengalami masalah. Segala permasalahan ini dapat diatasi dengan berdoa dan berharap kebaikan kepada Tuhan, pastikan untuk selalu mengandalkan Tuhan Yesus sebagai penolong dalam kehidupan.

Baca juga: Renungan Kristen Tentang Masa Depan

Daftar Ayat Alkitab Tentang Membangun Hidup

ilustrasi Alkitab membahas membangun hidup
ilustrasi Alkitab membahas membangun hidup, sumber gambar: unsplash.com

Dengan memahami apa yang sebenarnya ingin disampaikan dalam ayat Alkitab tentang membangun hidup, Anda bisa lebih bisa mengontrol segala permasalahan. Kutipan berikut ini penting untuk dipahami ketika dihadapkan dengan berbagai tantangan.

1. Pengkhotbah 3:22

“Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?” (Pengkhotbah 3:22)

2. 1 Korintus 10:13

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13)

3. 1 Raja-raja 2:3

“Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kau lakukan dan dalam segala yang kau tuju.” (1 Raja-raja 2:3)

4. 1 Korintus 15:58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” (1 Korintus 15:58)

5. Yesaya 41:10

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41:10)

6. Filipi 1:6

“Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” (Filipi 1:6)

7. Amsal 17:22

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” (Amsal 17:22)

8. Amsal 10:16

“Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa.” (Amsal 10:16)

9. Amsal 18:14

“Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?” (Amsal 18:14)

10. Amsal 14:23

“Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.” (Amsal 14:23)

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Hidup

11. Yesaya 40:29

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.” (Yesaya 40:29)

12. 2 Tawarikh 15:7

“Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!.” (2 Tawarikh 15:7)

13. Ulangan 8:18

“Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.” (Ulangan 8:18)

14. Lukas 16:10

“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” (Lukas 16:10)

15. 2 Timotius 2:6

“Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.” (2 Timotius 2:6)

16. Yesaya 40:31

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:31)

17. 2 Tesalonika 3:10

“Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.” (2 Tesalonika 3:10)

18. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Cita-cita dan Impian

Kumpulan ayat Alkitab tentang membangun hidup tersebut bisa Anda jadikan sebagai alasan untuk selalu berusaha, yakinlah bahwa segala kehidupan senantiasa dihadapkan dengan berbagai masalah.

Sebagai manusia, Anda pun sudah seharusnya untuk selalu berusaha dan tidak kenal kata menyerah. Siapkan dengan berbagai rencana apapun apabila plan pertama mengalami kegagalan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!