23 Ayat Alkitab Tentang Mencari Pekerjaan yang Memotivasi

Kristenly.com – Dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok hidup, setiap orang harus berupaya memiliki pekerjaan. Untuk mencari kerja sangatlah susah karena pasti berhadapan dengan berbagai pilihan. Supaya mempunyai pedoman, bacalah ayat Alkitab tentang mencari pekerjaan.

Mencari kerja tidak semudah mencari tempat duduk pada saat makan yang tinggal mengambil posisi yang cocok dengan kita, seringkali dalam mendapatkan profesi sesuai keinginan harus menerima penolakan berulang kali.

Saat ini, lowongan pekerjaan, terbuka lebar, namun dengan persaingan yang sangat ketat. Selain itu, sebelum melamar kita juga harus mempertimbangkan berbagai hal, termasuk lingkungan, gaji, dan lain sebagainya.

Banyak dari masyarakat yang mengalami kegagalan berulang kali ketika mencari pekerjaan, mulai dari adanya penyebab karena kurangnya kompetensi sampai lowongan yang tidak cocok dengan passion.

Baca juga: Doa Kristen Agar Cepat Dapat Pekerjaan

Daftar Ayat Emas Alkitab Tentang Mencari Pekerjaan

ilustrasi orang interview kerja
ilustrasi orang interview kerja, sumber gambar: pexels.com

Mempersiapkan dengan mengembangkan kompetensi diri sebelum mencari pekerjaan yang sesuai passion mutlak dilakukan, mengingat saat ini sangatlah susah mencari kerja dan persaingan sangat ketat. Supaya mendapatkan motivasi, baca ayat Alkitab tentang mencari pekerjaan berikut ini.

1. Filipi 1:22a

“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.”

Diberikan penjelasan kepada manusia bahwa Tuhan memang memerintahkan kepada kita semua untuk kemudian bisa bekerja baik secara konvensional sebagai bentuk dari cara atau proses mencari nafkah, atau bahkan juga bekerja dalam pelayanan untuk bisa terus memuji serta memuliakan Tuhan Yesus.

Kedua hal tersebut memiliki kepentingan yang memang sama di mata Tuhan, maka jangan pernah merasa Lelah untuk melakukannya, dan yakinkah jika Tuhan selalu ada untuk kita semua. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan siapapun yang memang sangat membutuhkan-Nya.

2. Titus 3:14

“Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah.”

Ayat ini memberikan penjelasan kepada semua orang bahwa tentunya di samping untuk kemudian bisa memenuhi kebutuhan pokok bagi dirinya sendiri ataupun bahkan untuk keluarga, bekerja bahkan bisa menjadi sebuah saluran berkat tentunya bagi orang yang lainnya.

Akan menjadi hal yang mustahil jika bahkan semua dari kita memberi kepada yang lain bahkan jika tidak bekerja. Justru dengan bekerja itu semua dari kita juga bisa melakukan pekerjaan Tuhan dengan berkat yang telah diberikan Tuhan. Jangan lupa untuk terus lakukan pekerjaan kepada Tuhan, tidak hanya melakukan pekerjaan konvensional saja tentunya. Dengan begitu, Tuhan akan berikan apa yang memang sudah sepantasnya didapatkan oleh setiap manusia.

3. Amsal 3:9-10

“Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.”

Dari ayat ini dijelaskan, bahwa hanya kepada Tuhanlah semua manusia harus bisa memuliakannya, dengan harta yang dimilikinya, dengan segala macam hal yang dipunyai, dengan begitu nantinya Tuhan akan memberikan balasan yang setimpal dengan apa yang telah dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Untuk bisa menjadi orang Kristen yang diberikan buah dan juga diberkati, maka tentu saja kuncinya adalah bekerja dan juga bisa serta mau melakukan semua pekerjaan dengan baik. Bukankah memang masih ada orang Kristen yang bahkan memiliki harapan serta mengharapkan terkait dengan Tuhan, tetapi bahkan orang tersebut tidak ingin atau merasa enggan untuk bisa melakukan sesuatu.

4. Ulangan 28:12

“TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.”

Diberikan penjelasan kepada semua manusia bahwa Tuhan akan memberikan banyak sekali hal berharga kepada setiap manusia. Seperti langit yang sudah diciptakan oleh Tuhan, Tuhan bisa memberikan apa saja yang hendak diberikannya kepada manusia. Apapun hal yang diminta, percayalah Tuhan akan memberikannya.

Segala macam hal yang bisa dikerjakan oleh kita semua haruslah bisa dilakukan dengan sangat baik dan juga maksimal. Harap taruhlah segala macam minat dan juga keinginan yang besar perihal pekerjaan yang dilakukan dan juga harap semua orang bisa menjadi pekerja yang taat dalam segala macam situasi dan juga kondisi yang ada di setiap waktunya.

Perihal pekerjaan yang bahkan seringkali dijadikan beban oleh kita semua, hal tersebut pada dasarnya berasal dari ketidaksukaan terhadap pekerjaan tersebut, rasa bosan, penat dan juga jenuh pada saat bekerja menjadikan proses bekerja itu menjadi lambat. Lalu bagaimanakah kiranya Tuhan bisa memberkati semua orang jika bahkan orang tersebut melakukan hal yang demikian itu?

5. Ulangan 28:8

“TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.”

Dijelaskan pada ayat ini bahwa Tuhan memang akan memberikan berkat kepada semua orang, segala macam usaha yang dilakukan, Tuhan akan tetap memberkati semua manusia yang mau percaya kepada-Nya, hal itulah yang akan diberikan kepada semua manusia.

Melakukan pekerjaan yang kemudian ditekuni, bisa mendatangkan berkat yang akan diberikan oleh Tuhan kepada kita semua. Seseorang akan mendapatkan kunci dari kesuksesan jika melakukan hal yang memang tepat.

Baca juga: Renungan Kristen Tentang Mencari Kerja Agar Terus Semangat

6. 1 Korintus 10:13

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

7. 1 Korintus 15:58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

8. Pengkhotbah 3:22

“Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?.”

9. Filipi 1:6

“Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”

10. Amsal 17:22

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

11. Amsal 10:16

“Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa.”

12. Yesaya 41:10

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

13. Amsal 18:14

“Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?.”

14. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

15. Amsal 14:23

“Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.”

16. 2 Tesalonika 3:10

“Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.”

17. Yesaya 40:31

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

18. 1 Raja-raja 2:3

“Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kau lakukan dan dalam segala yang kau tuju.”

19. Yesaya 40:29

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.”

20. 2 Tawarikh 15:7

“Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

21. Ulangan 8:18

“Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.”

22. Lukas 16:10

“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

23. 2 Timotius 2:6

“Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Menunda Pekerjaan, Jangan Menunda!

Tidak menyerah walaupun mengalami penolakan dan kegagalan dalam mencari pekerjaan adalah bukti bukan pemalas. Ketika mencari pekerjaan, carilah pekerjaan yang halal dan terhormat supaya mendapatkan keberkatan dari Tuhan Yesus.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang mencari pekerjaan diatas, semoga sebagai umat Kristen percaya lebih semangat lagi dalam mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa Tuhan menyukai orang-orang giat dan akan memberikan petunjuk kepada umat-Nya yang selalu berusaha.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!