13 Ayat Alkitab Tentang Mencintai dan Mengasihi Diri Sendiri

Kristenly.com – Setiap harinya manusia bergelut dengan perjuangan bertahan hidup serta mengejar impian. Terkadang karena sulitnya perjalanan, mereka sering menyakiti dirinya. Padahal penting mengambil jeda sebentar, hal ini seperti pada ayat Alkitab tentang mencintai dan mengasihi diri sendiri.

Kita sering sekali sibuk untuk memberikan kebahagiaan dan kemanfaatan kepada orang lain. Dengan begitu, melupakan bahwa diri sendiri juga butuh ketenangan serta waktu memperoleh rasa bahagia sesuai keinginan.

Ketika kehidupan semakin sulit, manusia terus memaksa dirinya supaya tidak tertinggal dari orang lain. Hal tersebut dapat membuat diri semakin terluka. Momen penuh paksaan tersebut, harus segera kita hentikan dengan mengambil waktu istirahat.

Tuhan Yesus tidak menyukai hamba-Nya yang berlebihan dalam bekerja keras, mengambil waktu untuk sejenak berhenti merupakan sebuah pilihan terbaik. Melakukan hal tersebut, justru akan memberikan semangat baru nantinya.

Baca juga: 67 Kata-kata Kristen Tentang Mengampuni Orang Lain

Ayat Alkitab Tentang Mencintai Diri Sendiri

ilustrasi seseorang melihat diri sendiri
ilustrasi seseorang melihat diri sendiri, sumber gambar: pexels.com

Menggapai mimpi tentu membutuhkan perjuangan. Namun, ketika menghadapi kesulitan dan kelelahan, ada baiknya mengambil waktu istirahat. Motivasi ini bisa kita dapatkan melalui ayat Alkitab tentang mencintai dan mengasihi diri sendiri berikut.

Mazmur 139:14

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Mazmur 106:7-10

“Nenek moyang kami di Mesir tidak mengerti perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib, tidak ingat besarnya kasih setia-Mu, tetapi mereka memberontak terhadap yang Maha Tinggi di tepi Laut Teberau. Namun diselamatkan-Nya mereka oleh karena nama-Nya, untuk memperkenalkan keperkasaan-Nya. Dihardik-Nya Laut Teberau, sehingga kering, dibawa-Nya mereka berjalan melalui samudera raya seperti melalui padang gurun. Demikian diselamatkan-Nya mereka dari tangan pembenci, ditebus-Nya mereka dari tangan musuh;”

Mazmur 73:2-3

“Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset, nyaris aku tergelincir. Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.”

Yakobus 1:2-3

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.”

Amsal 13:15

“Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.”

1 Petrus 4:12-13

“Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.”

Amsal 17:22

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

2 Korintus 1:5

“Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah.”

Amsal 15:15

“Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta.”

1 Korintus 10:9-10

“Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular. Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.”

Yohanes 16:22

“Demikian juga kamu sekarang diliputi duka cita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.”

2 Korintus 12:9

“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.”

Keluaran 16:3

“dan berkata kepada mereka: “Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan Tuhan ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan.”

Baca juga: 24 Ayat Alkitab Tentang Menghadapi Tekanan dan Stress

Memberikan ruang dan waktu kepada diri sendiri untuk bisa sejenak berhenti dari aktivitas melelahkan merupakan bentuk mengasihani, hal tersebut sangat penting supaya tidak terjerumus ke dalam stress sehingga justru tidak membawa kebahagiaan.

Melalui pemahaman atas ayat Alkitab tentang mencintai diri sendiri, semoga bisa memberikan peringatan kepada kita semua. Bahwa dalam hidup perlu memberikan waktu istirahat supaya dapat lebih menikmati serta membawa ke kebahagiaan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!