25 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Suami yang Baik

Kristenly.com – Suami adalah tulang punggung seorang wanita, artinya dia bertanggung jawab atas tulang rusuknya yang telah melengkapi kehidupannya. Dia harus bisa berperan menjadi pemimpin keluarga terbaik, simaklah pembahasan ayat Alkitab tentang menjadi suami yang baik.

Seorang suami selain bertanggung jawab atas kehidupan rumah tangganya, dia juga harus bisa berperan menjadi yang terbaik. Mereka adalah mempunyai kemampuan mengarahkan kehidupan istri ke jalan yang lebih baik berdasarkan agama Kristen.

Peran seorang tulang punggung wanita adalah pembahasan yang begitu berat tetapi dia tetap harus paham jalannya sebagai suami. Karena, dia bagaikan nahkoda dalam sebuah kapal yang memegang kendali kehidupan serta arah perjalanan.

Sebagai nahkoda kapal harus tahu arah tujuan kapal, karena dia yang menentukan jalannya kepada sebuah pelabuhan terbaik. Selain bertanggung jawab akan kehidupan istrinya di dunia, juga harus bisa bertanggungjawab di hadapan Tuhan.

Baca juga: 6 Renungan Kristen Kaum Bapak dan Ayah yang Menyejukkan Jiwa

Daftar Ayat Alkitab Tentang Suami yang Baik

ilustrasi suami bermain dengan anaknya
ilustrasi suami bermain dengan anaknya, sumber gambar: pexels.com

Peranan suami dipertanggungjawabkan di depan Allah ketika dia mengucapkan janji suci. Sejak saat itu, Tuhan menurunkan rahmat agar keluarganya dapat terberkati sehingga menjadikannya keluarga yang harmonis. Berikut adalah ayat-ayat Alkitab tentang suami yang baik.

1. Pengkhotbah 9:9

“Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.”

2. 1 Korintus 7:4

“Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.”

3. Kejadian 2:24

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

4. Lukas 22:26

“Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan.”

5. Kolose 3 19

“Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.”

6. Filipi 2:2-4

“karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

7. Efesus 5:33

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.”

8. 1 Korintus 7:3

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.”

9. 1 Korintus 13:4-8

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.”

10. Efesus 5:23

“karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Laki-laki Dalam Keluarga

11. 1 Korintus 7:16

“Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?.”

12. Efesus 5:28

“Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.”

13. Efesus 5:25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

14. 1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

15. Markus 10:11

“Lalu kata-Nya kepada mereka: “Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu.”

16. 1 Korintus 7:14

“Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.”

17. Lukas 16:18

“Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah.”

18. Kolose 3:21

“Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.”

19. Ulangan 11:18-19

“Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

20. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

Baca juga: 18+ Doa Kristen Untuk Suami yang Selingkuh Agar Berhenti

21. 1 Korintus 7:12

“Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.”

22. Matius 22:39

“Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

23. Amsal 5:18

“Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu.”

24. Efesus 4:2

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.”

25. Ibrani 10:24

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.”

Baca juga: 18+ Doa Kristen Untuk Suami yang Sedang Bekerja Mencari Nafkah

Menjadi suami yang baik adalah tugas semua laki-laki sebagai anugerah dari Allah karena telah diciptakan dengan pundak yang kuat serta bahu yang setangguh besi. Hal ini tidak bisa dihindari dan sudah menjadi kewajiban seorang lelaki menjadi suami yang baik.

Dengan ayat Alkitab tentang menjadi suami yang baik diatas, semoga para suami dan calon suami sadar akan perannya sehingga bisa memainkan perannya dengan baik. Apabila peran ini dimainkan dengan semestinya dapat tercipta rumah tangga yang harmonis dalam pandangan sang pencipta.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!