18 Ayat Alkitab Tentang Move On dari Cinta Masa Lalu

Kristenly.com – Istilah move on memang sangat sering dihubungkan dengan kisah percintaan yang mengenaskan di akhir ceritanya, umumnya seseorang ditinggal pergi oleh pasangannya hingga membuat dirinya merasa sangat sedih dan galau hingga akhirnya kesulitan untuk mencintai orang baru.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, maka sebenarnya hal ini telah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang move on. Bahwasanya perasaan seperti ini memang wajar dirasakan oleh setiap manusia namun tergantung pada masing-masing cara mereka untuk melupakannya.

Move on sendiri memang sudah sering dirasakan oleh kalangan anak muda saat ini. Selain itu juga kerap dikaitkan dengan proses menyembuhkan diri dari kejadian putus cinta. Maka dari itu, banyak orang menilainya sebagai cara untuk pergi menjauh dari mantan sekaligus seluruh kenangannya.

Bagi Anda yang pernah merasakannya tentu hal ini menjadi kenangan paling buruk dan menyedihkan dalam hidup, terlebih jika perpisahan terjadi terasa begitu menyakitkan mulai dari orang ketiga hingga terhalang restu kedua orang tua.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Masa Lalu

Ayat Alkitab Tentang Move On

ilustrasi alkitab membahas move on
ilustrasi alkitab membahas move on, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini ada beberapa ayat Alkitab tentang move on yang bisa memberikan Anda kekuatan dan kepercayaan bahwa kehidupan sudah seharusnya berjalan ke depan. Jangan ragu untuk selalu melanjutkannya meskipun terasa begitu sakit dan percayalah bahwa semuanya memang membutuhkan waktu.

Yesaya 43:18

firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! 

Filipi 3:13

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

2 Korintus 5:17

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Yehezkiel 36:26

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

Wahyu 21:4

Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” 

Mazmur 4:2

Hai orang-orang, berapa lama lagi kemuliaanku dinodai, berapa lama lagi kamu mencintai yang sia-sia dan mencari kebohongan?

Amsal 27:19

Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu. 

Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Ayub 17:9

Meskipun begitu orang yang benar tetap pada jalannya, dan orang yang bersih tangannya bertambah-tambah kuat. 

Amsal 4:18

Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Amsal 4:23

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 

Yakobus 1:8

Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. 

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Mazmur 34:18

Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. 

Mazmur 147:3

Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka; 

1 Yohanes 4:18

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Baca juga:


Anda bisa meyakini ayat Alkitab tentang move on seperti di atas agar proses melupakan menjadi lebih cepat dan benar-benar ikhlas. Hal seperti ini memang memerlukan waktu sehingga jangan terburu-buru, biarlah proses ini berjalan semestinya tanpa ada paksaan.

Proses move on memang terasa sangatlah sulit di awal-awal waktu terutama jika Anda baru saja memutuskan hubungan dengan orang terkasih. Percayalah jika memang nanti sudah waktunya, maka Tuhan akan membantu umatNya hingga menemukan bersama orang yang tepat sebagai pasangan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!