26 Ayat Alkitab Tentang Musik di Gereja yang Harus Kamu Ketahui

Ayat Alkitab Tentang Musik di Gereja terbaru 2022 – Pujian yang kita berikan untuk TUHAN adalah termasuk dalam ibadat kita kepadaNya Sewaktu kita bernyanyi ini menunjukkan adanya kebahagiaan dan sukacita yang diungkapkan dalam sebuah lagu. Musik yang mengiringinya pun dapat mendukung adanya hikmat dan ekspresi untuk memuliakan TUHAN. Bahkan beberapa dari ayat Alkitab juga menandaskan pentingnya musik di dalam Gereja.

Lagu lagu rohani yang disenandungkan pun bukanlah alunan lagu sembarangan. Kebanyakan lagu rohani pujian dan penyembahan diambil dari ayat ayat Alkitab loh. Tentu saja isinya bisa sangat menyentuh hati dan menguatkan iman. Ditambah lagi dengan alunan alat musik seperti gitar, piano, drum dll yang turut memeriahkan.

Musik akan semakin bermakna dan indah apabila disertai dengan tarian atau tamborin. Mari kita lihat apa saja yang Alkitab katakan tentang musik supaya kita punya cara pandang yang benar juga tentang musik, nyanyian dan tarian tersebut. Selengkapnya mari kita perhatikan.

Baca juga: 18+ Doa Kristen Sebelum Latihan Musik Agar Berjalan Lancar

Ayat Alkitab tentang Musik di Gereja

ilustrasi bernyanyi di gereja
ilustrasi bernyanyi di gereja, sumber gambar: pexels.com

Anda bisa memaknai apa saja ayat Alkitab tentang musik seperti di bawah ini, hal ini penting untuk dimengerti sehingga tidak hanya sekedar menyanyikannya saja melainkan juga memahami bagaimana maksud di baliknya

1. Kisah Para Rasul 16:25

Ayat 25 : “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.”

Teladan Paulus dan Silas bisa kita contoh sebagai teladan untuk kita. Paulus dan Silas terus bernyanyi memuji Allah sewaktu ia berada di dalam penjara, hal ini membuktikan bahwa mereka beriman akan bantuan Allah dan bahwa dengan bernyanyi memuji Allah bisa menguatkan mereka untuk terus bertekun.

2. Mazmur 28:7

Ayat 7 : “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.”

Lagu lagu rohani bisa membantu kita untuk semangat disaat hati dan pikiran kita sedang gundah, kita akan dikuatkan dan yakin bahwa Hanya TUHAN lah sumber kekuatan. Oleh sebab itu, mengucapkan rasa syukur dengan sukacita melalui nyanyian bisa membuat kita lebih tenang.

3. Mazmur 147:1

Ayat 1 : “Haleluya! Sungguh, bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji itu.”

Setiap Kata-kata dalam lagu pujian adalah untuk memuliakan Allah, maka dari situ juga kita bisa semakin yakin dan merasakan bahwa Allah itu baik dan layak untuk menerima semua puji dan syukur.

4. Matius 26:30

Ayat 30 : “Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.”

Di Zaman Yesus, musik menjadi bagian yang penting dalam ibadah kepada Allah, hal ini diperlihatkan di malam perjamuan malam Tuan yakni malam sebelum kematian Yesus. Yesus dan murid muridnya menyanyikan pujian untuk Allah yang merupakan bagian dari ibadat yang sejati.

5. Kolose 3:16

Ayat 16 : “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.”

Orang orang kristen di masa awal bisa menjadi teladan untuk orang kristen dewasa ini dalam hal memuji Allah melalui musik dan nyanyian. Berbeda dengan orang orang Israel yang bisa beribadah di Bait, mereka hanya menjalankan ibadah di rumah rumah. Namun, sewaktu beribadah, mereka memperlihatkan semangat dengan bernyanyi.

Baca juga: 18+ Doa Kristen Setelah Latihan Musik Agar Mendapat Berkat

6. Yesaya 24:14

Ayat 14 : “Dengan suara nyaring mereka bersorak-sorai, demi kemegahan TUHAN, mereka memekik dari sebelah barat:”

Kita bisa perhatikan frase bernyanyi dengan sorak sorai dan nyaring. Dengan menyanyikan sebuah lagu pujian dengan lantang dan tanpa ragu, maka nyanyian akan terdengar lebih kuat yang memperlihatkan semangat untuk memuliakan nama Allah.

7. Ibrani 10:24

Ayat 24 : “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.”

Lagu lagu rohani juga bisa membantu kita untuk mengungkapkan perasaan kita kepada Allah, dari lagu dan musik tersebut kita bisa saling menunjukkan kasih dan kebaikan kepada orang lain yang bersama sama bernyanyi bersama kita.

8. Yesaya 12:5

Ayat 5 : “Bermazmurlah bagi TUHAN, sebab perbuatan-Nya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi!”

Kita perlu ingat bahwa bernyanyi merupakan salah satu bagian yang penting dalam ibadat kita kepada Allah, dengan nyanyian dan pujian menunjukkan secara nyata bahwa kita sungguh sungguh menyayangi Allah dan bersyukur akan semua berkat yang telah Dia berikan untuk kita.

9. Mazmur 96:1

Ayat 1 : “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!”

Semua orang baik anak muda, anak anak kecil, orang tua, lansia memiliki kesempatan untuk memuji Allah dengan bernyanyi. Dengan bersama sama memuji Allah, tidak hanya akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah tetapi juga kepada sesama kita.

10. 1 Tawarikh 23:5

Ayat 5 : “empat ribu orang menjadi penunggu pintu gerbang; dan empat ribu orang menjadi pemuji TUHAN dengan alat-alat musik yang telah kubuat untuk melagukan puji-pujian, kata Daud.”

Pada saat daud mempersiapkan pembangunan Bait, dia mulai mengatur semuanya. Mulai dari 4.000 orang lewi yang akan memuji Yehuwa melalui musik, diantara mereka itu ada setidaknya 288 orang yang sudah terlatih untuk bernyanyi bagi Allah. Maka hal ini menunjukkan dari dulu sampai sekarang, umat Allah yang berbakti memuji Allah melalui musik.

11. 2 Tawarikh 5:13

“Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji TUHAN dengan ucapan: “Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” Pada ketika itu rumah itu, yakni rumah TUHAN, dipenuhi awan.”

12. Mazmur 101: 1

“Aku hendak menyanyikan kasih setia dan hukum, aku hendak bermazmur bagi-Mu, ya TUHAN.”

13. Efesus 5: 19

“Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

14. Ibrani 2: 12

“Kata-Nya: “Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,”

15. Mazmur 95: 1

“Marilah kita bersorak-sorai untuk TUHAN, bersorak-sorak bagi gunung batu keselamatan kita.”

16. Keluaran 15: 1

“Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian ini bagi TUHAN yang berbunyi: “Baiklah aku menyanyi bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.”

17. Mazmur 135: 3

“Pujilah TUHAN, sebab TUHAN itu baik, bermazmurlah bagi nama-Nya, sebab nama itu indah!”

18. Mazmur 105: 2

“Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!”

19. Mazmur 49: 4

“Mulutku akan mengucapkan hikmat, dan yang direnungkan hatiku ialah pengertian.”

20. Mazmur 150: 1-5

“Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat! Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat! Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi! Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling! Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!”

21. Mazmur 71: 23

“Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu, juga jiwaku yang telah Kau bebaskan.”

22. Mazmur 98: 1-7

“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus. TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa. Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita. Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah! Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring, dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni TUHAN! Biarlah gemuruh laut serta isinya, dunia serta yang diam di dalamnya!”

23. Amos 6: 5

“Yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya.”

24. Wahyu 14: 3-4

“Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.”

25. Mazmur 57: 8

“Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau bermazmur.”

26. Mazmur 40: 4

“Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Nyanyian

Salah satu cara yang dilakukan umat Kristiani untuk menyampaikan pujian kepada Tuhan adalah lewat nyanyian serta memahami apa saja ayat Alkitab tentang musik, Anda pun sebenarnya bisa menyanyikan dengan menggunakan berbagai musik asalkan memiliki makna sesuai kebutuhannya.

Musik yang mengiringinya pun harus bermakna untuk memuliakan Tuhan, beberapa diantaranya pun juga menandakan bahwa hal tersebut cukup penting dinyanyikan di dalam gereja. Lagu-lagu rohani pun tidak sembarang disenandungkan melainkan harus memperhatikan bagaimana isinya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!