16 Ayat Alkitab Tentang Nubuat Dalam Ajaran Kristen

Kristenly.com – Nubuat merupakan hal yang sangat penting dan seringkali dibahas di dalamnya baik di Perjanjian Lama dan Baru. Istilah nubuat ini sudah bukan menjadi sesuatu asing bagi kebanyakan orang. Sebagai umat Kristiani tentu sudah sering mendengar dan membahasnya.

Menurut Alkitab, nubuat diartikan sebagai pesan Tuhan bagi manusia khususnya jika mereka percaya akan kebesaranNya. Sifatnya menguatkan, menegur, menghibur hingga menghukum ketika salah satu umat Tuhan melakukan kesalahan agar tidak berbuat kekeliruan lagi.

Ayat Alkitab tentang nubuat menjelaskan jika nubuat ini merupakan firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi. Penyampaian ini sudah menjadi salah satu tugas mereka kepada seluruh umat manusia, biasanya berisikan pesan Tuhan bagi sekelompok orang atau seseorang bahkan semua di dunia.

Sementara di Perjanjian Baru, hanya dijelaskan bahwa nubuat hanya dapat dilakukan para nabi sehingga tidak bisa dilakukan oleh orang biasa.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mengandalkan Tuhan

Ayat Alkitab Tentang Nubuat

ilustrasi alkitab membahas nubuat
ilustrasi alkitab membahas nubuat, sumber gambar: pexels.com

Ayat Alkitab tentang nubuat berikut ini penting untuk Anda baca dan pahami mengenai firman Tuhan yang disampaikan kepada umat manusia. Mengingat bahwa masih banyak informasi simpang siur mengenai istilah ini.

Terlebih mengenai pembahasan nubuat baik di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, dalam arti tertentu pun semua orang percaya jika hanya Nabi yang bisa melakukannya.

Zakharia 9:9

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Yesaya 7:14

Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Roma 3:21-22

Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.

Matius 7:15

”Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Matius 7:12

”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Matius 5:17

”Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Matius 1:22-23

Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: ”Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” – yang berarti: Allah menyertai kita.

Kisah Para Rasul 19:5-6

Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan yesus. Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Efesus 2:19-20

Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus yesus

Amos 3:7

Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

2 Raja-raja 20:5

”Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN.

2 Petrus 1:21

sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

1 Yohanes 4:4

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

1 Yohanes 4:1

Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

1 Tesalonika 5:21-22

Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.

1 Korintus 13:2

Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Baca juga:


Itulah tadi ulasan mengenai Ayat Alkitab tentang nubuat yang menjelaskan mengenai beberapa detail khususnya di Perjanjian Lama, sementara di Perjanjian Baru dijelaskan jika hanya nabi yang bisa melakukannya.

Nubuat ini dijelaskan dalam Perjanjian Baru merupakan salah satu dari karunia Roh Kudus. Maka dari itu, tidak semua orang bisa mempercayainya karena banyak penjelasan menyebut jika hanya Nabi saja yang mampu melakukannya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!