14 Ayat Alkitab Tentang Nyanyian dan Puji-pujian Kepada Tuhan

Kristenly.com – Musik memang menjadi salah satu cara bagi umat Kristiani untuk menyembah Tuhan. Musik dan lagu pun juga dianggap sebagai jalur ibadah mereka agar saling terkoneksi dengan Tuhan, harapannya agar bisa menyerukan nyanyian yang penuh puji-pujian dan persembahan kepada Tuhan.

Sementara itu, di dunia ini ada banyak genre yang dikenali oleh masyarakat mulai dari pop, rock, dangdut hingga lain sebagainya. Bagi umat Kristiani pun, musik kerap dijadikan sebagai salah satu bentuk ungkapan hati dalam bentuk nyanyian dan puji-pujian kepada Tuhan.

Sama halnya seperti penjelasan dalam ayat Alkitab tentang nyanyian dan puji-pujian kepada Tuhan yang seringkali didengarkan pada kegiatan ibadah di gereja atau rumah tangga, contohnya adalah lagu rohani persekutuan doa hingga lagu rohani semangat untuk memberikan motivasi bangkit.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Musik

Ayat Alkitab Tentang Nyanyian dan Puji-pujian

ilustrasi alkitab membahas nyanyian dan puji-pujian
ilustrasi alkitab membahas nyanyian dan puji-pujian, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang nyanyian dan puji-pujian kepada Tuhan yang penting untuk dipahami bahwa sebenarnya musik dan lagu memang menjadi salah satu cara beribadah bagi umat Kristiani.

Zafanya 3:17

TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai

Mazmur 9:2

Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib

Mazmur 71:23

Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu, juga jiwaku yang telah Kaubebaskan.

Mazmur 68:6

Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus

Mazmur 68:4-5

Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita. Bernyanyilah bagi Allah, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah TUHAN; beria-rialah di hadapan-Nya!

Mazmur 66:17

Kepada-Nya aku telah berseru dengan mulutku, kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian.

Mazmur 63:3-4

Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus, sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu. Sebab kasih setia-Mu lebih baik dari pada hidup; bibirku akan memegahkan Engkau.

Mazmur 59:16

Mereka mengembara mencari makan; apabila mereka tidak kenyang, maka mereka mengaum.

Mazmur 32:7

Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak. Sela

Mazmur 13:5-6

supaya musuhku jangan berkata: ”Aku telah mengalahkan dia,” dan lawan-lawanku bersorak-sorak, apabila aku goyah. Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Mazmur 108:3

bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar.

Kolose 3:16

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Kisah Para Rasul 16:25

Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.

Ayub 29:12-13

Karena aku menyelamatkan orang sengsara yang berteriak minta tolong, juga anak piatu yang tidak ada penolongnya; aku mendapat ucapan berkat dari orang yang nyaris binasa, dan hati seorang janda kubuat bersukaria

Baca juga:


Bagi Anda yang masih belum begitu banyak tahu mengenai musik dan lagu-lagu dalam agama Kristiani, bisa memahaminya lewat ayat Alkitab tentang nyanyian dan puji-pujian kepada Tuhan seperti di atas. Ada banyak ulasan mengenai lagu rohani dan musik indah pada kegiatan ibadah di gereja.

Tentu sebagai umat Kristiani memang tidak bisa dijauhkan dari lagu-lagu rohani yang selalu mereka nyanyikan selama beribadah. Untuk lebih memahami apa makna dan tujuannya, Anda bisa mencari tahu lewat ulasan ayat Alkitab di atas.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!