20 Ayat Alkitab Tentang Orang Bodoh dan Bebal

Kristenly.com – Ada beberapa ayat Alkitab tentang orang bodoh dan bebal dimana beberapa diantaranya memang menjelaskan sifat tersebut, keduanya memang bisa dimiliki oleh tiap insan namun tentunya berdampak negatif bagi kehidupannya.

Ayat Alkitab yang menjelaskan mengenai orang bebal dan bodoh secara umum melarang keras bahwa tidak boleh melakukannya. Bagi Anda yang belum tahu, sifat tersebut memang kurang disukai oleh banyak orang.

Bebal sendiri didefinisikan sebagai sikap tidak mau mengerti, jarang melakukan introspeksi dan juga enggan untuk selalu belajar. Pengertian ini memang jauh berbeda dengan sifat bodoh karena masih bisa diubah agar menjadi pintar.

Bebal sangat tidak dianjurkan untuk dimiliki dari ajaran Alkitab, menjadi orang seperti ini tentu hanya membawa dampak negatif saja dalam kehidupan. Justru sebagian diantaranya semakin tenggelam dalam kebodohan.

Baca juga: 33 Ayat Alkitab Untuk Orang yang Minder

Daftar Ayat Alkitab Tentang Orang Bodoh dan Bebal

ilustrasi Alkitab membahas orang bodoh
ilustrasi Alkitab membahas orang bodoh, sumber gambar: unsplash.com

Anda bisa memperkuat keyakinan untuk menjauhi dua sikap tersebut dengan membaca beberapa ayat Alkitab tentang orang bodoh dan bebal melalui ulasan di bawah ini.

1. Amsal 26:4-5

“Jangan menjawab orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan engkau sendiri menjadi sama dengan dia. Jawablah orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan ia menganggap dirinya bijak.” (Amsal 26:4-5)

2. Amsal 26:6

“Siapa mengirim pesan dengan perantaraan orang bebal mematahkan kakinya sendiri dan meminum kecelakaan.” (Amsal 26:6)

3. Amsal 26:11

“Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya.” (Amsal 26:11)

4. Lukas 10:27

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Lukas 10:27)

5. Galatia 5:14

“Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” (Galatia 5:14)

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Tentang Merendahkan Orang Lain

6. Yakobus 2:20

“Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?” (Yakobus 2:20)

7. Ulangan 5:6

“Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap Tuhan, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?” (Ulangan 5:6)

8. Ulangan 5:21

“Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah, mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka. Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka dengan yang bukan umat, dan akan menyakiti hati mereka dengan bangsa yang bebal.” (Ulangan 5:21)

9. 1 Samuel 9:25

“Janganlah kiranya tuanku mengindahkan Nabal, orang yang dursila itu, sebab seperti namanya demikianlah ia: Nabal namanya dan bebal orangnya. Tetapi aku, hambamu ini, tidak melihat orang-orang yang tuanku suruh.” (1 Samuel 9:25)

10. 2 Samuel 10:33

“Karena Abner raja mengucapkan nyanyian ratapan ini: “Apakah Abner harus mati seperti orang bebal?” (2 Samuel 10:33)

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Pencobaan Hidup yang Dihadapi

11. 2 Samuel 10:13

“Dan aku, kemanakah kubawa kecemaranku? Dan engkau ini, engkau akan dianggap sebagai orang yang bebal di Israel. Oleh sebab itu, berbicaralah dengan raja, sebab ia tidak akan menolak memberikan aku kepadamu.” (2 Samuel 10:13)

12. Ayub 18:2

“Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.” (Ayub 18:2)

13. Ayub 18:8

“mereka itulah orang-orang bebal yang tak dikenal, yang didepak dari negeri.” (Ayub 18:8)

14. Mazmur 19:1

“Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah.” Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik.” (Mazmur 19:1)

15. Mazmur 19:8

“Lepaskanlah aku dari segala pelanggaranku, jangan jadikan aku celaan orang bebal!” (Mazmur 19:8)

16. Mazmur 19:1

“Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat. Nyanyian pengajaran Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah!” Busuk dan jijik kecurangan mereka, tidak ada yang berbuat baik.” (Mazmur 19:1)

17. Mazmur 19:18

“Ingatlah ini: musuh mencela, ya Tuhan, dan bangsa yang bebal itu menista nama-Mu.” (Mazmur 19:18)

18. Mazmur 19:22

“Bangunlah, ya Allah, lakukanlah perjuangan-Mu! Ingatlah akan cela kepada-Mu dari pihak orang bebal sepanjang hari.” (Mazmur 19:22)

19. Mazmur 19:6

“Orang bodoh tidak akan mengetahui, dan orang bebal tidak akan mengerti hal itu.” (Mazmur 19:6)

20. Mazmur 19:8

“Perhatikanlah, hai orang-orang bodoh di antara rakyat! Hai orang-orang bebal, bilakah kamu memakai akal budimu?.” (Mazmur 19:8)

Baca juga: 26 Ayat Alkitab Tentang Kemalasan dan Orang Malas Jangan Makan

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang orang bodoh dan bebal yang sudah seharusnya Anda hindari, kedua sikap tersebut memang tidak mendatangkan dampak positif sehingga harus dijauhi sebagai seorang umat Kristiani.

Tidak hanya menjelaskan mengenai sifat bebal dan bodoh saja, beberapa ayat Alkitab di dalamnya akan melarang keras dengan tindakan yang kurang menguntungkan. Misalnya seperti pendusta dan pencuri.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!