15 Ayat Alkitab Tentang Orang Licik yang Wajib Kamu Ketahui

Kristenly.com – Berurusan dengan orang licik sangatlah menyusahkan diri sendiri, mereka memanfaatkan orang lain semaunya dan meninggalkan saat hanya butuh saja. Di sekitar kehidupan susah mengetahui manusia berhati licik, untuk itu mari simak ayat Alkitab tentang orang licik yang harus diketahui umat kristiani.

Orang berhati licik memiliki banyak akal buruk, sangat pandai menipu, culas, curang, dll. Mereka juga sangat ahli dalam memanipulasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan, biasanya suka memengaruhi lainnya untuk melakukan apapun yang dia mau.

Dalam kehidupan sehari-hari, sangat sulit menghindari orang licik. Hal tersebut karena mereka selalu hadir dalam berbagai bidang, seperti pekerjaan, sekolah, hingga bertetangga.

Hati yang licik akan menghalalkan segala cara agar mendapatkan keuntungan. Selain itu, tidak pernah mau menanggung konsekuensi dari apa yang dilakukannya, makanya mereka sering memanipulasi keadaan.

Baca juga: 24 Ayat Alkitab Tentang Kecurangan, Jangan Ditiru Ya !

Daftar Ayat Alkitab Tentang Orang Licik

ilustrasi orang licik
ilustrasi orang licik, sumber gambar: pexels.com

Sangatlah berbahaya apabila diantara manusia tidak menyadari hati yang licik pada diri sendiri, ini bukanlah hal mustahil untuk memiliki kelicikan termasuk umat kristiani. Agar dapat berhati-hati dari sikap ini, berikut ayat Alkitab tentang orang licik.

  1. Amsal 7:10 : Maka datanglah menyongsong dia seorang perempuan, berpakaian sundal dengan hati licik.
  2. 2 Korintus 12:16 : Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi kamu katakan dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya.
  3. Efesus 4:14 : Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan, oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan.
  4. Yeremia 17:9 : Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?
  5. 2 Korintus 11:3 : Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.
  6. 2 Korintus 4:2 : Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan: kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.
  7. Ayub 15:5 : Kesalahanmulah yang mengajar mulutmu, dan bahasa orang licik yang kau pilih.
  8. Ayub 5:12 : Ia menggagalkan rancangan orang cerdik, sehingga usaha tangan mereka tidak berhasil.
  9. Markus 7:20-23 : Kata-Nya lagi: “Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, pencabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”
  10. Lukas 20:23-24 : Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka yang licik itu, lalu berkata kepada mereka: “Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar; gambar dan tulisan siapakah ada padanya?”
  11. Mazmur 83:3 : Mereka mengadakan permufakatan licik melawan umat-Mu, dan mereka berunding untuk melawan orang-orang yang Kau lindungi.
  12. Amsal 6:24 : yang melindungi engkau terhadap perempuan jahat, terhadap kelicikan lidah perempuan asing.
  13. Hosea 10:2 : Hati mereka licik, sekarang mereka harus menanggung akibat kesalahannya: Dia akan menghancurkan mezbah-mezbah mereka, akan meruntuhkan tugu-tugu berhala mereka.
  14. Efesus 6:11 : Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis.
  15. Ayub 5:13 : Ia menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya sendiri sehingga rancangan orang yang belat-belit digagalkan.
Baca juga: 23 Ayat Alkitab Tentang Egois

Perbuatan buruk bisa melekat pada diri siapa saja tidak terkecuali umat kristiani, kita seharusnya harus selalu waspada pada hati sendiri agar terhindar dari licik. Ini terjadi karena hati yang selalu ingin keamanan, kenyaman dan keuntungan bisa berujung pada sifat penuh kelicikan.

Dengan merenungkan makna dalam ayat Alkitab tentang orang licik diatas, semoga umat kristiani senantiasa bisa menjaga hati sendiri serta berhati-hati terhadap orang sekitar yang memiliki hati licik. Mereka juga sering mengambil keuntungan pada orang sekitarnya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!