11 Ayat Alkitab Tentang Panen yang Disampaikan Yesus

Kristenly.com – Beribu-ribu tahun lalu, Tuhan telah berfirman langsung untuk menetapkan perayaan baru yang bisa dilakukan oleh umatNya, rayakanlah pesta panen ketika mulai menuai hasil pertama dari ladang. Nyatanya pada masa sekarang, sudah banyak negara melakukan hal serupa untuk merayakannya.

Misalnya di Ghana, warganya akan merayakan Festival Yam sebagai perayaan panen. Sementara di Brazil dirayakan sebuah Dia de Acao de Gracas untuk hasil ladang yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan. Lain halnya di Kanada, mereka mengadakan Hari Pengucapan Syukur atau Thanksgiving.

Untuk memahami apa tujuan dari perayaan panen tersebut, Anda bisa membaca dan memaknai ayat Alkitab tentang panen. Allah telah mengingatkan mengenai pemeliharaanNya atas kehidupan dan pertumbuhan di bumi ini, mengingat bahwa bumi-bumi mempunyai pergantian musim.

Ucapan syukur setelah panen yang menghasilkan panen sudah sepatutnya ditujukan hanya kepada Allah sebagai Maha pemberi rezekinya. Di manapun Anda tinggal dan bagaimana cara merayakannya, sediakanlah waktu untuk mengucap syukur kepada Allah agar senantiasa diberikan kebaikan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Penciptaan

Ayat Alkitab Tentang Panen

ilustrasi alkitab membahas panen
ilustrasi alkitab membahas panen, sumber gambar: pexels.com

Anda hanya perlu mengingat bahwa panen ini datang dari kehendak Tuhan sehingga sebagai umatNya sudah sepatutnya mengucap syukur. Baca ayat Alkitab tentang panen berikut ini.

Yakobus 3:18

Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

Matius 6:26

Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Maleakhi 3:10

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Joel 1:12

Pohon anggur sudah kering dan pohon ara sudah merana; pohon delima, juga pohon korma dan pohon apel, segala pohon di padang sudah mengering. Sungguh, kegirangan melayu dari antara anak-anak manusia.

Imamat 26:3-4

Jikalau kamu hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada perintah-Ku serta melakukannya, maka Aku akan memberi kamu hujan pada masanya, sehingga tanah itu memberi hasilnya dan pohon-pohonan di ladangmu akan memberi buahnya.

Ibrani 12:11

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Habakuk 3:17-18

Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Galatia 6:8

Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Galatia 6:7

Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Amsal 3:9

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu

2 Korintus 9:10

Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu

Baca juga:


Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang panen yang meminta Anda untuk selalu bersyukur atas hasil ladang telah didapatkan, nyatanya perayaan mengucap syukur seperti ini telah dilakukan di berbagai negara sehingga patut diikuti.

Marilah sebagai umat Kristiani mulai melakukannya, karena tanpa rencanaNya yang kreatif dan agung, seluruh manusia tidak akan merasakan nikmatnya panen. Harapannya agar hasil panen ke depannya mampu membuahkan hasil lebih banyak dan berkualitas.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!