25 Ayat Alkitab Tentang Penderitaan Agar Selalu Sabar dan Kuat

Kristenly.com – Setiap orang sudah dipastikan akan menghadapi berbagai keadaan sulit mereka dalam kehidupan, tentu masalah seperti ini seringkali membuat mereka merasa lemah dan menderita. Tugas manusia adalah mampu memperkuat diri untuk mencari kehendak Tuhan ketika sedang menghadapi kesulitan.

Ayat Alkitab tentang penderitaan akan menuntun Anda untuk selalu mengharap kepadaNya, tentu saja di setiap masa-masa kesulitan seperti ini banyak sekali orang-orang justru menyalahkan Tuhan karena telah memberikan cobaan begitu berat.

Mengingat bahwa Tuhan tidak akan memberikan masalah dan cobaan melebihi kemampuan umatNya. Maka dari itu, Anda hanya perlu percaya kepadaNya bahwa rintangan ini dapat dilalui meskipun terasa sangat berat. Serahkan semuanya kepada Tuhan untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Teguhkanlah hatimu untuk meminta petunjukNya, jangan membuat masalah dan rintangan ini justru membuat Anda jauh dariNya. Sudah dipastikan bahwa setiap manusia akan mengalami kesulitan hingga penderitaan bahkan hingga mengalahkan hubunganNya kepada Tuhan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pengorbanan

Ayat Alkitab Tentang Penderitaan

ilustrasi alkitab membahas penderitaan
ilustrasi alkitab membahas penderitaan, sumber gambar: pexels.com

Untuk menghadapi penderitaan Anda perlu meneguhkan hati dan mendekatkan diri dengan Tuhan. Pasalnya apapun masalahnya akan terasa lebih mudah ketika Anda dekat dengan Tuhan untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, baca kumpulan ayat Alkitab tentang penderitaan berikut ini.

Yesaya 53:4

Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Yesaya 53:3

Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.

Ulangan 8:3

Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

Roma 8:35

Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?

Roma 8:18

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

Roma 5:3-4

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Mazmur 34:19

TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Matius 27:28-29

Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: ”Salam, hai raja orang Yahudi!”

Matius 10:39

Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Matius 10:38

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Lukas 16:23-24

Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham,

Kisah Para Rasul 26:22-23

Tetapi oleh pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan memberi kesaksian kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Dan apa yang kuberitakan itu tidak lain dari pada yang sebelumnya telah diberitahukan oleh para nabi dan juga oleh Musa, yaitu, bahwa Mesias harus menderita sengsara dan bahwa Ia adalah yang pertama yang akan bangkit dari antara orang mati, dan bahwa Ia akan memberitakan terang kepada bangsa ini dan kepada bangsa-bangsa lain.”

Galatia 6:2

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Filipi 3:10

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya

Filipi 1:29

Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia

Ayub 5:17

Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.

Ayub 1:20-21

Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah, katanya: ”Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!”

2 Korintus 4:17

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

2 Korintus 1:5

Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah.

2 Korintus 1:3-4

Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita yesus Kristus, Bapa yang penuh belas

1 Petrus 5:10

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

1 Petrus 4:1

Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, – karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa –

1 Petrus 3:14

Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.

1 Petrus 2:21

Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

1 Korintus 13:3

Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang penderitaan yang mungkin saja bisa menambahkan kekuatan pada diri Anda, mengingat bahwa setiap cobaan manusia memang berbeda-beda tergantung dengan kekuatan mereka untuk melaluinya.

Namun sebenarnya Tuhan tidak pernah memberikan cobaan kepada umatNya melebihi kemampuan mereka masing-masing, jadi Anda patut percaya bahwa masalah saat ini bisa dilalui hanya dengan mengandalkan kebesaranNya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!