19 Ayat Alkitab Tentang Penebus Dalam Ajaran Kristen

Kristenly.com – Membaca beberapa ayat Alkitab tentang penebus akan membantu Anda untuk bisa memahami pengorbanan sebenarnya yang sudah dilakukan oleh Yesus terutama di momen penyaliban. Penebusan ini mampu memberikan umat manusia kebebasan dari segala dosa.

Yesus telah memberikan kepada umat manusia mengenai rasa bebas. Dia sudah membayar dengan harga besar untuk penebusan tersebut, selain itu ada banyak gambaran bisa Anda pelajari melalui Alkitab sebagai firmanNya sehingga tidak perlu diragukan lagi atas kebenarannya.

Sebenarnya semua umat manusia memerlukan adanya penebusan sebagai ganti setelah melakukan berbagai dosa. Tentu saja tiap orang tidak dapat dijauhkan dari perbuatan kesalahan sehingga mereka harus menebusnya, hal ini pun telah dijelaskan di dalam ayat Alkitab sehingga penting untuk dipahami.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Penyelamat

Ayat Alkitab Tentang Penebus

ilustrasi alkitab membahas penebus
ilustrasi alkitab membahas penebus, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang penebus yang menjelaskan kenapa setiap orang sebenarnya memerlukan penebusan dalam hidupnya. Tentu saja hal ini penting diketahui ketika mereka telah melakukan berbagai dosa dan kesalahan.

Jadi penting untuk Anda pahami bahwa setiap dosa dan kesalahan harus ditebus agar mendapatkan pengampunan dari Tuhan.

Zefanya 3:17

TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai

Yohanes 8:36

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

Yesaya 61:10

Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Yesaya 61:1

Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara

Yesaya 44:22

Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!

Titus 2:14

yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Roma 8:1-2

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Roma 6:22

Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.

Mazmur 97:10

Hai orang-orang yang mengasihi TUHAN, bencilah kejahatan! Dia, yang memelihara nyawa orang-orang yang dikasihi-Nya, akan melepaskan mereka dari tangan orang-orang fasik.

Mazmur 79:9

Tolonglah kami, ya Allah penyelamat kami, demi kemuliaan nama-Mu! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami oleh karena nama-Mu!

Mazmur 71:23

Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu, juga jiwaku yang telah Kaubebaskan.

Mazmur 34:19

TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Mazmur 34:17-18

wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi. Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

Mazmur 31:15

Tetapi aku, kepada-Mu aku percaya, ya TUHAN, aku berkata: ”Engkaulah Allahku!”

Mazmur 31:1

Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud.

Mazmur 18:1-2

Untuk pemimpin biduan. Dari hamba TUHAN, yakni Daud yang menyampaikan perkataan nyanyian ini kepada TUHAN, pada waktu TUHAN telah melepaskan dia dari cengkeraman semua musuhnya dan dari tangan Saul. Ia berkata: ”Aku mengasihi Engkau, ya TUHAN, kekuatanku!

Mazmur 120:2

”Ya TUHAN, lepaskanlah aku dari pada bibir dusta, dari pada lidah penipu.”

Matius 1:21

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Galatia 5:1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Baca juga:


Tuhan telah mengetahui cara untuk menebus dosa dan kesalahan dari setiap manusia. Hal ini sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh Tuhan Yesus ketika dirinya mengorbankan dirinya pada momen penyaliban sebagai penebus dosa-dosa umatNya.

Sama halnya seperti ulasan di atas mengenai ayat Alkitab tentang penebus yang penting untuk Anda pahami, bahwasanya tiap-tiap manusia seharusnya harus menebus atas dosa dan kesalahannya bagaimanapun caranya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!