38 Ayat Alkitab Tentang Perbuatan Baik dan Kebaikan (Kebajikan)

Kristenly.com – Ada beberapa ayat Alkitab tentang perbuatan baik dan kebaikan yang perlu Anda pahami agar selalu melakukannya, mengingat bahwa semakin kesini juga kian banyak orang jahat dengan segala tindakan kejahatannya.

Sama halnya seperti tindakan kejahatan yang akan mendapatkan hukuman, perbuatan baik dan segala kebaikan juga memperoleh balasan secara sepadan. Hal ini pun termasuk ke dalam salah satu firman Tuhan.

Ayat Alkitab yang membahas mengenai perbuatan baik dan harus melakukan kebaikan pun bersifat mutlak, tidak ada alasan untuk berbuat jahat sekalipun alasannya sebagai pembalasan atau penyebab lainnya.

Bentuk kebaikan memang bisa Anda jumpai dalam berbagai hal sehingga sangat bervariasi, contoh sederhananya saja yakni mengambil paku atau barang tajam di jalanan umum agar tidak terkena orang lain merupakan salah satu permisalannya.

Baca juga: 23 Ayat Alkitab Tentang Sopan Santun dalam Kristen

Ayat Alkitab Tentang Kebajikan dan Perbuatan Baik

ilustrasi Alkitab membahas perbuatan baik
ilustrasi Alkitab membahas perbuatan baik, sumber gambar: unsplash.com

Anda bisa membaca ayat Alkitab tentang perbuatan baik dan kebaikan melalui penjelasan di bawah ini, sudah semestinya menghindari tindakan kejahatan memang harus dijauhi karena hal ini bersifat mutlak sesuai ajaran.

1. Yakobus 1:17

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” (Yakobus 1:17)

2. Lukas 6:38

“Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Lukas 6:38)

3. Ibrani 6:10

“Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.” (Ibrani 6:10)

4. Efesus 4:28

“Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja  keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.” (Efesus 4:28)

5. Efesus 2:10

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (Efesus 2:10)

6. Galatia 6:2

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6:2)

7. Yohanes 15:13

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” (Yohanes 15:13)

8. Amsal 3:27

“Janganlah menahan Kebaikan dari pada orang yang berhak menerimanya.” (Amsal 3:27)

9. Ibrani 13:16

“Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.” (Ibrani 13:16)

10. Yohanes 15:12

“Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.” (Yohanes 15:12)

11. 1 Yohanes 4: 19

“Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” (1 Yohanes 4: 19)

12. Ulangan 15:11

“Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.” (Ulangan 15:11)

13. Matius 5:16

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

14. Matius 10: 42

“Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.” (Matius 10: 42)

15. Galatia 6:9

“Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.” (Galatia 6:9)

Baca juga: 50 Ayat Alkitab Tentang Kejujuran yang Wajib Umat Kristiani Pahami

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kebaikan

ilustrasi ayat Alkitab membahas kebaikan
ilustrasi ayat Alkitab membahas kebaikan, sumber gambar: unsplash.com

Tentu Anda sudah paham jika setiap tingkah laku akan mendapatkan balasan yang setimpal. Untuk itu, mari yakini bersama makna dari ayat alkitab tentang kebaikan (kebajikan) di bawah ini sehingga benar-benar berniat menjadi pribadi lebih baik lagi karena lingkungan sekitar dan Tuhan.

1. Yeremia 6:16

“Beginilah firman TUHAN: ”Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!”

2. Titus 2:14

“yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.”

3. Roma 12:9

“Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.”

4. Roma 12:21

“Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!”

5. Nahum 1:7

“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya”

6. Mazmur 37:3

“Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia”

7. Mazmur 34:14

“Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu”

8. Mazmur 27:13

“Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!”

9. Mazmur 25:6-7

“Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.”

10. Mazmur 145:17

“TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.”

Baca juga: 86 Ayat Alkitab Tentang Sukacita dan Kegembiraan dalam Pengharapan

11. Lukas 6:36

“Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

12. Galatia 6:10

“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.”

13. Galatia 5:22-23

“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

14. Efesus 4:32

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

15. Efesus 4:29

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

16. Amsal 2:9

“Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.”

17. Amsal 19:22

“Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.”

18. 2 Petrus 1:5-7

“Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.”

19. 2 Korintus 9:8

“Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.”

20. 1 Timotius 2:9-10

“Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.”

21. 1 Petrus 3:13

“Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik?”

22. 1 Korintus 15:33

“Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.”

23. 1 Korintus 10:23

”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. ”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Baca juga: 32 Ayat Alkitab Tentang Disiplin dalam Kehidupan Umat Kristiani

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang perbuatan baik dan kebaikan yang perlu Anda terapkan dan amalkan sehari-hari, bukan tanpa alasan lagi untuk tidak melakukannya karena hal ini sudah sesuai dengan firman Tuhan.

Belum lagi adanya balasan Tuhan yang akan diperoleh bagi siapa saja dimana mereka bertindak penuh kebaikan, Anda pun bisa melakukannya secara ikhlas tanpa harus mengharap imbalan apapun dari siapapun.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!