16 Ayat Alkitab Tentang Perbudakan Dalam Kristen

Kristenly.com – Sebenarnya Alkitab tidak secara langsung mengutuk praktek perbudakan. Di dalamnya justru menjelaskan bagaimana cara yang tepat untuk memperlakukan para budak, namun pada faktanya penjelasan ini bukan berarti dapat diartikan jika kegiatan ini dikatakan legal saat dilakukan.

Banyak orang menilai jika adanya ayat Alkitab tentang perbudakan justru sebagai indikasi jika Alkitab mendukung semua hal yang berhubungan dengan budak, tentu saja prakteknya sangat berbeda ketika Anda membandingkan di masa Alkitab dan waktu sekarang, akan ditemukan banyak perbedaan.

Orang yang memutuskan untuk tidak menjadi budak karena kebangsaan dan warna kulit mereka. Di zaman Alkitab sendiri, perbudakan dianggap sebagai status sosial. Jika ada manusia menjual dirinya sebagai budak maka dikatakan tak mampu membayar hutang atau memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sementara di zaman Perjanjian Baru pun terkadang ada beberapa dokter, politisi hingga ahli hukum merupakan budak dari seseorang. Beberapa orang memang sengaja untuk memutuskan menjadi budak dikarenakan kebutuhan mereka ingin dipenuhi oleh tuannya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Merendahkan Orang Lain

Ayat Alkitab Tentang Perbudakan

ilustrasi alkitab membahas perbudakan
ilustrasi alkitab membahas perbudakan, sumber gambar: pexels.com

Mengingat bahwa kegiatan perbudakan di masa sekarang dengan zaman dulu sangatlah berbeda, tujuannya agar menghindari kemungkinan praktek yang menyakiti seseorang sebagai budak akibat berbagai alasan. 

Berikut ini beberapa Ayat Alkitab tentang perbudakan yang menjelaskan cara prakteknya agar tidak disalahkan untuk memperbudak seseorang.

Yohanes 8:36

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

Yohanes 8:34

Kata yesus kepada mereka: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.

Yesaya 58:6

Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk

Ulangan 5:15

Sebab haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat.

Titus 2:9-10

Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah, jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Roma 8:15

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: ”ya Abba, ya Bapa!”

Roma 6:5-6

Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Roma 6:22

Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.

Matius 20:26-27

Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu

Lukas 4:18

”Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

Galatia 5:1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Galatia 3:28-29

Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus yesus. Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

Amsal 22:7

Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

Amsal 12:24

Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.

1 Petrus 2:16

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

1 Korintus 12:13

Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Keadilan

Ayat Alkitab tentang perbudakan di atas dapat Anda jadikan sebagai landasan untuk mengetahui bagaimana bagaimana praktek yang benar ketika memutuskan seseorang menjadi seorang budak, tentu ada banyak hal perlu diperhatikan agar menjauhkan dari penyiksaan budak.

Anda perlu memikirkan praktek perbudakan yang saat ini tengah dilakukan. Tentu saja Alkitab akan mengutuk beberapa macam kejadian dalam menjadikan seseorang sebagai budak apabila melanggar kemanusiaan seperti menyiksa, menyakiti, tidak memberikan pesangon dan masih banyak lagi.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!