50 Ayat Alkitab Tentang Pernikahan Bagi Umat Kristiani

Kristenly.com – Semua orang di bumi ini pasti akan menjalani ibadah pernikahan suatu saat nanti bersama pasangannya, terutama jika seseorang sudah memiliki calon suami atau istri sehingga hanya menunggu waktu saja seperti pada ayat Alkitab tentang pernikahan dalam Kristen.

Semua orang pasti berharap jika pasangannya saat ini akan menjadi jodohnya kelak. Namun dalam ajaran Kristen, baik Katolik atau Protestan, sebuah pernikahan bukan menjadi akhir dari kisah cinta melainkan sebuah awal dari kehidupan baru bersama suami atau istri.

Semenjak pasangan kekasih sudah disahkan bersama sebagai suami istri, mereka akan hidup dalam bahtera rumah tangga secara suci dan kudus. Semua hal harus dilakukan berdua baik senang maupun sedih tanpa adanya rasa ingin menang sendiri atau egois diantaranya.

Tuhan akan senantiasa memberikan berkat dan menyertai bagi siapa saja yang mempunyai niatan tulus untuk segera melaju ke jenjang pernikahan bersama pasangan, sebenarnya ada banyak pembahasan mengenai pernikahan dan perjodohan di dalam ayat-ayat Alkitab sebagai pedomannya.

Baca juga: 50 Ucapan/ Kata-kata Pernikahan Kristen yang Menyentuh Hati 2022

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pernikahan

ilustrasi orang menikah yang bahagia
ilustrasi orang menikah yang bahagia, sumber gambar: pexels.com

Yang pertama akan kita awali dengan ayat Alkitab tentang pernikahan, yakni beberapa firman Allah mengenai pandangan kehidupan setelah menikah, bagaimana hubungan suami istri seharusnya bekerja dan semacamnya.

1. Kidung Agung 3:11

puteri-puteri Sion, keluarlah dan tengoklah raja Salomo dengan mahkota yang dikenakan kepadanya oleh ibunya pada hari pernikahannya, pada hari kesukaan hatinya.

2. Lukas 20:34

Jawab Yesus kepada mereka: “Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan,

3. Matius 22:2

“Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.

4. Lukas 17:27

Mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua.

5. Wahyu 19:7

Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

6. Lukas 20:30

Lalu perempuan itu dikawini oleh yang kedua,

7. Matius 22:9

Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan r  dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu.

8. Markus 12:25

Sebab apabila orang bangkit dari antara orang mati, orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

9. Matius 22:8

Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu.

10. Matius 22:30

Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

11. Wahyu 19:9

Lalu ia berkata kepadaku: “Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba.” Katanya lagi kepadaku: “Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah.”

12. Lukas 20:35

tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu b  dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan.

13. Lukas 14:8

“Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu,

14. Lukas 20:33

Bagaimana sekarang dengan perempuan itu, siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya pada hari kebangkitan? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia.”

15. Yohanes 2:1

Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ;

16. Daniel 11:6

Beberapa tahun kemudian keduanya akan bersekutu: puteri raja negeri Selatan akan datang kepada raja negeri Utara untuk mengadakan persetujuan. Tetapi puteri itu tidak berhasil, juga keturunannya tidak dapat bertahan: puteri itu akan diserahkan, demikian pula orang-orang yang mengantarnya, anak yang dilahirkannya dan orang yang mengawininya.

17. Matius 22:11

Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta 1 .

18. Matius 25:10

Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.

19. Lukas 12:36

Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.

20. Markus 12:23

Pada hari kebangkitan, bilamana mereka bangkit, siapakah yang menjadi suami perempuan itu? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia.”

Baca juga: 5 Doa Pernikahan Kristen Agar Lancar dan Untuk Undangan

Ayat Alkitab Tentang Kemuliaan dalam Pernikahan

ayat Alkitab tentang kemuliaan dalam pernikahan
, sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melangsungkan pernikahan bersama pasangan nantinya, jangan lupa untuk memahami terlebih dahulu apa saja ayat Alkitab tentang kemuliaan dalam pernikahan mengenai pembahasan tersebut seperti berikut ini.

1. Amsal 19:14

“Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN.”

2. 1 Korintus 7:3

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.”

3. Amsal 31:10

“Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.”

4. Matius 19:4-6

“Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” 

5. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

6. Kejadian 2:22-24

“Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

7. Kolose 3:14

“Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”

8. Efesus 5:25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

9. 1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

10. 1 Korintus 7:14

“Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.”

Baca juga: 40 Lagu Rohani Kristen Untuk Pernikahan Terbaik dan Direkomendasikan

Ayat Alkitab Tentang Pentingnya Menjaga Pernikahan

ayat Alkitab tentang pentingnya menjaga pernikahan
ayat Alkitab tentang pentingnya menjaga pernikahan, sumber gambar: pexels.com

Pernikahan menjadi sesuatu yang senantiasa diinginkan oleh semua orang ketika mereka telah menjalin hubungan Bersama pasangannya, hal ini pun telah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang pentingnya menjaga pernikahan berikut ini.

1. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

2. Kolose 3:14

“Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”

3. Efesus 4:2-3

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.”

4. Pengkhotbah 4:12

“Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.”

5. 2 Korintus 6:14

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

Baca juga: 15 Ayat Alkitab Tentang Pernikahan Beda Agama

Cinta Kasih dalam Pernikahan

cinta kasih dalam pernikahan
cinta kasih dalam pernikahan, sumber gambar: pexels.com

Semua orang tentu berharap jika pasangan yang bersama saat ini akan menjadi jodohnya kelak. Namun pada ajaran kristen, baik Protestan maupun Katolik, sebuah pernikahan tentu bukan menjadi akhir kisah cinta. Ada baiknya guna memahami cinta kasih dalam pernikahan di bawah ini.

1. 1 Petrus 4:8

“Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.”

2. Kolose 3:15

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.”

3. 2 Korintus 6:14

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

4. Kidung Agung 2:16

“Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.”

5. Yohanes 15:12

“Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.”

6. Kolose 4:6

“Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.”

7. Amsal 20:6-7

“Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Orang benar yang bersih kelakuannya –berbahagialah keturunannya. “

8. Kolose 3:12

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

9. Kidung agung 2:7

“Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!”

10. Efesus 5:33

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya.”

Baca juga: 4+ Khotbah Pernikahan Kristen di Gereja Terbaru 2022

Hal-hal yang Perlu Dihindari dalam Pernikahan

hal-hal yang perlu dihindari dalam pernikahan
hal-hal yang perlu dihindari dalam pernikahan, sumber gambar: pexels.com

Ada banyak hal-hal yang perlu dihindari dalam pernikahan. Untuk itu, jangan pernah tergesa-gesa dalam memilih pasangan terlebih jika belum tentu mereka jodoh atau bukan. Ajaran ini sebenarnya telah dijelaskan dalam ajaran Katolik maupun Protestan. Berikut beberapa contohnya.

1. 1 Tesalonika 4:3-5

Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istrimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.

2. 1 Korintus 7:1-2

Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

3. Markus 10:11

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu.

4. 1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

5. Kolose 3:19

Hai suami-suami, kasihilah istrimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Baca juga: 1100+ Ucapan Anniversary Pernikahan Romantis, Lucu, Keren

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang pernikahan dalam Kristen yang menjelaskan mengenai hubungan pernikahan dalam Kristen, tentu saja bukan menjadi hal mudah ketika seseorang menginginkan semua itu terjadi dengan lancar tanpa adanya penyertaan dari Tuhan.

Untuk itu, ketika sedang melakukan berbagai hal dalam kehidupan termasuk juga pernikahan yang dianggap cukup sakral, maka penting untuk menyertakan Tuhan. Bukan hanya meminta kelancaran namun juga bersyukur lantaran sudah diberikan kesehatan sampai saat ini.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!