4 Ayat Alkitab Tentang Poligami Dalam Kristen

Kristenly.com – Poligami menurut Alkitab tentu sudah bukan menjadi hal yang asing lagi untuk dibahas. Ketika melihat sejarah, tidak sedikit tulisan dalam perjanjian lama menyebut mengenai kasus tersebut. Misalnya ketika Anda mendengar kisah Bapa Orang Percaya telah memperistri Sara, Ketura dan Hagar.

Ada juga orang lain dengan sebutan Israel pun melakukan hal yang sama yakni memperistri Rahel, Zilpa, Lea dan Bilha. Pemimpin penuh hikmat dan bijaksana seperti Raja Salomo pun nyatanya memiliki istri banyak dan gundik, dan masih ada beberapa tokoh lainnya.

Ayat Alkitab tentang poligami sebenarnya dapat Anda jadikan sebagai dasaran untuk menentukan bagaimana hukumnya dalam agama Kristen. Namun apabila ditelusuri lebih dalam, nyatanya ada banyak masalah dari kasus poligami tersebut jika merujuk di beberapa kisah.

Misalnya pada keluarga Abraham yang menyebabkan dosa iri hati antara Hagar dan Sara. Sementara di keluarga Solomo memicu terjadinya perzinahan rohani terhadap Allah karena menyembah dewa istrinya. Begitupun di keluarga Daud membuat rumah tangganya kacau balau.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pernikahan

Ayat Alkitab Tentang Poligami

ilustrasi alkitab membahas poligami
ilustrasi alkitab membahas poligami, sumber gambar: pixabay.com

Ada banyak kisah poligami yang disebutkan dalam Alkitab. Dengan begitu, Anda pun bisa menjadikannya sebagai salah satu dasaran untuk menentukan hukumnya apakah baik atau tidak dilakukan.

Bagi Anda yang tertarik atau mungkin penasaran dengan kasus tersebut, maka berikut ini ada beberapa ayat Alkitab tentang poligami dapat dijadikan sebagai sumbernya.

Kejadian 4:19

Lamekh mengambil isteri dua orang yang satu namanya Ada, yang lain Zila.

Kejadian 6:2

Maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

2 Tawarikh 11:21

Rehabeam mencintai Maakha, anak Absalom itu, lebih dari pada semua isteri dan gundiknya–ia mengambil delapan belas isteri b dan enam puluh gundik dan memperanakkan dua puluh delapan anak laki-laki dan enam puluh anak perempuan.

2 Samuel 12:8

Telah Kuberikan isi rumah tuanmu kepadamu, dan isteri-isteri tuanmu ke dalam pangkuanmu. Aku telah memberikan kepadamu kaum Israel dan Yehuda; dan seandainya itu belum cukup, tentu Kutambah lagi ini dan itu kepadamu.

Hal ini sama dengan perilaku bohong oleh manusia, baik saya dan kamu pasti pernah berbohong, namun apakah Tuhan menyukai hal tersebut? Jawabannya, tentu tidak!

Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Kejadian 2:24

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang poligami yang dapat Anda gunakan untuk menjawab rasa penasaran mengenai kasus tersebut. Meskipun dijelaskan dalam Perjanjian Lama, namun bukan berarti Allah setuju dengan praktek tersebut sehingga harus dikaji lebih dalam lagi.

Jika benar-benar ingin tahu bagaimana sisi pandang Allah terkait poligami ini, maka tidak hanya melihat dari Perjanjian Lama saja melainkan juga mempertimbangkan lewat Perjanjian Baru juga. Keduanya sama-sama penting untuk diperhatikan dan dijadikan pertimbangan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!