22 Ayat Alkitab Tentang Rencana Tuhan Indah Pada Waktunya

Kristenly.com – Setiap manusia mempunyai berbagai perencanaan bagi kehidupan. Namun, semua hasil tergantung kepada hasil dari Tuhan Yesus Kristus. Dalam ayat Alkitab tentang rencana Tuhan, maka temukan inspirasi dan kekuatan untuk bisa terus melanjutkan semua jalan menuju cita-cita.

Tuhan memiliki jalan yang pasti terhadap takdir manusia. Dengan demikian, ketika setiap orang merencanakan impiannya masing-masing akan menghadapi berbagai rintangan. Hingga pada akhirnya, sampai ke keputusan terbaik dari Sang Bapa.

Jalan takdir dari Tuhan Yesus tidak pernah bermaksud mengecewakan hamba-Nya. Justru, ketika sebuah hasil tidak sesuai rencana Anda, sebenarnya itulah keputusan paling baik dengan melihat kondisi secara keseluruhan.

Dalam ayat Alkitab, Tuhan Yesus memberikan rencana untuk semua makhluk-Nya pada berbagai bidang kehidupan. Ini seharusnya menjadi bentuk pendekatan serta kepercayaan penuh akan takdir Sang Bapa untuk masa depan.

Baca juga: 33 Ayat Alkitab Tentang Membuat Perencanaan

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Rencana Tuhan

ilustrasi sebuah rencana
ilustrasi sebuah rencana, sumber gambar: pexels.com

Merencanakan kehidupan mendatang seperti apa tentu merupakan keharusan, sebagai manusia hanya bisa menyusun strategi untuk menggapai impian. Agar tetap termotivasi dan menyerahkan segala keputusan kepada Tuhan, bacalah ayat Alkitab tentang rencana Allah berikut ini.

1. Rencana Tuhan Adalah yang Terbaik

rencana tuhan adalah yang terbaik
rencana tuhan adalah yang terbaik, sumber gambar: pexels.com

Tiap manusia memiliki banyak perencanaan di dalam hidupnya. Namun mereka hanya bisa berencana tanpa menentukan hasilnya. Hal ini pun telah dijelaskan pada ayat Alkitab tentang rencana Tuhan adalah yang terbaik berikut ini.

Nahum 1:7-8

“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.”

1 Petrus 5:7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

Roma 5:3-5

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”

Lukas 12:22

“Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.”

Filipi 4:6-7

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Baca juga: 21 Ayat Alkitab tentang Semua Indah Pada Waktunya

Yohanes 14:27

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Mazmur 9:19

“Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara.”

Mazmur 31:25

“Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN!”

Mazmur 42:6

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

Amsal 10:28

“Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.”

Roma 4:18

“Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

Baca juga: 48 Ayat Alkitab Tentang Pengharapan yang Menguatkan Hati

2. Rencana Tuhan yang Indah

rencana tuhan yang indah
rencana tuhan yang indah, sumber gambar: pexels.com

Jalan takdir yang diberikan oleh Tuhan Yesus sebenarnya tidak pernah bermaksud untuk membuat hamba-hambaNya kecewa. Justru, sebagai umat manusia harus yakin bahwa rencana tuhan yang Indah menjadi keputusan dari segala kehidupannya. Berikut ulasannya.

Ayub 5:8

“Tetapi aku, tentu aku akan mencari Allah, dan kepada Allah aku akan mengadukan perkaraku.”

Yesaya 55:8

“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.”

Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Yesaya 2:22

“Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada hembusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?”

Mazmur 33:17-18

“Kuda adalah harapan sia-sia untuk mencapai kemenangan, yang sekalipun besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan. Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya.”

Baca juga: 50 Kata-kata Rohani Kristen Tentang Harapan yang Penuh Makna

Mazmur 62:6

“Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.”

Mazmur 62:11

“Janganlah percaya kepada pemerasan, janganlah menaruh harap yang sia-sia kepada perampasan; apabila harta makin bertambah, janganlah hatimu melekat padanya.”

Mazmur 146:5

“Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya.”

Mazmur 147:11

“TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.”

Ratapan 3:25

“TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.”

Mazmur 37:5

“Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kebenaran

Impian merupakan sebuah tujuan yang sedang banyak orang perjuangkan. Dalam Alkitab, umat Kristen percaya akan menemukan motivasi berharga supaya selalu menyerahkan segala keputusan kepada rencana Tuhan yang pastinya lebih indah dan terbaik.

Dari sekumpulan ayat Alkitab tentang rencana Tuhan, semoga menjadi bentuk keimanan lebih kuat lagi. Inilah momen untuk semakin percaya akan takdir baik, bukan malah menyerah karena tidak bisa menggapai impian seusai perencanaan sendiri.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!