17 Ayat Alkitab Tentang Seks yang Perlu Dipahami Umat Kristiani

Kristenly.com – Manusia selalu bereproduksi, hal ini menyebabkan munculnya generasi baru dalam jumlah banyak. Pengetahuan tentang ilmu seks masih sangat minim, padahal kita sebagai umat percaya bisa mengetahuinya melalui ayat Alkitab tentang seks.

Sebagai bentuk karunia dari Tuhan, maka manusia dapat tetap meneruskan keturunannya. Dalam hubungan sah, seorang pasangan suami istri bisa melakukan aktivitas seksual karena telah benar sesuai ajaran agama.

Membicarakan tentang seks menjadi hal yang sangat tabu bagi sebagian masyarakat. Dengan melihat perspektif Ilahi atau agama, maka kita akan menemukan sejumlah aturan sehingga mampu mendapatkan berkat dari-Nya.

Tuhan menciptakan seks sebagai bentuk kasih sayang yang umat bisa wujudkan sebagai bentuk cinta kepada pasangan, dengan adanya niat murni ini, maka kita harus senantiasa memandangnya sebagai hal baik.

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Pornografi dan Dosa Seksual

Daftar Ayat Alkitab Tentang Seks

ilustrasi Alkitab membahas seks
ilustrasi Alkitab membahas seks, sumber gambar: pexels.com

Berbicara tentang seks rasanya memang sangat aneh, namun hal tersebut sangat penting supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau penafsiran. Hal ini sama dengan apa yang ada pada ayat Alkitab tentang seks berikut ini.

1. 1 Korintus 7:5

“Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.”

2. Kejadian 2:24

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

3. 1 Korintus 13:4-8

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung  segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh  akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.”

4. 2 Korintus 12:21

“Aku kuatir, bahwa apabila aku datang lagi, Allahku akan merendahkan aku di depan kamu, dan bahwa aku akan berdukacita terhadap banyak orang yang di masa yang lampau berbuat dosa dan belum lagi bertobat dari kecemaran, percabulan dan ketidaksopanan yang mereka lakukan.”

5. Matius 5:28

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.”

6. Amsal 5:15-19

“Minumlah air dari kulahmu sendiri, minumlah air dari sumurmu yang membual. Patutkah mata airmu meluap ke luar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan? Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri, jangan juga menjadi kepunyaan orang lain. Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu: rusa yang manis, kijang yang jelita; biarlah buah dadanya selalu memuaskan engkau, dan engkau senantiasa berahi karena cintanya.”

7. Efesus 5:3

“Tetapi percabulan  dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.”

8. 1 Yohanes 1:9

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”

9. 1 Korintus 6:9

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,”

10. Galatia 5:19

“Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,”

Baca juga: 7 Ayat Alkitab Tentang Nafsu Duniawi Agar Dihindari

11. Markus 10:6-9

“Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

12. 1 Korintus 6:18-20

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya.

Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

13. 1 Tesalonika 4:3-5

“Karena inilah kehendak Allah : pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istrimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah,”

14. 1 Korintus 6:13-17

“Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh. Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya. Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak! Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.” Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.”

15. Markus 7:22-23

“perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

16. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

17. Kidung Agung 7:6-12

“Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta diantara segala yang disenangi. Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya. Kataku: “Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel. Kata-katamu manis bagaikan anggur!” Ya, anggur itu mengalir kepada kekasihku dengan tak putus-putusnya, melimpah ke bibir orang-orang yang sedang tidur! Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju. Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar! Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu!”

Baca juga: 39 Ayat Alkitab Tentang Godaan Dosa dan Kejahatan

Allah menciptakan manusia secara berpasangan sehingga dapat meneruskan keturunannya yang baik-baik. Meskipun membicarakan seks terdengar tabu, namun hal tersebut sangat penting agar mampu mengikuti ajaran agama.

Dengan adanya ayat Alkitab tentang seks, semoga dapat membuka wawasan kita karena hal ini sangat penting. Melihat kembali tentang karunia Allah, maka bisa memberikan tuntunan dalam kehidupan seksual sesuai ajaran agama.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!