17 Ayat Alkitab Tentang Setan dan Roh Jahat Dalam Kristen

Kristenly.com – Dalam salah satu kitab dijelaskan bahwa adanya wewenang bagi malaikat yang sudah jatuh untuk menggoda manusia agar mereka berbuat kesalahan. Dalam Injil Sinoptik, Setan mencobai Yesus di gurun dan dianggapnya sebagai penyakit hati. Ada banyak penafsiran mengenai setan itu sendiri.

Dalam Kitab Wahyu, setan digambarkan menjadi naga merah besar yang bisa dikalahkan oleh Malaikat Mikhael dan berhasil dilempar keluar dari surga. Ia kemudian terikat selama seribu tahun namun sempat bebas hingga akhirnya dikembalikan lagi ke api.

Setan juga dikenal dengan sebutan Iblis sesuai pada ulasan mengenai ayat Alkitab tentang setan. Meskipun dalam beberapa kitab tidak menyebutnya secara langsung seperti halnya pada Kitab Kejadian, namun seringkali juga dianggap sebagai ular di Taman Eden.

Setan tidak mempunyai peran besar dalam teologi Kristen dan hanya digunakan sebagai selingan lucu saja pada sandiwara misteri. Sementara di periode modern, perannya justru cukup penting karena adanya kepercayaan kerasukan sihir dan setan meskipun mitos ini pernah dikritik habis-habisan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Lucifer

Ayat Alkitab Tentang Setan

ilustrasi alkitab membahas setan
ilustrasi alkitab membahas setan, sumber gambar: pixabay.com

Berikut ini beberapa ulasan mengenai ayat Alkitab tentang setan yang penting untuk Anda pahami bahwa sebenarnya mereka juga sama-sama merupakan ciptaan Tuhan namun memiliki derajat di bawah manusia.

Namun sayangnya banyak orang percaya jika Setan memiliki kekuatan atau bahkan menyembahnya, tentu hal ini sangat keliru untuk dilakukan.

Yohanes 8:44

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Yohanes 17:15

Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

Yakobus 4:7

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Roma 16:20

Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. kasih karunia yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

Mazmur 119:133

Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.

Lukas 4:2

Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

Kolose 1:13-14

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Kisah Para Rasul 5:3-4

Tetapi Petrus berkata: ”Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

Efesus 6:12

karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Efesus 6:11

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis

Efesus 4:26-27

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Ayub 1:12

Maka firman TUHAN kepada Iblis: ”Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya.” Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.

2 Tesalonika 3:3

Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

1 Yohanes 3:8

barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

1 Petrus 5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

1 Korintus 7:5

Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Baca juga:


Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang setan yang harus Anda pahami. Jangan pernah takut dengan setan dan iblis karena mereka hanya datang untuk menggoda manusia, tentu saja bertujuan mengajak umat Tuhan berbuat kesalahan hingga akhirnya masuk ke neraka.

Sebenarnya Setan hanya digunakan untuk menjuluki entitas yang menentang kepercayaan iman manusia dalam kitab Ibrani. Semenjak saat itu pun, agama Samawi menggunakan istilah Satan sebagai nama dari Iblis. Sudah dari dulu, sifatnya memang berbau negatif dan hanya menjerumuskan manusia.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!